icon-category Auto

Daihatsu Ceria 2003 Dipersembahkan Pria Ini untuk Nostalgia Bareng Istri

  • 13 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :
    Daihatsu Ceria 2003 (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Uzone.id - Hal paling romantis apa yang pernah kalian lakukan untuk pasangan tercinta? Kalau pria bernama Randy ini, sengaja berbulan-bulan berburu Daihatsu Ceria demi mengembalikan memori bersama istri saat masa-masa pacaran.

    Jadi, alasan dia membeli Ceria benar-benar pesonal. Waktu tahun 2010, Randy pernah pergi ke Yogyakarta bersama sang kekasih selama tiga hari dan meminjam mobil Daihatsu Ceria untuk mengajaknya jalan-jalan.

    "Jadi ngambil mobil ini recall memory, istri juga suka memorinya. Bagus lah," kata Randy saat berbincang santai dengan Uzone.id.

    Baca juga: Spesifikasi Elektrode, Motor Listrik Pertama Kawasaki

    Lamanya waktu untuk mendapat unit Daihatsu Ceria karena terbentur oleh keinginannya untuk mendapatkan mobil yang benar-benar sama persis saat ia dan sang istri berkendara di Yogyakarta.

    Ia mengincar tipe hingga warna yang sama. Dia pun merasa beruntung karena mendapatkan unit yang banyak mempertahankan desain dan aksesori orisinal.

    "Memang nyarinya lumayan susah. Awal nyarinya tuh Desember 2021, baru dapat bulan lalu, Mei," ujar salah satu karyawan BUMN ini.

    Agar tampilan Ceria produksi tahun 2003 miliknya terlihat beda, Randy memodifikasi tipis-tipis dengan memberi aksen stiker list bodi samping dengan adanya tulisan "Mira" yang mencerminkan Japanese Domestic Market (JDM) look.

    Daihatsu Ceria 2003 (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Dia beralasan, untuk Ceria dengan gaya JDM jarang sekali terlihat. Untuk pasar Jepang, mobil model ini diberi nama Daihatsu Mira dengan mesin 660 cc turbo, sedangkan di Malaysia bernama Perodua Kancil.

    Randy merasakan fun to drive ketika mengendarai Daihatsu Ceria karena mobil ini kecil sehingga ketika berpapasan dengan mobil lain di jalanan sempit tidak jadi masalah.

    Baca juga: Sudah Pakai Mild Hybrid, Ertiga Hybrid Kok Pakai Start-Stop Engine?

    Selain itu, bensinnya juga irit. Sebagai parameter keiritan Ceria, Randy bolak-balik rumah ke kantor atau Bintaro-Pancoran cuma habis 100 ribu untuk membeli bensin Pertalite.

    "Kalau pakai mobil satu lagi, Sienta, beli bensin seminggu bisa 300-400 ribu ke kantor, ini 100 ribu," katanya.

    Daihatsu Ceria dibeli Randy di angka Rp30 juta. Angka tersebut tentu saja masih berupa bahan. Banyak yang harus direstorasi terutama di sektor mesin.

    "Sektor mesin paling timing belt, fan belt, tensioner, termostat, karburator, filter karburator, fan, kelistrikan, aki hingga lampu-lampu," beber dia.

    Untuk ganti spare part, Randy mengandalkan bengkel langganan untuk datang ke rumah. Jadi, beli spare part lalu dipasangnya di rumah.

    "Spare part-nya susah, cara termudahnya online shop sih, ada toko di Mojokerto lengkap sampai part-part kecil itu dia jual, dia juga beli dari impor," ungkapnya.

    Sejarah Daihatsu Ceria di Indonesia

    Daihatsu Ceria sempat dijual di Indonesia tahun 2001-2005 setelah lebih dulu dijual di Malaysia di periode 1994-2009.

    Untuk pasar Malaysia, mobil ini bernama Perodua Kancil dengan kapasitas mesin yang sama dengan Ceria, yakni 850 cc 3-silinder segaris SOHC yang dipasangkan dengan transmisi manual 5-percepatan.

    Baca juga: Hyundai Motorstudio Senayan Park Gak Sekedar Pameran Produk

    Mesin tersebut bisa memuntahkan tenaga 35 hp @5.500 rpm dan torsi 63 Nm @3.200 rpm.

    Untuk sektor kaki-kaki bikin nyaman penumpang berkat MacPherson Strut Independent Coil Spring dipadukan stabilizer untuk suspensi depan. Suspensi belakang pakai Semi Trailing Independent Coil Spring.

    Daihatsu Ceria punya dimensi 3.365 mm x 1.405 mm x 1.415 mm dengan bobot yang ringan, yakni 1.040 kg. Dengan bobot segitu, Ceria bisa digeber hingga 135 km/jam dengan kondisi masih stabil.

    Daihatsu Ceria keluaran tahun 2003 merupakan versi facelift yang menggunakan bahasa desain retro dengan lampu membulat. Grill tampak sporty dengan mesh terbagi dua bagian. 

    Untuk tahun tersebut tersedia trim varian KX, KL dan KL+. Bedanya, tipe KL tidak membawa AC dan radio tape.

    Setir mobil imut ini juga tidak mendapat power steering, namun masih enak dikendalikan karena bobotnya yang ringan.

    Ukuran ban 12 inci juga membuat mobil ini mudah bermanuver dan responsif. Meskipun kecil, Ceria bisa membawa penumpang 5 orang.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini