icon-category Digilife

Pusat Data Google Alami Ledakan Listrik, 3 Teknisi Kritis

  • 09 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Dylan Carr @dyl_carr/Unsplash

    Uzone.id - Google mengalami gangguan akses di seluruh dunia pada Selasa, (09/08). Hal ini diduga karena adanya insiden di pusat data Google yang terletak di Council Bluffs, Iowa.

    Insiden ini terjadi pada pukul 11:59, Senin, (08/08), waktu setempat. Dalam keterangan yang dibagikan pihak kepolisian, sebanyak 3 teknisi menjadi korban dalam kejadian ini.

    Tiga teknisi listrik yang sedang bekerja di gardu induk dekat dengan gedung pusat data terkena luka bakar yang cukup serius ketika arc flash (ledakan listrik) terjadi.

    Dilansir dari SFGate, satu orang dibawa langsung oleh helikopter ke Nebraska Medical Center, sementara dua lainnya diangkut dengan ambulans. Ketiga teknisi ini dalam keadaan sadar dan bernapas ketika mereka diangkut untuk perawatan medis, menurut Departemen Kepolisian Council Bluffs, dikutip dari SFGate.

    Pusat Data Google di Council Bluffs, Iowa ( via: Google Maps)

    Baca juga: Warganet Keluhkan Google Down, Ini Penyebabnya

    Juru bicara Google, Devon Smiley, kemudian memberikan pernyataan terkait hal ini. Ia membenarkan adanya insiden tersebut di data center Google.

    “Kami mengetahui insiden listrik yang terjadi di pusat data Google di Council Bluffs, Iowa melukai tiga orang di lokasi yang sekarang sedang dirawat,” ungkapnya.

    “Kesehatan dan keselamatan semua pekerja adalah prioritas utama kami, dan kami bekerja sama dengan mitra dan otoritas lokal untuk menyelidiki situasi secara menyeluruh dan memberikan bantuan sesuai kebutuhan,” tambah Smiley.

    Data Center yang ada di Council Bluffs, Iowa ini menjadi satu dari 14 data center yang ada di Amerika Serikat. Secara keseluruhan, Google memiliki 23 data center yang tersebar di seluruh dunia.

    Situs lokasi Council Bluffs adalah salah satu situs terbesar Google dan pertama kali dibuka pada tahun 2009. Jadi, tak heran kalau adanya insiden ledakan ini menyebabkan operasi Google terganggu dan membuat sistem mengalami gangguan.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini