Digilife

Profil Ykha Amelz, Ilustrator Indonesia Dibalik Doodle Google Hari Pahlawan

  • 10 November 2021
  • Bagikan :
    Profil Ykha Amelz, Ilustrator Indonesia Dibalik Doodle Google Hari Pahlawan

    Foto: Dok. Instagram @Ykhaamelz

    Uzone.id - Google Doodle hari ini khusus menampilkan pahlawan Indonesia, Ismail Marzuki sebagai peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada Rabu, 10 November 2021.

    Ismail Marzuki adalah seorang komposer lagu-lagu patriotik yang kemudian mengantarkannya sebagai seorang pahlawan nasional pada saat gerakan kemerdekaan Indonesia.

    Doodle Google menampilkan ilustrasi Ismail Marzuki yang sedang memainkan alat musik biola yang dilukis secara apik oleh ilustrator Indonesia, Ykha Amelz.

    celebrating-ismail-marzuki-6753651837109227-2x

    Profil Ykha Amelz

    Memiliki nama asli Yfana Khadija Amelz, ilustrator asal Indonesia ini akrab dipanggil dengan nama Ykha Amelz. 

    Mengutip dari Crafters, Ykha Amelz telah mendedikasikan dirinya sebagai ilustrator full-time semenjak 11 tahun yang lalu. 

    Ia merupakan lulusan Universitas Parahyangan jurusan Arsitektur. Begitu lulus dari kuliah, ia kembali pada passionnya yaitu menggambar.

    “Karena aku pribadi merasa lebih memiliki kebebasan untuk berekspresi sebagai seorang ilustrator. Dari situ pelan-pelan aku mulai membangun portfolioku hingga sekarang,” dikutip dari Crafters, Rabu, 10 November 2021.

    Ykha merupakan salah satu ilustrator yang terkenal di Indonesia. Terbukti ia cukup aktif dan terkenal di sosial media Instagramnya @ykhaamelz dengan followers mencapai 30 ribu lebih. Bahkan, ia disebut sebagai salah satu ilustrator senior Indonesia yang memiliki portofolio yang baik.

    241693717_839935713380558_6766343655521358170_n

    Foto: Dok. Instagram @Ykhaamelz

    Ykha dikenal memiliki karakter khas yang terinspirasi dari anjing peliharaannya, karakter tersebut bernama Babbot. Dengan karakter ini, Ykha berhasil mengembangkan brand berupa berbagai bentuk merchandise seperti stiker dan sweater. 

    Koleksi brand nya tersebut bisa dilihat dalam akun @Babbot_, Ykha juga mempunyai page khusus yang menampilkan berbagai karya indahnya di akun Lynkfire miliknya @ykhaamelz

    Membuat Google Doodle Hari Pahlawan 

    Untuk memperingati Hari Pahlawan Indonesia yang jatuh pada Rabu, 10 November 2021, Ykha berkesempatan menjadi guest artist untuk Google Doodle.

    Ykha pun berbagi cerita mengenai proses dan pemikirannya dibalik Doodle yang ia lukis. 

    Ia mengatakan bahwa topik ini sangat bermakna secara personal karena musik memiliki peran besar dalam hidupnya dan pekerjaannya.

    Ia juga sedikit mengenang masa remajanya yang sering berkunjung ke Taman Ismail Marzuki untuk melihat toko buku lama, menonton film, melihat planetarium dan lainnya.

    “Tempat itu menyimpan banyak kenangan,” ungkapnya.

    Baca juga: Mengapa Google Doodle Tampilkan Ismail Marzuki?

    Ia juga mengaku senang karena doodle ini merupakan tentang salah satu pahlawan favoritnya dan juga berkaitan dengan musik, yang mana memainkan peran besar dalam hidup Ykha.

    “Saya menggambarnya sambil membayangkan kecintaan beliau pada musik. Percikan yang beliau rasakan ketika memainkan sebuah instrumen baru,” jelasnya.

    “Saya menekankan karakter romantisnya dengan memilih biola sebagai instrumennya untuk Doodle ini,” tambahnya.

    Dengan Doodle yang ia buat, Ykha berharap ketika orang-orang melihatnya, secara otomatis salah satu lagu dari Ismail Marzuki akan terngiang di kepala dan teringat akan semangat juang yang dimiliki oleh beliau untuk musik lokal dan kebebasan berekspresi.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini