icon-category Gadget

Q4 2020, IDC Prediksi Pengapalan Smartphone Naik 4,4 Persen

  • 26 Nov 2020 WIB
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - Perusahaan riset pasar, IDC sudah berani melakukan predksi kembali atas kondisi pasar smartphone di dunia. Mereka mengatakan jika pada kuartal ke-4 tahun ini, pasar smartphone global akan tumbuh kembali, setelah pada kuartal ketiga terlihat adanya kenaikan.

    Dilansir dari Neowin, Kamis, 26 November 2020, pasar smartphone dunia akan tumbuh 2,4 persen yoy pada kuartal keempat 2020. Sedangkan pada 2021 nanti, pasar smartphone secara keseluruhan diprediksi akan tumbuh 4,4 persen yoy.

    Dikatakan pihak IDC, pertumbuhan ini akan disebabkan rantai suplai komponen yang telah pulih dan langsung tancap gas. Selain itu, ketertarikan dan antusiasme konsumen terhadap teknologi 5G juga berpengaruh besar.

    "Meskipun ada kekhawatiran akan lemahnya antusias 5G, namun jumlah pengapalan smartphone di Q3 2020 telah melampaui perkiraan kami. Kondisi rantai suplai telah kembali normal untuk bisa memenuhi kebutuhan saat libur panjang akhir tahun. Makanya, 2021 kemungkinan akan tumbuh signifikan," ujar Ryan Reith, Vice President Worldwide Mobile Device Trackers IDC.

    Menurut Ryan, lockdown telah memaksa semua orang untuk mengalihkan pengeluaran ke hal-hal yang sifatnya digital. Mereka tak lagi mengeluarkan uang untuk travel, makan di luar, atau rekreasi, tapi malah membeli perangkat elektronik dan gadget.

    "Smartphone merupakan penyumbang terbesar dalam transisi ini," ujar Ryan.

    Yang menarik, masih menurut IDC, pasar akan melihat perangkat 4G juga masih tumbuh. Pengapalan smartphone 4G masih akan banyak sampai 2022, kemudian akan mengalami titik jenuhnya pada 2023 dan 2024, walau masih berkontribusi pada total pengapalan di tahun-tahun itu.

    Analis mengatakan jika 5G akan menjadi lebih popular ketimbang 4G karena harganya akan semakin murah. Ini akan membuat 5G semakin mudah untuk dimiliki warga dunia.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini