Startup

Profil PT Terbit Financial Technology, Penggugat Gojek dan Tokopedia Rp2,08 Triliun

  • 08 November 2021
  • Bagikan :
    Profil PT Terbit Financial Technology, Penggugat Gojek dan Tokopedia Rp2,08 Triliun

    Ilustrasi foto: Dok. GoTo

    Uzone.id - Setelah sukses membuat perusahaan bersama atas nama GoTo, Gojek dan Tokopedia dihadapkan dengan masalah hak cipta merek oleh PT Terbit Financial Technology.

    Dalam gugatannya, Gojek dan Tokopedia dituntut dengan belasan permohonan untuk memperkarakan merek Goto serta total denda mencapai Rp2 triliun.

    Lalu, apa dan siapa sebenarnya PT Terbit Financial Technology yang menggugat Gojek dan Tokopedia? Berikut profilnya

    Profil PT Terbit Financial Technology

    Menurut penelusuran Uzone.id, PT Terbit Financial Technology tidak memiliki website resmi yang memuat informasi terkait perusahaan tersebut.

    Yang kami temukan adalah sebuah nama yang sama atas nama ‘PT Terbit Financial Technology’ di platform Linkedin yang memiliki nama lain Terbit Business e-Xchange dengan alamat website tertera http://www.tbx.co.id. Sayangnya, website tersebut tidak dapat diakses.

    Masih menurut keterangan di Linkedin, PT Terbit Financial Technology merupakan perusahaan jaringan e-commerce business-to-business. 

    Dilihat dari website Pangkalan Data Kekayaan Intelektual, Goto yang diajukan oleh PT Terbit Financial Technology telah didaftarkan pada 25 Mei 2021 dengan nomor pendaftaran IDM000858218.

    Goto TFT

    Foto: Merk Goto atas nama PT Terbit Financial Technology di website PDKI (Pangkalan Data Kekayaan Intelektual)

    Namun, tanggal penerimaan logo Goto ini tertulis pada 10 maret 2020, tanggal pengumuman pada 23 Maret 2020. Merek ini dilindungi tertanggal 10 Maret 2020 hingga 10 Maret 2030.

    Untuk alamat dari perusahaan ini, berdasarkan data PDKI, PT Terbit Financial Technology berlokasi di Gedung World Trade Center II Lt. 18, Kec. Setiabudi, Kel. Karet, Jakarta Selatan.

    Baca juga: Tokopedia dan Gojek Digugat Rp2 Trliun Gara-gara Merek GoTo

    Namun, berdasarkan alamat surat menyuratnya, perusahaan ini berlokasi di COHIVE (BLVBOOK) lantai 9, Menara Prima, RT.5/RW.2, Kuningan Timur, Kec. Setiabudi, Jakarta Selatan.

    Dari keterangannya, merek Goto yang didaftarkan merupakan sebuah aplikasi perangkat lunak komputer yang tidak dapat didownload dan dapat diprogram untuk perangkat seluler, televisi, dan perangkat video lainnya.

    Tak hanya Goto, PT Terbit Financial Technology juga telah mendaftarkan 3 merek lainnya di PDKI, yaitu TERBIT dan juga TBXONE.

    Versus GoTo Gojek dan Tokopedia

    Goto gojek Tokped

    Foto: Merk GoTo atas nama PT Aplikasi Karya Anak Bangsa di website PDKI (Pangkalan Data Kekayaan Intelektual)

    Merek GoTo yang dimiliki oleh Gojek dan Tokopedia memiliki status TM (Didaftar) dengan tanggal pendaftaran 27 Oktober 2021 dan nomor pendaftaran IDM000903101.

    Tanggal pengumuman GoTo miliki Gojek dan Tokopedia tercatat pada 17 Maret 2021 dengan tanggal penerimaan 5 Maret 2021. Tanggal perlindungan merek GoTo dimulai pada 5 Maret 2021 hingga 5 Maret 2031.

    Dalam keterangannya, GoTo terdaftar atas nama PT Aplikasi Karya Anak Bangsa yang merupakan perusahaan induk yang menaungi GoTo. 

    GoTo didaftarkan sebagai aplikasi perangkat lunak komputer di bidang periklanan dan layanan perdagangan elektronik, Aplikasi perangkat lunak secara lengkap (super app) untuk layanan komunikasi elektronik, penjualan barang dan jasa, pengantaran barang, kesehatan, keuangan dan ketenagakerjaan.

    Menurut keterangan di Pangkalan Data Kekayaan Intelektual, GoTo dari Gojek dan Tokopedia beralamat di Gedung Pasaraya Blok M, Gedung B, Lantai 6 & 7, Kelurahan Melawai, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini