Home
/
Travel

Pilih Tempat Menginap, Traveler Sebaiknya Pertimbangkan Hal-hal Ini

Pilih Tempat Menginap, Traveler Sebaiknya Pertimbangkan Hal-hal Ini

M. Reza Sulaiman09 April 2019
Bagikan :

Liburan ke luar kota, akomodasi untuk penginapan kini semakin banyak. Nah, sebelum memutuskan tempat menginap, ada baiknya Anda mempertimbangkan hal-hal ini.

Faktanya, traveler saat ini memiliki lebih banyak pilihan akomodasi ketika merencanakan perjalanan mereka, mulai dari hotel, hostel, rumah, apartemen, ataupun guesthouse.

Berdasarakan penelitian Booking.com yang dilakukan terhadap lebih dari 21.500 traveler global menemukan hampir dua pertiga (63%) responden percaya bahwa masa inap mereka menjadi jauh lebih baik karena orang-orang yang mengelola akomodasi.

“Karena perjalanan memiliki banyak elemen, tidak ada satu pendekatan yang tepat untuk menyediakan semua kebutuhan traveler yang berbeda-beda. Penelitian kami mengungkapkan betapa pentingnya bagi pemilik dan manajer akomodasi untuk mendapatkan keseimbangan yang tepat, demi memastikan pengalaman menginap yang paling berkesan – baik di rumah, apartemen, guesthouse, atau jenis properti lainnya,” kata Olivier Grémillon, Vice President di Booking.com.

Akomodasi yang unik seringkali tercermin dalam kepribadian tuan rumah mereka saat tatap muka, atau dalam kesigapan mereka terhadap kebutuhan tamu-tamunya. Misalnya, manajer B&B yang berpengetahuan tentang tips lokal, pemilik apartemen yang memperhatikan setiap detail dari pengalaman tamu, hingga pengelola villa yang berbagi makanan buatan rumah dengan tamu mereka.

Berikut fakta unik pelayanan tuan rumah yang membuat tamu betah menginap yang dirangkum dari rilis Booking.com.

Kehangatan tuan rumah

Tidak mengherankan bila lebih dari setengah (51%) traveler bahkan memilih untuk menginap di akomodasi yang sama lagi terutama karena senang dengan kehangatan tuan rumahnya.

Ilustrasi resepsionis hotel. (Shutterstock)
Preview
Ilustrasi resepsionis hotel. (Shutterstock)

Peran tuan rumah akan terus menjadi faktor penting bagi traveler yang mencari akomodasi alternative tahun ini. Sebab, lebih dari dua pertiga (69%) responden berencana untuk menginap di akomodasi yang memungkinkan mereka berinteraksi dengan pemilik atau manajer properti pada tahun 2019.

Interaksi ini terjadi ketika tuan rumah berada di properti setiap hari, atau ketika mereka memberikan sambutan hangat pada saat kedatangan tamu. Penelitian ini juga menemukan bahwa beberapa orang cukup senang hanya dengan disambut hangat dan sederhana.

Memberi banyak informasi

Namun, ada juga tipe traveler yang memiliki ekspektasi tinggi tentang pelayanan dari tuan rumah. Bagi sebagian besar (66%) responden, perasaan seperti di rumah sendiri sangatlah penting.

Ilustrasi turis sedang belanja. [shutterstock]
Preview
Ilustrasi turis sedang belanja. [shutterstock]

Sedangkan untuk 62% responden manfaat utama akomodasi dengan tuan rumah adalah mendapatkan informasi 'orang dalam' dari penduduk asli daerah itu. Hampir setengah (45%) responden mengandalkan informasi ini untuk berhemat dan menghindari berbagai jebakan turis.

 

Berita Terkait:

populerRelated Article