icon-category Auto

Puncak Arus Mudik 2023 Diprediksi pada 21 April Mendatang

  • 01 Apr 2023 WIB
Bagikan :
Puncak Arus Mudik 2023 Diprediksi pada 21 April Mendatang
Foto: Ilustrasi Mudik Lebaran

Uzone.id - Lebaran 2023 yang akan segera berlangsung selalu diiringi oleh tradisi mudik. Diprediksi, mudik di tahun ini akan mengalami lonjakan dibandingkan tahun lalu. Hal ini disebutkan berdasarkan hasil survey Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Muhadjir Effendy sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusa dan Kebudayaan (Menko PMK) menyebutkan terdapat 123 juta orang yang diprediksi mudik tahun ini. Angka tersebut mengalami kenaikan dari tahun lalu yang diperkirakan hanya 85 juta orang.

"Berdasarkan hasil survey Kemenhub yang secara periodik tiap tahun jelang idul fitri, tahun ini yang akan mudik 123 juta orang. Ini menaikkan kenaikan drastis dibanding tahun lalu diperkirakan yang mudik 85 juta," ujar Muhadjir dalam konferensi pers yang ditayangkan di Youtube Kemenko PMK.

Muhadjir pun mengatakan prediksi puncak mudik 2023 akan berlangsung pada 21 April. Perkiraan ini didapat berdasarkan adanya pergeseran cuti bersama menjadi 19, 20, 21, 24, dan 25 April. Sehingga masyarakat diharapkan dapat menghindari puncak arus mudik tersebut.

"Pergeseran tanggal cuti berasma dan menambah satu hari untuk memberikan kesempatan masyarakat ambil cuti lebih awal, untuk menghindarkan penumpukan pada puncak yang waktunya diperkirakan bersamaan dengan perayaan Idul Fitri yakni 21 April 2023," lanjutnya.

Muhadjir mengharapkan dengan adanya cuti bersama, pemudik bisa berangkat lebih awal. Menurutnya pemmudik harus memanfaatkan kesempatan baik dan membuat perencanaan mudik lebih matang.

"Saya juga berharap agar semua memanfaatkan kesempatan baik ini agar penambahan cuti bersama membaut perencanaan mudik lebaran lebih baik dan matang. Mulai dari sekarang, sehingga bisa terhindar dari kemacetan dan ketidak nyamanan dalam perjalanan," jelasnya.

Muhadjir pun meminta kepada TNI, Polri, serta pihak terkait untuk melakukan asesmen berkala untuk persiapan mudik tahun ini. Menurutnya asesmen ini sangatlah penting untuk mengantisipasi mobilitas masyarakat agar arus mudik berjalan baik.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini