Qlue Raih Pendanaan Seri B1 dari Telkomsel Dkk
Uzone.id - Qlue, perusahaan penyedia ekosistem smart city terlengkap di Indonesia, mengumumkan keberhasilan meraih pendanaan dari investor. Kali ini, Qlue berhasil meraih pendanaan Seri B putaran pertama yang dipimpin oleh investor asal Jepang, Global Brain, melalui kelompok investasinya KDDI Open Innovation Fund III (KOIF III). Pendanaan Seri B1 ini juga didukung oleh investor lainnya yaitu ASLI RI dan juga Telkomsel Mitra Inovasi.
Founder dan CEO Qlue Rama Raditya mengatakan, keberhasilan Qlue menutup pendanaan Seri B putaran pertama ini menunjukan potensi bisnis smart city yang sangat prospektif.Dengan masuknya pendanaan kali ini, skalabilitas dari Qlue juga akan semakin tinggi untuk memberikan solusi-solusi smart city yang bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat dalam memasuki era industri 4.0 di Indonesia.
“Kami sangat antusias dengan pendanaan dari KDDI yang merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Jepang. Sinergi ini terjalin karena Qlue dan KDDI memiliki visi yang sama dalam mengakselerasi pembangunan kota berbasis teknologi smart city. Dengan dukungan KDDI yang memiliki jaringan bisnis secara global ini akan mendorong penetrasi pasar Qlue di luar negeri,” ujar Rama.
Baca juga: 5 Fakta Seru Qlue, Startup Lokal yang Pernah jadi Andalan Jakarta
Dalam penetrasi pasar global, Qlue akan menggarap pasar Asia secara agresif sebagai basis utama pengembangan solusi smart city, dengan menjadikan Jepang, Malaysia, dan Filipina sebagai fokus utama.
Untuk pasar dalam negeri, peningkatan skalabilitas ini juga bisa mendorong perluasan industri ke sejumlah sektor, seperti jasa kesehatan, pengelola kawasan industri, perhotelan, pengembang properti, BUMN, hingga berbagai sektor lainnya.
Selain rencana tersebut, investasi yang dipimpin oleh Global Brain ini juga akan dimanfaatkan Qlue untuk menyempurnakan ragam solusi berbasis teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT) yang sudah ada, tentunya diiringi dengan berbagai penelitian untuk solusi baru yang sedang disiapkan. Hal ini dilakukan untuk memperkuat posisi Qlue sebagai penyedia ekosistem smart city terlengkap di Indonesia.
“Global Brain memutuskan untuk berinvestasi di Qlue karena potensinya yang komprehensif terkait kota pintar, memiliki hasrat yang kuat untuk tujuan ambisius, dan produk berbasis teknologi yang luar biasa. Global Brain akan secara proaktif memanfaatkan sumber dayanya untuk mendukung Qlue dalam meningkatkan produknya lebih jauh dan berkontribusi pada pengembangan smart city di Indonesia dan Asia Tenggara,” kata Director Indonesia Office Representative Global Brain Sho Ikeda.
Sementara itu, CEO Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) Andi Kristianto menyatakan, “Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, Telkomsel secara konsisten mengembangkan digital trifecta yang meliputi digital connectivity, digital platform, dan digital service untuk ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan, salah satunya melalui peluncuran teknologi broadband terkini Telkomsel 5G yang baru saja dilakukan."
Baca juga: Dua Wanita Indonesia Bikin Aplikasi iOS untuk Bantu Tunanetra dan Tunarungu
Menurutnya, keterlibatan TMI sebagai bagian dari Telkomsel, dalam pendanaan ini juga dilakukan sejalan dengan roadmap tersebut.
“Langkah ini didasarkan pada kapabilitas Qlue dalam mentransformasi lanskap smart city comprehensive solution di beberapa negara, serta keberlangsungan model bisnis ini dalam jangka panjang. Dipimpin oleh tim yang dinamis, Qlue tidak hanya menunjukkan resiliensi selama pandemi, Qlue bahkan mampu membukukan pertumbuhan yang solid,” tutup Andi.
Menurut COO ASLI RI Rionald Soerjanto, Qlue memperlihatkan konsistensinya dalam menyediakan ekosistem smart city terlengkap di Indonesia melalui teknologi maju yang berbasis AI dan IoT. Potensi Qlue dalam menciptakan dampak sosial yang luas dan sistemik di masyarakat juga membuat ASLI RI yakin untuk ikut berpartisipasi dalam putaran pendanaan Seri B1 ini.
Pada tahun 2020, Qlue sukses mencatatkan pertumbuhan bisnis sebesar 70 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Keberhasilan itu diraih berkat strategi Qlue yang agresif mengekspansi bisnisnya di lebih dari 58 kota dan luar negeri dengan total klien mencapai lebih dari 133 selama 2020.