home ×
Auto

Pilihan Mobil untuk Diajak Liburan Luar Kota

27 October 2020 By
Pilihan Mobil untuk Diajak Liburan Luar Kota
Share
Share
Share
Share

Toyota Yaris (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

Uzone.id - Di masa pandemi Covid-19, Pemerintah Indonesia tidak melarang warga untuk bepergian ke luar kota. Bahkan, sudah banyak tempat hiburan yang sebetulnya sudah dibuka, namun beberapa masih sepi pengunjung karena khawatir penyebaran virus Corona jenis baru itu.

Liburan ke luar kota masih jadi pilihan yang bagus di masa pandemi, dibandingkan pakai kendaraan umum. Tentu saja, pakai mobil pribadi bisa lebih terjaga kebersihan dan kenyamanan sepanjang perjalanan.

Apalagi, di masa Presiden Joko Widodo ini sudah ada jalan tol baru yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan hingga Sulawesi. Hal itu membuat liburan pakai mobil lebih menyenangkan.

Berikut ini pilihan mobil yang tepat untuk jadi teman road-trip kamu:  

LMPV (Low Multi Purpose Vehicle)

Mobil jenis Low MPV sudah jadi identitas masyarakat Indonesia yang senang bepergian dengan banyak anggota keluarga atau teman-teman.

Kamu bisa pilih mobil 'sejuta umat' kapasitas 7 tempat duduk ini macam Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga hingga Wuling Cortez. 

Enaknya pakai MPV, selain punya akomodasi yang besar, juga terbilang irit bahan bakar. Tentu saja bisa bikin biaya perjalanan tambah hemat.

FOTO: Suasana Apel Operasi Zebra di Masa Pandemi

LSUV (Low Sport Utility Vehicle)

Mobil jenis Low SUV di Indonesia sedang naik daun, khususnya kapasitas 7-penumpang macam Suzuki XL7, Toyota Rush, Daihatsu Terios, Mitsubishi Xpander Cross dan Honda BR-V.

Keunggulan mobil yang disebutkan tadi punya ground clearance tinggi sehingga nyaman ketika melibas jalanan jelek, selain bisa membawa banyak penumpang.

Kalau road-trip kamu kurang dari 7 penumpang, maka kursi baris ketiga bisa dilipat sehingga bagasi bertambah luas.

City Car atau Hatchback

Keuntungan pakai mobil jenis city car atau hatchback sebagai teman road trip, selain lincah juga irit bahan bakar, sehingga akan banyak uang yang bisa dihemat.

Namun, kamu harus perhatikan juga ketika melewati jalanan jelek karena mobil ini punya groud clearance yang rendah sehingga rawan benturan.

Kekurangan lain menggunakan city car atau hatchback untuk perjalanan yang panjang, kamu tidak bisa membawa terlalu banyak barang. Ukuran tangki bensin mobil ini juga tidak sebesar MPV atau SUV sehingga disarankan sebelum perjalanan luar kota diisi dulu sampai penuh.

Kamu bisa pertimbangkan City Car macam Honda Brio, Daihatsu Ayla, Toyota Agya, atau Suzuki Karimun WagonR. Untuk hatchback, kamu bisa pertimbangkan Daihatsu Sirion, Toyota Yaris, Honda Jazz, Kia Picanto atau Suzuki Baleno.

Crossover 

Mobil jenis crossover kapasitas 5 penumpang tentu saja bisa jadi teman menyenangkan ketika road trip. Kabinnya lebih luas dibandingkan hatchback atau city car sehingga lebih nyaman selama kamu berada di kabin dan bisa memuat banyak barang seperti halnya mobil SUV.

Mobil yang memiliki desain kompak dan tangguh. Ukuran ban yang besar dan ground clearance terbilang tinggi, crossover bisa diandalkan ketika kamu melewati jalanan jelek. Tentu saja, crossover yang dijual di Indonesia masih mempertimbangkan irit bahan bakar.

Kamu bisa memilih crossover yang harganya di bawah Rp300 juta macam Honda HR-V, Suzuki S-Cross dan Kia Seltos.

Nah, itu dia pilihan mobil bagi kamu ingin liburan dengan road trip. Tapi ingat ya, selama pandemi Covid-19 ini tetap harus patuhi protokol kesehatan.

 

VIDEO Toyota Yaris Facelift Lagi - Review & Test Drive

 

 

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Naura Cell 27 October 2020 | 16:36:16

mau liburan gimana? uang saja gak ada buat liburan, sedangkan operasi gabungan pun sertiap hari sangat menghawatirkan

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article