home ×
Startup

Ramadan dan Pandemi, Gamers Makin Getol Main Game

18 May 2021 By
Ramadan dan Pandemi, Gamers Makin Getol Main Game
Share
Share
Share
Share

Photo by Tarn Nguyen on Unsplash

Uzone.id - Tahun ini, umat muslim masih harus melaksanakan ibadah Ramadan di tengah suasana pandemi Covid-19. Ini membuat mereka harus berada di rumah saja menghabiskan waktu sampai berbuka tiba. Fenomena ini sedikit banyak memberikan peluang kepada industri game untuk meningkatkan sesi bermain para gamers.

Ini merupakan pasar yang cukup besar bagi industri game di dunia, termasuk Indonesia. Tidak heran jika pengembang game pun mulai memiliki platform yang beragam untuk memberikan kenyamanan yang lebih kepada para gamers. GameQoo memberikan layanan bermain game secara streaming dengan teknologi cloud gaming untuk menghabiskan waktu di rumah saja, khususnya pada Ramadan kemarin.

Terbukti pada platform game GameQoo yang mencatat adanya kenaikan yang cukup besar, baik dari sisi sesi game maupun jumlah pemain. Mereka membuat program GameQoo Weekly Challenge selama Ramadan, yang masih berlangsung hingga saat ini.

Baca juga: 10 Game yang Bisa Dimainkan Bersama Keluarga

Marketing Eksekutif GameQoo, Melati Dwi Murniati menyebut jika game di platformnya makin menunjukkan peningkatan yang cukup besar, khususnya saat Weekly Challenge Ramadan kemarin. Peningkatannya mencapai 200 persen dari sisi jumlah sesi per bulan. Ini mengindikasikan jika game semakin menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu Ngabuburit.

"Peningkatan jumlah sesi bermain game di GameQoo Ramadan kemarin menjadi 22 ribu sesi per bulan. Total gamer yang mengikuti challenge ini sekitar 150 users per game," ujar Melati kepada Uzone.id, Selasa, 18 Mei 2021.

Dijelaskannya, GameQoo Weekly Challenge (GWC) adalah challenge main game di GameQoo berhadiah saldo LinkAja, GamersQoo tinggal main game yang sudah ditentukan di GameQoo pada periode challenge. GamersQoo yang terdata di sistem bermain game tersebut akan diundi buat dapetin hadiah saldo LinkAja total Rp4 juta.

Baca juga: Trend Cloud Gaming di Indonesia

"Sedangkan untuk program Ramadan ini, prosesnya berbeda dengan biasanya. Ada hadiah pemenang 1, 2, dan 3 untuk player paling sering main game yang ditentukan dan tetap ada undian untuk 5 orang pemenang yang beruntung," katanya.

Kalau kamu ngaku gamers jagoan, mungkin kamu bisa ikut kompetisi game satu ini. Untuk challenge di batch 13 akan berlangsung sampai 22 Mei 2021. Gamers bisa memainkan game Project Cars melalui GameQoo di PC atau Indihome TV. 

Dalam data Global Market Games Reports 2020 yang diinisiatif Newzoo, perusahaan riset pasar dan konsultan bisnis game dan e-Sports (olahraga elektronik) mencatat bahwa penghasilan industri game di Indonesia pada 2019 mencapai USD1,1 miliar dan menjadi pasar bisnis paling besar di Asia Tenggara.

Secara global, laporan The Accenture menunjukkan industri game dunia dikabarkan telah menembus angka USD300 miliar atau setara dengan Rp4.338 triliun. Hal ini dipicu oleh munculnya pandemi Covid-19 yang memaksa semua orang untuk berada di rumah saja. Bahkan jumlah gamers di seluruh dunia dikabarkan mencapai angka 2,7 miliar pemain.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article