icon-category Auto

Polisi Gelar Operasi Lilin, Tanpa Penyekatan dan Tilang

  • 24 Dec 2021 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Polisi mulai menggelar Operasi Lilin 2021 dalam menyambut dan mengamankan Natal dan Tahuun Baru kali ini. Namun pada oeprasi kali ini, tidak akan dilakukan penyekatan dan tilang di jalanan.

    Operasi Lilin 2021 akan digelar selama 10 hari terhitung sejak Jumat (24/12/21) hingga Minggu (2/1/22) mendatang.

    Informasi tersebut diumumkan Kementrian Perhubungan, melalui juru bicaranya, Adita Irawati. Menurutnya, pada momen Nataru kali ini, pemerintah tidak akan lakukan penyekatan dan hanya akan melakukan pengetatan.

    BACA JUGA: Kawasaki Ninja ZX600 R Jadi Tongkrongan Ahmad Dhani Muda

    "Dalam pengaturan dan pengendalian transportasi di Nataru kali ini, perlu kami tegaskan tidak ada penyekatan yang ada adalah pengetatan protokol kesehatan di semua pra sarana dan sarana transportasi," ujar Adita dalam Siaran Pers Pengendalian Transportasi Saat Natal dan Tahun Baru.

    Begitu juga dengan pihak kepolisian yang memastikan tidak akan ada penilangan di jalan dan mengharapkan masyarakat bisa bekerjasama untuk mengikuti aturan yang diberlakukan oleh kepolisian.

    "Anggota Polri di lapangan, saya pastikan, tidak ada yang akan lakukan penilangan. Kita membantu proses pelancaran, dengan catatan, para pemakai jalan juga bisa bekerjasama ketika pengaturan-pengaturan ini kita lakukan," papar Kakorlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi .

    Tak ada tilang yang dimaksud tentu bukan berarti untuk membebaskan masyarakat yang melakukan pelanggaran lalu lintas. Kakorlantas mengatakan, saat ini pihak kepolisian tengah menguatkan dan fokus pada proses tilang elektronik.

    "Saya ingin mengingatkan saja, bahwa cara bertindak melalui tilang yang selama ini kita laksanakan di jalan sudah mulai kita bergeser ke penggunaan elektronik. Ya, jadi walaupun kami tidak akan tilang di jalan, nanti tagihannya masuk ke rumah," lanjutnya.

    Pada Operasi Lilin tahun ini, Polri melibatkan lebih dari 100 ribu personil gabungan untuk mengamankan selama masa Natal dan Tahun Baru. 

    Selain itu, pihak kepolisian juga mengatakan, pada Operasi Lilin tahun ini mereka mengutamakan cara bertindak pencegahan.

    Untuk Operasi Lilin tahun 2021, Polri melibatkan 103.190 personil. Ini diharapkan bisa mencukupi, untuk bisa mengamankan Nataru ini bisa berjalan dengan aman, dengan damai, dan juga dengan sehat. 

    “Karena kita melihat pengalaman tahun-tahun sebelumnya, pasca libur Nataru 2020, terlihat ada lonjakan-lonjakan daripada Covid-19 itu sendiri," ucap Rusdi Hartono, Karopenmas Divhumas Polri pada Dialog Aturan Baru Perjalanan Akhir Tahun yang disiarkan oleh Kemkominfo.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini