Auto

‘Ramalan’ Baru Kehadiran Mobil Listrik Apple, Harus Sabar Sampai 2028

  • 28 December 2020
  • Bagikan :

    Ilustrasi foto: dok. AppleInsider

    Uzone.id -- Sebagai perusahaan teknologi, Apple senantiasa mengembangkan produknya yang tak cuma terdiri dari ponsel pintar dan laptop saja, tetapi juga sampai ke smart home dan perangkat pintar lain. Belakangan sempat terdengar soal rumor kehadiran mobil pintar Apple, dan tampaknya para fanboy harus lebih bersabar menantikannya.

    Pada pertengahan Desember kemarin, sempat muncul spekulasi kalau mobil listrik Apple kira-kira siap hadir di pasaran pada tahun 2024. Kemudian muncul ‘ramalan’ lainnya yang datang dari analis Ming-chi Kuo yang terkenal kerap tepat sasaran dalam membocorkan isu seputar Apple.

    Apple Car, begitu sebutan proyek mobil listrik pintar Apple, diprediksi Kuo masih akan membutuhkan waktu lama untuk pengembangan sampai akhirnya dirilis ke publik.

    Baca juga: Catat Nih, Biaya Perbaikan iPhone 12 Semahal Ini

    Dari ‘ramalannya’, Kuo memprediksi Apple Car baru akan siap meluncur ke pasar antara 2025 sampai 2028. Menurutnya, ada dua faktor yang membuat mobil listrik Apple masih membutuhkan waktu agak lama untuk benar-benar terwujud.

    Mengutip Slashgear, faktor pertama menurut Kuo adalah mitra pemasok pengembangan mobil dan spesifikasi Apple Car yang masih belum jelas. Faktor kedua, Apple jarang meluncurkan sesuatu yang besar, terutama produk semahal mobil, tanpa adanya keunggulan pasar kompetitif.

    Dari analisis Kuo, Apple akan mengandalkan software daripada hardware, terutama teknologi AI (Artificial Intelligence) dan big data. Dengan kata lain, Apple pastinya masih memiliki jalan panjang dalam mengembangkan elemen-elemen ini dan bahkan tahun 2021 saja menurut Kuo, masih terlalu dini untuk mulai membahas soal peluncuran Apple Car.

    Baca juga: Mobil Listrik Apple Hadir Tahun 2024?

    Banyak analis yang memprediksi tahun 2025 akan menjadi tahun yang tepat, tapi Kuo merasa tahun 2028 kemungkinan menjadi waktu yang lebih masuk akal bagi kehadiran mobil listrik Apple.

    Rumor yang beredar belakangan ini mempercayai kalau mobil listrik Apple akan dibekali beberapa sensor canggih, termasuk LiDAR, serta teknologi apik lain yang dilengkapi oleh sistem AI.

    VIDEO: Review iPhone 12 Pro Max Setelah 1 Bulan Pakai