home ×
Startup

Raih Pendanaan Rp7,2 Triliun, Valuasi Roblox Capai Rp410 Triliun

10 January 2021 By
Raih Pendanaan Rp7,2 Triliun, Valuasi Roblox Capai Rp410 Triliun
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Platform game yang berasal dari pengguna, Roblox mengklaim telah mendapatkan pendanaan baru sebesar USD520 juta atau setara Rp7,2 triliun. Namun begitu, mereka tetap menjalankan rencana untuk go public.

Pendanaan tersebut secara tidak langsung telah meningkatkan value Roblox menjadi USD29,5 miliar atau sekira Rp410 triliun. Mereka akan tetap melakukan direct listing (DPO). Para pemegang saham nantinya akan langsung menjual saham kepada investor.

DPO memang berbeda dengan proses IPO biasa dan harganya bisa lebih mahal. Namun begitu, Roblox belum benar-benar mengumumkan kapan DPO ini secara resmi dilakukan. Namun yang pasti, akan dilakukan usai pendanaan privat diterima.

Pada 22 Desember lalu, Komisi Sekuritas dan Bursa AS memberikan izin bagi perusahaan untuk meningkatkan modal melalui direct listing. Hal ini memungkinkan pemegang saham perusahaan untuk menempatkan sahamnya di bursa tanpa menyewa bank investasi untuk menjamin transaksi tersebut sebagai IPO. Langkah ini dipercaya menghemat biaya penjamin emisi, dan perusahaan yang mengikuti proses pencatatan langsung dapat menghindari pembatasan, seperti periode yang mencegah orang menjual saham untuk jangka waktu tertentu.

Roblox menjual sahamnya dalam putaran pendanaan Seri H dengan harga USD45 per saham kepada Altimeter Capital dan Dragoneer Investment Group. Perusahaan mengungkap akan menggunakan hasil penjualannya untuk mengembangkan diri dan membangun 'platform yang memungkinkan miliaran pengguna berbagi pengalaman'.

"Kami senang menyambut Altimeter Dragoneer dan para investor baru. Kami tak sabar untuk bekerja sama dengan mereka dan melanjutkan misi untuk membangun platform pengalaman pengguna yang memungkinkan mereka untuk berbagi pengalaman, mulai dari bermain sampai bekerja dan mempelajari miliaran pengguna," ujar CEO Roblox, David Baszucki, dikutip dari Venture Beat, Kamis, 7 Januari 2021.

Roblox mengatakan mereka telah mengajukan pendaftaran ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS untuk IPO. Tahun lalu, mereka berhasil mengumpulkan USD150 juta dari Andreessen Horowitz. Valuasi Roblox kala itu mencapai USD4 miliar.

Sensor Tower pernah menyebut jika Roblox memiliki 159,6 juta download secara global dari seluruh App Store dan Google Play pada tahun 2020. Angka ini naik 43 persen dari tahun lalu yang hanya 111,4 juta download. Tahun lalu, belanja konsumen di aplikasi Roblox mobile meningkat lebih dari dua kali lipat dari tahun sebelumnya, mencapai pendapatan lebih dari USD1 miliar secara global.

Dalam laporan terbaru Sensor Tower tentang pengeluaran konsumen semasa liburan, ditemukan bahwa Roblox adalah game seluler berpenghasilan tertinggi di AS pada Natal ini, mencapai USD6,6 juta dalam pendapatan kotor, naik 40,4 persen dari tahun lalu.

VIDEO Review Samsung Galaxy A12, Plus Minus Sebelum Dibeli:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Bagus Setya 15 January 2021 | 05:11:44

wah selamat ya roblox!

FF DRAGON 11 January 2021 | 06:16:59

perkenalkan nama saya zidan rafi pratama dari kelas xi nautika mau ngumpulkan tugas saya buk

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article