icon-category News

Pria 61 Tahun Berhasil Selamat dari Serangan Hiu, Bagaimana Caranya?

Meski usianya sudah mencapai 61 tahun, William Lytton terbukti masih punya kekuatan hebat. Terbukti, pria ini berhasil menyelamatkan diri dari serangan hiu dengan cara menonjok hiu tersebut.

Serangan terhadap Lytton terjadi di pantai Cape Cod di Massachusetts, Amerika Serika, pada Sabtu (1/9). Ia diserang oleh seekor hiu putih besar berukuran antara 2,5 hingga tiga meter saat sedang berenang.

Lytton mengaku merasa sangat kesakitan ketika hiu tersebut menggigitnya, namun alih-alih menyerah, ia malah melakukan serangan balik dengan cara menonjok insang hiu tersebut. Ternyata cara tersebut terbukti berhasil, hiu itu akhirnya melepaskan Lytton dan meninggalkannya.

Meski berhasil menyelamatkan diri, Lytton tetap harus menjalani enam operasi di Tufts Medical Centre. Salah satu operasi yang harus dijalani Lytton adalah mencabut sisa-sisa gigi hiu yang menempel di kakinya.

Kepala bedah trauma ortopedi, Dr. Scott Ryan, mengaku syok saat melihat luka gigitan yang diderita oleh Lytton.

"Dia beruntung masih hidup," kata Dr. Ryan, dilansir IB Times. Ia juga mengatakan, tindakan cepat yang dilakukan oleh Lytton berhasil menyelamatkan kakinya.

Tulang kaki Lytton menderita luka tusukan. Gigi- gigi hiu tersebut hampir saja mengenai pembuluh darah dan sarafnya.

"Rasa sakit yang saya alami sangat menyiksa. Saya hanya ingat saya mendarat dengan helikopter dan tidak ingat apa-apa lagi," kata Lytton.

Para peneliti kini sedang mencari tahu mengapa semakin banyak hiu yang muncul di wilayah tersebut.

Seorang ahli biologi, Greg Skomal, menyatakan bahwa timnya berhasil menemukan total 149 hiu putih besar di lepas pantai Cape Cod pada bulan Juli. Skoml menduga perubahan iklim memiliki peran dalam hal ini.

Pantai Cape Cod kini lebih sering ditutup karena semakin seringnya pengunjung yang melihat hiu. Pihak yang berwenang mencoba untuk mengedukasi masyarakat mengenai keberadaan hiu-hiu tersebut di pantai.

Tags : hiu serang laut selamat 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini