home ×
Auto

Q3 2020, WOM Finance 'Biayai' 98 Ribu Unit Kendaraan Bermotor

10 November 2020 By
Q3 2020, WOM Finance \'Biayai\' 98 Ribu Unit Kendaraan Bermotor
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Meski pandemi Covid-19 mempengaruhi lini bisnis secara global, termasuk WOM Finance, namun mereka sampai saat ini mengklaim masih bisa bertahan. Sampai kuartal ketiga tahun 2020, perusahaan leasing itu mengaku masih bisa menyalurkan pembiayaan sekitar 98 ribu unit kendaraan bermotor.

Angka ini, dikatakan pihak WOM Finance, diperkirakan akan terus bertambah hingga akhir 2020. Dari sekian banyak unit kendaraan bermotor, penyaluran pembiayaan Perseroan hingga Kuartal III-2020 sebesar Rp1.8 triliun dengan pendapatan laba sebelum pajak mencapai Rp86 miliar. Kontribusi paling besar berasal dari pembiayaan multiguna.

"Kontribusi terbesar untuk penyaluran pembiayaan tersebut berada pada pembiayaan multiguna jasa MotorKu dan MobilKu sebesar Rp1.1 triliun dan pembiayaan multiguna barang motor baru dan bekas sebesar Rp658 miliar," ujar Presiden Direktur WOM Finance Djaja Suryanto Sutandar, dikutip dari Laporan Public Expose 2020.

Sementara itu, rasio keuangan WOM Finance pada Kuartal III 2020 mengalami koreksi akibat dari dampak pandemi Covid 19. Return on Asset (ROA) sebesar 1.6 persen, Return On Equity (ROE) sebesar 6.0 persen dan Gearing Ratio terjaga pada 3,5 kali, sedangkan Net Performing Financing (“NPF”) Nett sebesar 2,8 persen.

Untuk menjaga likuiditas, Perseroan telah melakukan kerjasama dengan perbankan, hingga Kuartal III 2020, Perseroan berhasil mendapatkan fasilitas pendanaan sebesar Rp2,9 triliun antara lain fasilitas pembiayaan bersama dari Bank Maybank Indonesia dan fasilitas modal kerja dari Bank DBS Indonesia, Shinhan Bank Indonesia dan Bank Panin Indonesia.

Ditambahkan Djaja, untuk mendukung program pemerintah dalam menangani pandemi Covid 19, Perseroan telah melaksanakan program restrukturisasi kredit sejak 1 April 2020 dengan total pengajuan yang telah disetujui mencapai Rp1.6 triliun atau 126 ribu konsumen.

"Di tengah dampak pandemi Covid-19 ini, Perseroan telah mengimplementasikan pembaharuan teknologi informasi dan pelayanan digital untuk mendukung efektivitas dan efisiensi operasional serta memberikan kemudahan bagi karyawan dan konsumen untuk melakukan kegiatan operasional dan bertransaksi," kata Djaja.

Di masa pandemi COVID-19, WOM Finance menghimbau konsumen untuk melakukan transaksi secara digital maupun melalui kanal pembayaran lainnya. Konsumen dapat melakukan pembayaran melalui kanal pembayaran via online yang telah tersedia seperti melalui transfer bank dan kanal pembayaran lainnya, seperti Kantor Pos, ATM, Indomaret dan Alfamart. Selain itu, konsumen dapat melakukan pembayaran angsuran berbasis kode QR yang tersedia di 16 (enam belas) e-wallet atau e-money dan 22 (dua puluh dua) mobile banking yang didukung oleh Bank Maybank Indonesia.

Selain menggunakan kode QR, WOM Finance juga telah bekerjasama dengan beberapa marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak, dimana konsumen juga dapat membayarkan angsurannya melalui kedua platform marketplace tersebut. Konsumen yang ingin mengetahui informasi terkini tentang WOM Finance dapat mengakses website www.wom.co.id. Kantor Layanan WOM Finance tetap beroperasi secara terbatas dengan melakukan penyesuaian jam operasional, yaitu dari Senin sampai dengan Sabtu pukul 09.00 - 15.00 WIB.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article