Punya Hatchback Keren Gak Perlu Mahal
Uzone.id - Mobil berjenis hatchback selalu punya hati di Tanah Air, meski secara pasar memang gak sebesar MPV. Salah satu keunggulannya yakni dimensinya yang kompak, mesin irit dan bertenaga dan juga tampang kerennya.
Jarang hatchback yang gak keren di Indonesia. Honda Jazz dan Toyota Yaris misalnya, adalah dua nama besar hatchback yang sudah malang melintang di pasar otomotif Tanah Air.Meski begitu, seiring berjalannya waktu, harga mobil-mobil berjenis hatchback pun makin mahal dan rata-rata sudah hampir menyentuh angka Rp300 jutaan.
VIDEO Suzuki Baleno:
Mungkin selain kapasitas penumpang, faktor harga jual yang makin melambung jadi salah satu faktor penentu kenapa hatchback gak lagi seberjaya beberapa tahun kebelakang.
Tapi, buat punya hatchback keren sebenernya gak perlu mahal kok. Setidaknya itu yang coba ditawarkan Suzuki Baleno, yang kini makin kompak karena sudah berjenis hatchback.
Saat ini banderolnya Rp230 jutaan keliatan mahal? Relatif. Tapi kalau dibandingkan dengan para kompetitornya, banderol tersebut jauh lebih terjangkau, karena rataan para kompetitornya dibanderol hampir menyentuh angka Rp300 jutaan.
Ada dua pilihan untuk Baleno yang ditawarkan Suzuki, transmisi manual yang banderolnya Rp218 jutaan dan transmisi otomatis Rp230,5 jutaan.
Suzuki Baleno punya keunggulan tersendiri, selain pada banderolnya yang jauh lebih murah, tapi juga punya segudang fitur yang ngebuatnya jauh lebih value for money untuk sebuah hatchback, meski secara dimensi, kompaknya menyaingi sebuah citycar.
Ya, nama besar Baleno sekarang udah menjadi hatchback, gak lagi sedan. Desainnya lumayan keren untuk sebuah pendatang baru. Dan pastinya, dengan dimensi kompak dan karakter desain yang sporty.
Lampu utama projector HID dan lampu DRL, spion lipat elektrik, juga empat titik sensor parir di bumper belakang, udah cukup menunjukkan kelas sebuah Baleno.
Masuk ke dalam kabin, setirnya sudah dilapis kulit dengan tombol pengaturan audio dan Bluetooth telepon. Setirnya juga sudah tilt dan telescopic, ditambah kursi yang bisa diatur naik turunnya, ngebuat ergonomi saat nyetir Baleno makin baik.
Sektor hiburan didukung audio layar sentuh fitur AM/FM, MP3, USB, Bluetooth connection, dan kualitas suaranya juga terbilang lumayan baik. Kemudian ada AC digital yang juga dilengkapi heater.
Paling menarik adalah pilihan mesinnya yang diprediksi jadi salah satu faktor penentu harga jualnya bisa lebih murah dibanding kompetitornya.
Hatchback buatan India ini menggunakan mesin kepunyaan Suzuki Ertiga sebelumnya, yakni K14B berkapasitas 1.400cc. Mesin ini bertenaga sebesar 92,4 Hp dan torsinya 130 Nm. Cukup untuk ngebuat mesin ini hemat BBM dan lumayan bertenaga.
Spesifikasi Suzuki Baleno:
Panjang Keseluruhan 3.995 mm
Lebar Keseluruhan 1.745 mm
Tinggi Keseluruhan 1.510 mm
Jarak Poros Roda 2.520 mm
Jarak Pijak Depan 1.505 mm
Jarak Pijak Belakang 1.510 mm
Jarak Terendah 170 mm
Radius Putar Minimum 4,9 m
Berat Kosong 930 / 950 Kg
Berat Kotor 1.405 Kg
Sistem Kemudi Rack & Pinion
Suspensi Depan McPherson Strut with Coil Spring
Suspensi Belakang Torsion Beam with Coil Spring
Rem Depan Ventilated Disc
Rem Belakang Drum, Leading &Trailing
Ukuran Ban 195/55 R16
Tempat Duduk 5 Orang
Tangki Bahan Bakar 37 Liter
MESIN
Jenis K14B
Isi Silinder 1.373 cc
Jumlah Katup 16
Jumlah Silinder 4 in-line
Diameter x Langkah 73,0 x 82,0 mm
Daya Maksimum 92,4 PS/6.000 rpm
Momem Puntir Maksimum 130 Nm/4.200 rpm
Sistem Bahan Bakar Multipoint Injection