home ×
Technology

PMI Luncurkan Aplikasi Games Bencana

20 January 2016 By
PMI Luncurkan Aplikasi Games Bencana
Share
Share
Share
Share
Guna meningkatkan kesiapsiagaan bencana di kalangan anak- anakremaja, pemuda, bahkan dewasa, Palang Merah Indonesia (PMI) bersama dengan Palang Merah Amerika, UNESCO, Global Disaster Preparedness Center (GDPC) meluncurkan dua aplikasi games edukatif tentang kesiapsiagaan bencana yaitu Saifah dan Tanah, di Pusat Kebudayaan Amerika @america di Jakarta, Selasa (19/01). Pengembangan aplikasi ini ke dalam konteks masyarakat Indonesia didanai oleh USAID.

Aplikasi Games Saifah, Sang Penakluk Banjir, merupakan suatu petualangan sekaligus pembelajaran yang sangat menarik dalam menghadapi banjir, mulai dari mengurangi risiko banjir, menghindari sengatan listrik hingga ancaman binatang liar. Semua pengetahuan ini meningkatkan kemampuan Anda untuk menyelamatkan diri dan orang lain ketika dilanda banjir. Games ini telah tersedia di 140 negara dalam bahasa Inggris, Indonesia, Prancis, dan Tagalog.

Sementara itu, games Tanah memberikan tantangan bagi penggunanya untuk menyelesaikan misi yang harus dilakukan agar siaga menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami. Games ini didesain sedemikian rupa agar pengguna dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh mulai dari rumah atau keluarganya. Gempa dan Tsunami merupakan bencana yang bersifat mendadak, oleh karena itu kesiapsiagaan sangat diperlukan.

Sekretaris Jenderal PMI, dr. Ritola Tasmaya, MPH mengatakan, aplikasi ini akan sangat berguna bagi masyarakat, anak-anak, remaja, dan pemuda. Selain terhibur, mereka juga mendapatkan pengetahuan mengenai kesiapsiagaan bencana. Indonesia merupakan wilayah rawan bencana, karenanya edukasi tentang kesiapsiagaan bencana sejak dini sangatlah penting. Sebaiknya, para siswa, guru, maupun orangtua dapat menyebarluaskan dan mengunduh games ini. Bermain sambil belajar menyelamatkan diri dari bencana merupakan inti dari games ini,” jelas Ritola.

Perwakilan Palang Merah Amerika di Indonesia, Tom Alcedo, mengatakan bahwa ini merupakan inovasi yang sangat bagus untuk menarik minat masyarakat mempelajari kesiapsiagaan bencana dengan cara yang sangat menyenangkan. Palang Merah Amerika terus berkomitmen mendukung PMI dalam menemukan inovasi-inovasi untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang Tangguh Bencana.

USAID sangat bangga bisa mendukung pembuatan dua aplikasi games ini, ujar Yusak Oppusunggu, perwakilan dari USAID, “Ini sesuai dengan komitmen USAID untuk memanfaatkan teknologi dan inovasi untuk mengatasi tantangan global mengatasi efek negatif perubahan iklim hingga mengatasi penyebaran penyakit menular,” tambahnya.

Games Saifah dan Tanah dapat diunduh di Google Store dan App Store dengan Keyword Sai Fah (ID) Tanah (ID). Selain kedua games ini, PMI juga telah meluncurkan aplikasi Pertolongan Pertama dan Siaga Bencana dan Mobile Rapid Assesment (MRA).

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id