home ×
Digilife

Prediksi Tren Teknologi 2020 di Dunia, dari Kota Pintar hingga Keamanan Data

13 January 2020 By
Prediksi Tren Teknologi 2020 di Dunia, dari Kota Pintar hingga Keamanan Data
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Uzone.id - NTT Ltd., penyedia layanan teknologi global, mengumumkan prediksi tren teknologi 2020. Prediksi ini didasarkan pada tren teknologi paling kritis yang perlu diwaspadai perusahaan tahun depan dan langkah-langkah yang perlu diambil untuk mengatasinya.

CTO NTT Ltd. Ettienne Reinecke memperkirakan adopsi pada tahun 2020 akan melihat data, otomatisasi, dan teknologi Internet of Things (IoT) bakal menciptakan kota dan masyarakat yang saling terhubung.

NTT Ltd. memprediksikan bahwa di tahun 2020 semua kata-kata populer yang kita dengar satu dekade terakhir ini akan bersama-sama menciptakan lingkungan yang terhubung dan memungkinkan semuanya berjalan secara otomatis dan mencipatakan kota pintar, lingkungan kerja dan bisnis – dalam lingkungan yang aman.

Sedangkan data, teknologi kecerdasan buatan, dan desain keamanan yang baik akan menjadi jantung utama gerakan ini dengan memberdayakan perangkat yang bisa berbicara satu sama lain dan bertindak berdasar informasi tanpa harus ada campur tangan manusia.

Baca juga: Warga Twitter Bilang Telkomsel Sudah Buka Blokir Netflix, Emang Iya?

Kota pintar dan IoT akan menjadi norma tersendiri karena mereka mampu meningkatkan produktivitas, pertumbuhan, dan inovasi di seluruh wilayah.

NTT Ltd. perusahaan yang baru saja terbentuk menggabungkan 40,000 tenaga ahli dari 31 brand -termasuk dari NTT Communications, NTT Indonesia Solution dan NTT Security- melayani lebih dari 10,000 klien di seluruh dunia.

Menggunakan wawasan yang digabungkan dari klien-klien global, NTT Ltd. lebih mudah memahami bentuk dan intelejen teknologi di masa depan untuk kepentingan pelanggan mereka. Tren Teknologi Gangguan di Masa Depan: 2020 menjadi dasar, bisnis apa yang harus disiapkan di tahun depan.

Berbicara tentang prediksi tersebut, Ettienne Reinecke berkata: “Industri sudah banyak berbicara mengenai teknologi yang berbeda-beda, termasuk komputasi cloud, data, AI dan kemanan dalam kotak yang berbeda. Tetapi di tahun 2020 nanti, itu semua akan berubah.”

Baca juga: Teknologi VR Bikinan Startup Lokal Ini Sabet Juara di Paris

Tahun depan kita akan melihat sesuatu yang lebih lengkap, komputasi secara menyeluruh menjadi pemicu utama, masuk menjadi kenyataan ke dalam lingkungan yang cerdas dan saling berhubungan serta akan memiliki dampak kepada dunia yang kita tempati sekarang,” imbuhnya.

Ia mengatakan, “Kita akan melihat kota dan masyarakat mulai mengikuti apa yang sudah dilakukan oleh Las Vegas, yang sudah berubah menjadi kota pintar dalam memberikan data lintas wilayah, melakukan improvisasi untuk keamanan secara situasional melalui video, dan data suara.”

Dengan teknologi IoT dalam infrastruktur yang lebih aman, menciptakan kapasitas teknologi untuk bersama-sama mencapai dampak yang hebat, sehingga membangun lingkungan yang lebih terkoneksi menjadi fokus poin utama di tahun depan. Nah, berikut ini prediksi tren teknologi di 2020.

Kembaran digital

Banyak bisnis yang membuat kembaran digital. Misalnya, dulu nasabah yang ingin membuka rekening harus datang ke bank. Namun dengan kembaran digital, nasabah bisa membuat rekening melalui aplikasi dan bank bersangkutan.

“Kembaran digital itu berarti usahanya mungkin kurang lebih sama, tapi prosedurnya, prosesnya, semua itu beda,” ujar Hendera Lesmana, CEO NTT Ltd. untuk Indonesia.

Baca juga: Sudah Dilarang, Kenapa Konten Porno di YouTube Bisa Lolos?

Contoh lainnya, dengan data yang cukup, kita bisa membuat model tentang kebiasan dan memahami pola.

Misalkan, data kembar mengenai pola diet. Dengan data ini kita bisa mendapatkan kesimpulan yang lebih akurat (sehingga kita bisa menyiapkan waktu sebelum terjadi insiden kesehatan yang tidak kita inginkan), lebih cepat, dengan memakan biaya penelitian yang lebih murah.

Menciptakan rasa percaya melalui interaksi digital

Kecerdasan buatan sekarang semakin berevolusi, kita bisa beralih dari sekadar transaksi secara umum menjadi lebih akrab dengan pelanggan, sehingga bisa mengaplikasi peraturan yang lebih manusiawi dan bisa menjaga kepercayaan pelanggan.

Larut ke lingkungan ‘phygital’ yang responsif

Ketika dunia fisik bergabung dengan digital membuang semua batasan fisik—ruang rapat, kantor, toko, kotak VIP di stadion—dan bertransformasi mejadi lingkungan virtual yang bisa menciptakan pengalaman baru dengan berbagai macam tingkatan pengalaman.

Bangunan cerdas

Bangunan cerdas yang menggunakan IoT untuk lingkungan yang lebih nyaman—yang mampu melakukan otomatisasi suhu sesuai jumlah orang yang ada di dalamnya atau pencahayaan yang secukupnya pada siang hari—akan senantiasa berkelanjutan.

Data lebih aman

Ke depan, orang-orang cenderung menempatkan data pada yang akan bertanggung jawab penuh untuk mengamankannya. Tidak akan ada yang bisa mengakses data tersebut tanpa izin. Apabila pemilik data berada dalam ancaman, data otomatis akan terkunci.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

4 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
yoga saputra 22 January 2020 | 22:37:31

tingkatkan keamananya karna zaman sekarang teknologi harus pintar

yoga saputra 22 January 2020 | 22:36:19

bagus kembangkan terus teknologi tapi jangan di salah gunakan

pejuang 22 January 2020 | 09:29:11

pasti akan semakin canggih saja akan ada penemuan terbaru

ALI YUSUF 13 January 2020 | 20:28:36

harus nya begitu keamanan data juga diperlukan

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article