home ×
Startup

Play Store Hapus Zynn, Kloningan TikTok yang Sempat Hit

12 June 2020 By
Play Store Hapus Zynn, Kloningan TikTok yang Sempat Hit
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Aplikasi Zynn, tiruan dari TikTok, telah dihapus dari Google Play Store karena tuduhan plagiat.

Selebriti TikTok pun sempat mengeluhkan Zynn telah mengunggah konten mereka tanpa izin, menurut laporan Wired.

Bahkan, beberapa mengatakan akun mereka telah dikloning seluruhnya, sampai profil mereka muncul di Zynn, seperti nama, gambar dan waktu konten diunggah.

Selain itu, video diunggah ke Zynn sebelum aplikasi ini diluncurkan resmi di AS.

Zynn masuk ke iOS dan Android pada awal Mei dan dengan cepat meraih posisi puncak unduhan tangga lagu.

Zynn menjadi aplikasi iOS gratis yang paling banyak diunduh pada akhir Mei dan masuk 10 daftar unduhan terlaris di Google Play Store (sekarang sudah dihapus).

Aplikasi jiplakan ini bisa tumbuh pesat karena ada skema hadiah dengan membayar pengguna untuk menonton video dan merekrut teman.

Namun, skema pembayaran tampaknya belum jelas. Beberapa pengguna memposting video pembayaran, sementara yang lainnya mengatakan mereka tidak bisa menguangkan hadiah.

Pengguna meraih USD1 saat mendaftar, kemudian USD20 untuk orang pertama yang pergabung, serta USD10 untuk setiap lima pengguna sesudahnya.

Uang bisa dicairkan dalam bentuk uang tunai. Pengawas media nirlaba Common Sense Media menyebut Zynn bikin 'skema piramida'.

Juru bicara Zynn mengatakan kepada Financial Times bahwa perusahaan pakai uang yang mungkin dibayar pengiklan untuk menarik pengguna secara langsung.

"Kami tidak ingin membayar seperti perusahaan besar Facebook atau Google sehingga kami pakai uang yang sama persis untuk membayar pengguna yang berada di garis depan," kata juru bicara Zynn.

Soal dihapus dari Play Store, juru bicara Zynn mengatakan kepada FT karena adanya "plagiarisme" dan mengakui perusahaan telah "melalui beberapa penyimpangan di bidang ini".

Akun media sosial yang mengklaim milik Zynn mengatakan perusahaan "berkomunikasi dengan Google dan berupaya memperbaiki ini secepatnya." (The Verge)

 

VIDEO Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro Unboxing, Bisakah Jadi Jawara?

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id