icon-category Digilife

Pria Berciuman hingga Hamil, Deretan Emoji Apple yang Bikin Gaduh

  • 03 Feb 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Emojipedia

    Uzone.id – Jika diperhatikan secara detail, aktivitas digital kita rasanya tidak akan lengkap tanpa kehadiran emoji yang dapat menambah sensasi keseruan percakapan atau postingan di media sosial. Banyak emoji yang menggemaskan, ada juga yang sampai menuai kontroversi.

    Dalam pembaruan sistem operasi iOS 15.4 versi beta, Apple merilis sekitar 37 emoji baru. Berdasarkan Unicode Version 14, ada beberapa simbol atau ikon segar yang membuat kita tersenyum saat melihatnya, seperti melting face, peekaboo face, saluting face, hingga wajah yang menahan air mata.

    Dari emoji-emoji anyar ini, ada satu yang menuai kontroversi dari banyak pihak, yaitu pria hamil.

    Kehadiran emoji pria hamil ini membuat linimasa internet cukup gaduh karena dianggap tidak sesuai realita yang ada. Tak hanya itu, emoji pria hamil ini menuai kritik dari berbagai kalangan, bahkan dari para tokoh politik di Amerika Serikat.

    Baca juga: Ini Emoji yang Sering Dipakai di 2021

    “Mau bagaimanapun, pria tidak bisa hamil. Kaum perempuan yang hanya bisa hamil. Ini bukan mitos atau teori konspirasi. Ini seperti diskriminasi perempuan yang sedang berjuang hamil,” ungkap kritikus di AS.

    Meski begitu, ada juga yang merasa kalau emoji pria hamil ini ujung-ujungnya terlihat seperti seorang pria dengan perut buncit karena kebanyakan minum bir.

    Kontroversi ini pun mendapatkan respons dari pihak Emojipedia Apple.

    Dari laporan perusahaan, pendiri Emojipedia Jeremy Burge yang juga bergabung dalam rapat Unicode mengatakan pada Juli 2021 kalau emoji ini merefleksikan kehamilan sebagai suatu hal yang mungkin terjadi kepada pria transgender dan orang-orang non-binary.

    Baca juga: Pengguna WhatsApp Bakal Kasih Reaksi Emoji di Chat

    Sebenarnya ini bukan kali pertama emoji keluaran Apple menuai kritik.

    Pada 2015, Apple dikecam pemerintah Rusia setelah merilis emoji pasangan pria berciuman. Pihak Rusia merasa Apple telah melanggar propaganda negaranya yang memang melarang aktivitas homoseksual karena menghadirkan emoji pasangan sesama jenis.

    Tak tanggung-tanggung, Apple juga didenda USD15 ribu atau sekitar Rp219 juta.

    Masih di tahun yang sama, iOS 9 juga menarik perhatian karena membawa emoji bendera Taiwan. Kala itu, pemerintah China disebut-sebut sempat geram.

    Kita tahu kalau status kedaulatan Taiwan yang ingin memisahkan diri dari China masih menjadi persoalan besar, dan China menolak kemerdekaan Taiwan hingga menganggap wilayah ini sebagai pembelot.

    Terlepas dari kontroversi yang pernah ada, bagi kalian yang belum sempat mengunduh atau memperbarui sistem operasi ke iOS 15.4, berikut beberapa emoji anyar yang akan melengkapi iPhone.

    Foto: Emojipedia

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini