icon-category Auto

Polri Kerahkan 88 Motor Listrik EsseEsse9+ di KTT G20

  • 07 Oct 2022 WIB
  • Bagikan :
    Energica EsseEsse9+ (Foto: webBikeWorld)

    Uzone.id - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) nantinya akan menggunakan sepeda motor listrik premium EsseEsse9+ buatan Energica Motor Company di KTT G20. Setidaknya, ada 88 unit motor listrik yang bakal mengawal delegasi KTT G20 di Bali.

    Energica Motor Company dikenal sebagai salah satu perusahaan yang mampu menciptakan sepeda motor listrik berperforma tinggi.

    Tentu saja, ini menjadi pengalaman pertama melihat motor listrik nyaris tanpa suara dan tanpa emisi yang memiliki tenaga buas.

    BACA JUGA: Diguyur Hujan Lebat, Jalan Raya di Jakarta Berubah Jadi Sungai

    Melansir dari situs resminya, Livia Cevolini selaku CEO Energica Motor Company berharap pengalaman itu bisa melekat pada setiap delegasi KTT G20 dan dalam semua diskusi seputar perubahan iklim dan transportasi.

    "Indonesia akan menjadi negara pertama di kawasan Asia-Pasifik yang mengoperasikan armada sepeda motor listrik, menunjukkan kepemimpinan iklim dan kemajuan dalam komitmennya untuk menempatkan 2 juta kendaraan listrik di jalan pada tahun 2025," tutur Livia.

    Menurut Livia, untuk keperluan KTT G20 yang berlangsung 15-16 November 2022, Indonesia memesan 88 EsseEsse9+ hampir senilai USD2 juta atau setara Rp30 miliar. Dilansir Ride Apart, EsseEsse9+ standar dihargai USD22.850 atau setara Rp348 jutaan per unitnya.

    EsseEsse9+ yang dipakai Polri nantinya sudah dilengkapi peralatan khusus seperti yang sudah dipakai polisi Italia. Setiap motor listrik yang membawa peralatan khusus polisi akan dikenakan lagi biaya senilai USD22.727 atau setara dengan Rp346 jutaan (kurs Rp15.255 per USD1). 

    Dia juga membeberkan, Energica menandatangani perjanjian dengan UTOMOCORP salah satu perusahaan ritel dan distribusi kendaraan terkemuka di Indonesia. Kedua perusahaan berharap untuk mengirimkan sepeda ke kepolisian Indonesia pada awal November.

    BACA JUGA: Musim Banjir Tiba, Motor Terendam Air Harus Gimana?

    Sebagai informasi saja, Energica Motor Company jadi salah satu produsen sepeda motor listrik asal Italia. Proyek Energica dimulai pada tahun 2010 di Modena, Italia, yang digarap oleh CRP Group.

    Energica Motor Company berdiri pada tahun 2014 dengan tujuan untuk menciptakan sepeda motor berkelanjutan dengan performa tinggi.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini