icon-category Digilife

Program Grab Bantu Mitra, Ringankan Cicilan dan Kasih Uang Tunai

  • 07 Apr 2020 WIB
Bagikan :

 

Ilustrasi Grabbike (Foto: Unsplash / Riffat Muntaz)

Uzone.id - Aktivitas warga memilih #kerjadirumah atau #dirumahaja sejak pandemi global virus Corona (Covid-19) membuat sebagian masyarakat Indonesia yang mencari nafkah di jalanan jadi sulit mendapat pelanggan, termasuk driver online. 

Situasi itu tentu saja memiliki dampak signifikan terhadap penghasilan sehari-hari. Merosotnya penghasilan membuat driver online tak bisa memenuhi kewajibannya kepada bank maupun lembaga pembiayaan leasing.

Raksasa aplikasi Grab Indonesia pun ikut membantu para mitranya yang alami kesulitan ekonomi dengan mempersiapkan skema bantuan serta langkah-langkah untuk mendukung program pemerintah.

 

Grab bersama perusahaan rental kendaraan, PT Teknologi Pengangkutan Indonesia (TPI) akan meluncurkan program yang diharapkan dapat membantu keberlangsungan pendapatan mitra pengemudi melalui dukungan pihak Perbankan.

Baca juga: Ringankan Cicilan, APPI Bersama Gojek dan Grab Sedang Mendata Driver Online

Di samping itu, Grab juga sangat mengapresiasi dan menyambut baik inisiatif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang merencanakan keringanan pembiayaan melalui Perusahaan Leasing dan Perbankan, terutama bagi mitra Grab Indonesia.

"Sebagai bentuk dukungan saat ini kami tengah berdiskusi secara intensif dengan OJK terkait inisiatif ini, termasuk bagaimana Grab dapat membantu pelaksanaan di lapangan,” ujar Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia, dalam pernyataan tertulis yang disampaikan kepada Uzone.id, Senin (6/4/2020).

 

Bantu uang tunai

Grab bersama TPI, sebuah perusahaan angkutan sewa khusus (rental kendaraan) yang juga merupakan perusahaan mitra terpercaya Grab, kini juga tengah menyiapkan program dan inisiatif yang diharapkan dapat meringankan beban serta membantu keberlangsungan pendapatan mitra pengemudi yang juga ikut terkena dampak dari pandemi COVID-19.

Sejumlah program kerja sama yang disiapkan antara Grab dengan TPI antara lain adalah penundaan biaya rental mobil hingga dua bulan ke depan serta pemberian dana tunai sebagai bagian dari program loyalitas mitra yang tergabung dalam TPI.

Inisiatif ini akan terlaksana dengan mendapatkan dukungan dari pihak Perbankan.

Informasi lebih rinci serta syarat dan ketentuan dari program ini telah disampaikan kepada mitra pengemudi yang menjadi anggota TPI dan kebijakan ini akan dievaluasi setelah periode dua bulan.

Baca juga: Asisten Sandra Dewi Ditipu Ratusan Juta via Virtual Account, Ini Klarifikasi Gojek

Selain itu, mitra pengemudi anggota TPI juga tetap akan mendapatkan manfaat asuransi kesehatan, asuransi jiwa serta program beasiswa bagi putra-putri mereka yang masih berjalan.

 

 

Keringanan cicilan

Sebagai tahap awal dari kerja sama dengan OJK, saat ini Grab sedang membantu Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) yang difasilitasi oleh OJK mendata debitur leasing yang merupakan mitra-pengemudi GrabBike dan GrabCar, serta mereka yang terkena dampak dari pandemi ini sesuai dengan kriteria dan persyaratan yang ditetapkan oleh OJK.

Melalui pendataan ini, diharapkan pengajuan restrukturisasi dari pinjaman para mitra dapat diajukan secara kolektif oleh Grab kepada APPI yang nantinya akan disampaikan kepada perusahaan leasing yang menjadi anggota mereka.

“Kesejahteraan dan kesehatan mitra pengemudi kami menjadi prioritas utama di tengah pandemi COVID-19 ini. Untuk itu, kami berharap dukungan Grab dalam program relaksasi keuangan pemerintah, juga mendapatkan dukungan dan respon positif dari pihak Perbankan dan Perusahaan Leasing di Indonesia," ujar Neneng.

 

VIDEO Review Mobil Tetangga: Civic & Kijang Era 1980an

 

 

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini