icon-category Gadget

Ragam Fitur di One UI 5, Bisa Pasang Video jadi Lock Screen

Uzone.id - Dalam acara Samsung Developer Conference 2022, Samsung mengumumkan sistem operasi terbaru One UI 5 berbasis Android 13. Sebagai OS yang baru, One UI 5 membawa ragam fitur terkini, termasuk peningkatan sistem keamanan yang bikin data-data pengguna jauh lebih private lagi.

Update ke One UI 5 berbasis Android 13 dikonfirmasi akan digulirkan pertama kali untuk Samsung Galaxy S22 Series pada akhir Oktober mendatang, namun terbatas di beberapa negara saja.

Selanjutnya, Samsung akan menyebarkan pembaruan OS itu untuk Galaxy Z Flip4 dan Galaxy Z Fold4. Sementara roadmap dari update ke One UI 5 akan diungkap di akhir bulan ini.

Baca juga: FOTO: Samsung Galaxy A23 5G, Murah dengan Fitur Menggoda

Fitur baru di One UI 5

One UI 5 berbasis Android 13 memiliki UI yang baru, terutama pada lock screen. Bukan seperti iOS 16 yang lebih dinamis, tapi pengguna bisa menyesuaikan tampilan jam dan warnanya yang sesuai dengan wallpaper yang dipasang.

Menariknya, One UI 5 mengizinkan pengguna memasang video pendek sebagai wallpaper lock screen. Opsi yang bagus untuk menerapkan momen video terbaik di layar kunci ponsel kesayangan.

Widget juga dipoles sedemikian rupa oleh Samsung. Kini, ada Smart Suggestions untuk widget yang memberikan saran widget tertentu kepada pengguna sesuai kebiasaan mereka.

Fitur ini bagian dari fitur Routines yang didukung AI (artificial intelligence) yang secara otomatis menjalankan pengaturan atau fitur pada aplikasi tertentu setiap harinya. Misal saat hendak tidur, Smart Suggestions akan menyarankan pengguna untuk mengaktifkan alarm atau ketika ingin berolahraga, menyalakan aplikasi Samsung Health.

Baca juga: Pakai Android 12L, Galaxy Z Fold4 Bikin Multitasking Makin Mulus

Samsung turut memberikan kemampuan baru pada asisten pribadi berbasis AI buatan sendiri, Bixby. Kini ada fitur Bixby Text Call, fitur yang memungkinkan kalian menjawab berbicara di telepon via pesan teks. 

Contoh, saat pengguna sedang enggan berbicara, mereka tinggal meminta Bixby untuk menjawab telepon. Kemudian, tinggal ketikkan pesan yang ingin disampaikan dan otomatis Bixby akan membacakannya untuk lawan bicara secara real-time.

Sebelum itu, lawan bicara akan diberitahu bahwa mereka akan ‘berbicara’ dengan Bixby. Namun, untuk sementara fitur ini baru tersedia di Korea Selatan saja. Samsung akan menggulirkan fitur Bixby Text Call dalam versi bahasa Inggris pada awal tahun depan.

Baca juga: Tiga Fitur Utama di Galaxy Buds2 Pro Bikin Kamu Produktif

Fitur pamungkasnya, ada Share Panel. Fitur ini akan mengingatkan pengguna untuk berhati-hati membagikan foto yang mengandung informasi sensitif, seperti KTP, paspor, buku tabungan dan lain sebagainya.

Tentu ada aplikasi Privacy Hub di sini untuk memantau keamanan dan aplikasi apa saja yang menggunakan izin sensitif. Juga, Samsung Gallery di One UI 5 bisa mengekstrak tulisan dari gambar secara langsung.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini