icon-category Sport

Polisi Putuskan Buka-Tutup 7 Pintu Tol DKI selama Asian Games

  • 01 Aug 2018 WIB
Bagikan :

Sebanyak tujuh pintu tol akan dikenakan sistem buka-tutup selama Asian Games 2018 berlangsung. Keputusan ini telah diubah dari yang awalnya adalah 19 pintu tol yang akan ditutup.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan keputusan tersebut setelah dilakukannya evaluasi terhadap simulasi terakhir yang dilakukan pada Rabu (1/8) pagi. Evaluasi tersebut diikuti oleh Kadishub DKI Jakarta Andri Yansyah dan Kepala BPTJ Bambang Prihartono.

Simulasi tersebut pun hanya dilakukan di dua lokasi, yakni Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat; dan Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Berdasarkan perhitungan waktu selama simulasi, Yusuf mengatakan hanya dibutuhkan waktu 20 menit dari Wisma Atlet menuju GBK dan sebaliknya. Hasill ini lebih cepat satu menit dari sumulasi sebelumnya.

Sementara itu, waktu tempuh dari Wisma Atlet menuju TMII dibutuhkan waktu 27 menit, dan begitu juga sebaliknya.

"Kita bandingkan simulasi yang terdahulu tanpa adanya penutupan ruas jalan tol ini waktunya sama 27 menit juga sehingga kita ambil kesimpulan bahwa rencana kita melaksanakan [penutupan pintu tol] pada saat atlet berangkat dari Wisma Atlet ke venue dengan 10 pintu tol ditutup dari 06.00 - 17.00 WIB dan kembalinya 12.00-21.00 WIB ini kita kurangi," tutur dia, di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Rabu (1/8).

Wisma Atlet, di Kemayoran, Jakarta, 21 Juli.Wisma Atlet, di Kemayoran, Jakarta, 21 Juli. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

Sebanyak tujuh pintu tol yang akan ditutup pun terbagi menjadi dua. Empat pintu tol akan ditutup pada saat atlet berangkat dari Wisma Atlet menuju venue sekitar pukul 06.00-17.00 WIB.

Keempat pintu tol itu adalah Angke 2, Tanjung Duren, Slipi 2 dan TMII 1.

Sementara, tiga pintu tol lainnya akan ditutup saat atlet kembali dari venue menuju Wisma Atlet. Tiga pintu tol itu adalah Angke 1, Slipi 1 dan TMII 2 pada pukul 12.00-21.00 WIB.

Keputusan tersebut, kata Yusuf, diambil karena dampak dari penutupan pintu tol yang sudah dilakukan.

"Pertama adalah efektivitas penggunaan jalan tol, yang kedua adalah kondisi atau dampak dari penutupan itu di luar jalan tol," tuturnya.

Meski demikian, Yusuf mengatakan dalam situasi tertentu pihaknya bisa saja menutup atau membuka pintu-pintu tol yang sebelumnya telah direncanakan.

Salah satu venue Asian games 2018, Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP), Pulomas, Jakarta Timur (14/7).Salah satu venue Asian games 2018, Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP), Pulomas, Jakarta Timur (14/7). (CNN Indonesia/Hesti Rika)

"Dan ini pun sifatnya masih situasional pada saat tertentu bisa kita buka sesuai situasi yang ada," ucapnya.

Sebelumnya, kepolisian menyebut 19 pintu tol akan ditutup selama Asian Games 2018. Rinciannya, sepuluh pintu tol ditutup saat keberangkatan atlet, dan sembilan lainnya ditutup saat perjalanan atlet kembali ke Wisma Atlet.

Berita Terkait

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini