icon-category Startup

Ramai Soal Bubble Burst, Startup Game Lokal Kena Juga Gak?

  • 14 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Onur Binay/Unsplash

    Uzone.id - Startup lokal di Indonesia sedang ketar-ketir karena adanya fenomena bubble burst. Beberapa startup melakukan PHK massal terhadap karyawannya, ada pula perusahaan rintisan yang pamit dari industri ketika fenomena ini melanda.

    Membahas soal bubble burst, apakah startup game lokal juga berpotensi terkena fenomena ini? Dalam acara Uzone Talks, Kamis, 9 Juni 2022 lalu, Restya Winda Astari selaku Head of Agate Academy mengatakan kalau startup game di Indonesia belum akan terpengaruh.

    Hal ini disebabkan karena startup game lokal dari awal sudah berada di luar 'bubble', di mana investasi yang diterima masih terbilang kecil.

    Baca juga: 3 Batu Penghalang yang Bikin Startup Game Lokal Susah Berkembang

    Muhammad Rizal Prihandoko dari Indigo Incubation Operations juga menambahkan bubble burst tidak akan menjadi isu bagi startup game lokal karena dana investasi yang diberikan oleh publisher kepada developer jelas pembagiannya.

    “Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada publisher dan juga developer, ketika developer ingin membuat game, memang harus ada dana. Sebenarnya, dana ini tak harus besar sampai tahap yang belum ready namun bisa dimainkan,” ungkap Rizal.

    “Setelah itu, mereka akan langsung berpartner dengan publisher yang juga memberikan funding. Namun, disini jelas kerjasama mulai pembagian profit dan proyeksinya berapa,” tambahnya.

    Dengan jelasnya pembagian profit dan investasi ini, Reza percaya kalau fenomena PHK massal tersebut takkan menjadi hal yang mempengaruhi startup game lokal.

    Baca juga: Mengenal Indigo Game, Program Inkubasi untuk Startup Game Lokal

    Restya juga menambahkan kalau investor di industri game cukup ketat untuk memilih startup yang ingin mereka danai, mereka hanya akan memilih game yang potensial saja.

    Berbicara soal startup game lokal, Indigo Games Startup Incubation menjadi sebuah wadah inkubasi bagi para startup dan developer game untuk mengembangkan game lokal dan ‘menjodohkan’ mereka dengan publisher agar bisa dipublikasikan.

    Hingga saat ini, Indigo Games Startup Incubation ini telah memasuki batch ke 5 dan telah melahirkan banyak game-game lokal seperti Nikahan Mantan dari GINVO Studio, Gun Hero dari Freemergency, Menggapai Matahari dari Eternal Dream, Cursed Mansion dari Dragon Emperors, dan lainnya.

    VIDEO Uzone Talks Edisi 9 Juni 2022:

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini