Digilife

Platform Podcast Lokal NOICE Punya Fitur Mirip Clubhouse

  • 28 September 2021
  • Bagikan :

    Foto: Tangkapan layar NOICE

    Uzone.id - Perkembangan akses media online termasuk audio streaming di Indonesia ternyata terus mengalami peningkatan yang cukup pesat dari tahun ke tahun. 

    Terlebih pada masa pandemi saat ini, orang-orang terus mencari cara untuk tetap terhibur meski ruang gerak mereka terbatas. Hampir sekitar 4 jam dari satu harinya, masyarakat Indonesia mendengarkan audio streaming baik itu musik maupun non musik.

    “Pertumbuhan konsumsi media online selama satu tahun terakhir meningkat secara merata baik visual dan audio. Keduanya menjadi pilihan yang sangat diminati oleh masyarakat indonesia,” ungkap CEO NOICE, Rado Ardian, Selasa, 28/09/2021.

    Dilihat dari data yang ada, akses terhadap video online meningkat sebanyak 187 persen di Q2 2021. begitupun dengan perkembangan akses pada audio streaming yang juga meningkat pesat.

    Pertumbuhan akses masyarakat Indonesia pada audio streaming yang mengalami peningkatan sekitar 108 persen di Q2 2021 dibanding dengan periode yang sama di tahun lalu.

    Dari berbagai konten audio streaming, podcast menjadi audio streaming non-musik yang ikut mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Bahkan, pertumbuhan ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan pendengar podcast terbanyak.

    Tercatat sekitar 51 persen dari masyarakat Indonesia sudah sangat familiar dengan podcast. Diantara semua kalangan, tren podcast ini ternyata banyak dinikmati oleh Generasi Milenial dan Generasi Z.

    Bersaing dengan platform audio streaming asal luar seperti Spotify dan Apple Music, startup karya anak bangsa NOICE hadir untuk menjadi rumah bagi audio content di Indonesia. Platform ini menghadirkan berbagai fitur multi-vertikal terlengkap seperti Podcast, Radio, Noicebook, dan Noice Live yang baru saja diluncurkan.

    “NOICE ingin menciptakan ekosistem konten audio di Indonesia lewat konten-konten yang menghibur dan menginspirasi serta memfasilitasi kreator di tanah air untuk berkreasi dengan maksimal serta terkoneksi dengan fans dan komunitasnya,” tutur Rado.

    Sejak awal berdiri hingga sekarang, NOICE telah memiliki 1 juta pengguna dengan total podcast sebanyak 10 ribu lebih yang bisa diakses secara gratis.

    Konten yang hadir dalam platform ini beragam jenisnya. NOICE menghadirkan lebih dari 100 konten podcast yang original dan eksklusif dengan berbagai genre seperti musik, hiburan, komedi, hobi, parenting hingga religi.

    Untuk mendukung para kreator yang ada di platformnya, NOICE juga menyediakan fasilitas studio serta tim produksi dan bahkan tim marketing khusus untuk mempromosikan konten mereka.

    Fitur Noice Live

    Salah satu fitur yang baru hadir di NOICE adalah Noice Live, yang mirip dengan Clubhouse. Fiitur interaktif ini menghadirkan pengalaman live audio yang mengangkat topik-topik menarik dari para kreator. tak hanya mendengarkan, para pendengar Podcast juga bisa berinteraksi langsung dengan para host dan kreator untuk ikut membahas topik yang sedang dibicarakan.

    Dalam fitur ini pengguna bisa masuk ke Room Noice Live yang ada di beranda sesuai dengan topik atau kreator yang ingin didengarkan. Pengguna bisa langsung masuk dengen mengklik Gabung Live. 

    Untuk memeriahkan fitur ini, NOICE beserta kreatornya menghadirkan beberapa Noice Live dari 27 September hingga 8 Oktober dengan topik berbeda setiap harinya.

    Selanjutnya, CBO NOICE, Niken Sasmaya mengungkapkan bahwa NOICE memiliki rencana untuk mengembangkan teknologi pada aplikasi NOICE, memperluas dan meningkatkan kualitas konten original serta merekrut anggota tim dengan latar belakang terbaik di bidangnya.

    Bagi kalian pecinta Aplikasi ini sudah hadir di App Store dan Google Play Store.