home ×
Digilife

Ramadan, Facebook Punya Fitur Gaming Tournament untuk Gamers

22 April 2020 By
Ramadan, Facebook Punya Fitur Gaming Tournament untuk Gamers
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Facebook mencoba untuk memanjakan para penggunanya yang gemar bermain game. Namun setelah wabah Covid-19 melanda, Facebook gaming memiliki fitur baru berupa Tournament.

Fitur ini sejatinya sudah diluncurkan sejak awal April lalu. Namun menjelang Ramadan, pihak Facebook menganggap jika fitur ini bisa diandalkan untuk membuat para gamer tetap terhubung, apalagi wabah Covid-19 membuat semua orang harus tetap berada di rumah.

"Facebook ingin agar para pecinta game dan game creators dapat tetap saling terhubung selama menjalani ibadah di bulan Ramadan di rumah. Mereka bisa memanfaatkan fitur Tournament yang memungkinkan mereka mengundang komunitas gamers untuk bertanding," ujar Country Director Facebook Company untuk Indonesia, Pieter Lydian, dalam live conference, Selasa, 21 April 2020.

Tournament memungkinkan pengguna untuk membuat dan menjalankan sebuah kompetisi game virtual dalam berbagai format. Mulai dari double elimination sampai sistem setengah kompetisi. Intinya adalah format event game secara Live. Bisa melibatkan pemain amatir sampai pro player.

Pembuat event bisa juga membuat event untuk para penggemar, yakni menyiarkan turnamen secara langsung agar bisa dilihat para penggemar game. Di dalamnya juga disediakan alat untuk berdonasi sehingga kompetisi bisa berlangsung sekaligus mengajak para penonton berdonasi.

Yang menarik, selama Ramadan ini, saat permainan berlangsung, para gamers juga dapat menikmati Ramadan overlay, virtual gifts dan notifikasi bertemakan Ramadan.

"Di tengah situasi COVID-19 ini, para gaming creators juga memiliki inisiatif untuk membantu para tenaga medis yang tengah berjuang merawat para pasien. Selama melakukan streaming, para creators mengajak para penggemarnya untuk melakukan donasi melalui Kitabisa.com untuk kemudian disalurkan kepada para tenaga medis. Donasi akan dibuka hingga 30 April mendatang," ujar Peter.

Fitur Tournament inilah yang digadang akan menandingi popularitas Twitch dan platform streaming game lainnya. Pasalnya, mereka tak memiliki apa yang saat ini sudah dimiliki oleh Facebook Gaming.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id