home ×
Gadget

Ragam Robot Canggih di CES 2020, Pembuat Pizza Sampai Peliharaan

31 December 2019 By
Ragam Robot Canggih di CES 2020, Pembuat Pizza Sampai Peliharaan
Share
Share
Share

(Robot anjing Tombot. Foto: Cnet)

Uzone.id -- Tak terasa Consumer Electronic Show (CES) yang secara tahunan digelar di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat akan kembali dihelat pada awal Januari 2020. Tampaknya akan dihiasi oleh kehadiran robot-robot canggih.

Seperti dikutip Cnet, ada beberapa robot unik yang siap hadir di perhelatan CES 2020 dengan fungsinya masing-masing. Pada dasarnya kehadiran robot pintar ini dipercaya belum akan benar-benar mengancam manusia, melainkan baru sebatas inovasi.

Ada robot apa saja? Cekidot!

1. Pembuat pizza

(dok. Picnic)

Perusahaan asal Seattle, Picnic, mengembangkan robot yang bisa membantu meracik pizza dan siap memboyongnya ke Las Vegas Convention Center.

Robot bikinan Picnic ini bisa membuat 300 pizza ukuran 12 inci per jam. Normalnya, pizza 12 inci itu biasanya tipe medium yang bisa dibagi ke dalam 8 potongan (slice). Jadi kebayang lah ya, robot ini bekerja dengan cepat.

Baca juga: Keyboard Virtual Sampai Stabilo Pintar, Ini Teknologi Baru Samsung di CES 2020

Saat ini, robot Picnic ini sedang bekerja di T-Mobile Park di Seattle. Ke depannya, teknologi yang digunakan di robot pembuat pizza ini bakal diadopsi untuk memasak menu lain seperti roti manis dan tortilla.

Saat ini pizza masih menjadi fokus dan kabarnya pengunjung tak sabar memerhatikan detail pizza yang dimasak robot ini, mulai dari pemeratan keju, penempatan daging salami, dan lain-lain.

2. Robot hewan peliharaan

Sony turut mewarnai CES dengan robot menggemaskan bernama Aibo. Robot Aibo ini bentuknya menyerupai anjing (robo-dog), malah kehadirannya memang untuk menggantikan peran hewan peliharaan atau surrogate.

Gak cuma Sony, ada juga perusahaan asal Shenzhen, China, Elephant Robotics yang juga akan hadir meramaikan CES namun belum diketahui robot mungil apa yang akan dibawa.

(dok. Elephant Robotics)

Kalau melihat riwayatnya, Elephant Robotics sempat memasukkan robot kucing MarsCat di platform Kickstarter. Nah, banyak yang mengharapkan MarsCat hadir di CES untuk bisa bersanding dengan Aibo milik Sony.

Selain itu, ada juga yang mengharapkan robot anjing bernama Tombot juga bisa dipamerkan di CES. Tombot dirancang sebagai robot anjing pendamping orang lansia yang mengidap demensia.

3. Robot ‘berfaedah’

Salah satu tren di CES yang akan datang ini juga tak luput dari diskusi panel tentang robot ‘berfaedah’ yang akan membantu manusia di aspek yang lebih besar lagi seperti menyelamatkan nyawa hingga Bumi.

Sesi diskusi tersebut akan membahas dan menilai seberapa terpuji kehadiran robot dan cara kerjanya dalam membantu manusia dalam melestarikan spesies laut langka yang tinggal di bawah laut, hingga menjelajah luar angkasa -- ke Bulan, Mars, dan seterusnya.

Perusahaan Bosch kabarnya akan menghadirkan sistem sensor yang bisa melengkapi robot Astrobee milik NASA yang ditugaskan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) untuk mendeteksi suara dari kesalahan teknis.

Selain itu, bakal ada juga beberapa robot yang bisa melakukan operasi dan tangan robotik dari perusahaan teknologi lainnya yang dirancang untuk membantu proses penyembuhan dan perawatan kesehatan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

5 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Ids Osd 13 January 2020 | 18:58:25

Robot yang sangat canggih sekali dan sangat membantu

Miskin aman 12 January 2020 | 01:36:33

benar benar sangat jenius sekali pembuatnya

Temempik 03 January 2020 | 17:33:55

tidak susah payah mencari pembatu lagi

Abdul Mujib 02 January 2020 | 10:37:09

Robot yang sangat canggih sekalipun dia sangat membantu

Satria Kelana 02 January 2020 | 01:26:53

Robot yang sangat canggih sekali dan sangat membantu

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article