icon-category Telco

Rangkul Telkomsel, Armada Kereta Api Kecipratan Internet of Things

  • 28 Sep 2019 WIB
Bagikan :

(dok. Telkomsel)

Uzone.id -- Perusahaan telekomunikasi Telkomsel semakin menggenjot layanan solusi berbasis Internet of Things (IoT). Kali ini, giliran armada kereta api yang kebagian.

Telkomsel bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) untuk menerapkan transformasi operasional armada kereta. Kedua perusahaan telah menandatangani MoU pada Sabtu (28/9) di Bandung, Jawa Barat.

Dijelaskan SVP Enterprise Account Manager Telkomsel Dharma Simorangkir, kerja sama ini akan memberdayakan solusi Industrial Internet of Things dengan layanan Intelligent Tank Monitoring System (INTANK).

Baca juga: Seperti Apa Kecanggihan IoT?

Solusi dan layanan tersebut akan dikembangkan dan dikustomisasi oleh PT KAI dan Telkomsel sendiri menjadi solusi baru bernama GRAMS, alias Genset Reliability and Availability Monitoring System.

Namanya juga IoT, solusi itu dapat berfungsi untuk memantau performa dan kondisi genset di kereta pembangkit secara real-time

Dari keterangan resmi yang diterima Uzone.id, fungsi real-time yang memang menjadi khas IoT ini dapat mencegah masalah yang kemungkinan bisa terjadi, serta memprediksi jadwal pemeliharaan (maintenance) yang akan dijalankan.

Deretan faktor yang dapat dipantau GRAMS adalah efisiensi kelistrikan seperti data, voltase, arus listrik, lalu kondisi mesin yang meliputi suhu, tekanan oli, rpm, serta status, masa operasi mesin, kondisi baterai, dan lokasi.

Baca juga: Telkomsel Terus Sebar Internet ke Wilayah Pelosok Kalimantan

Sementara lebih rinci, INTANK akan menjadi solusi dalam menyajikan informasi dari perangkat pengendali otomatis programmable logic controller (PLC) pada kereta pembangkit KAI secara online dan real-time

Hadirnya GRAMS ini dianggap sebagai langkah efisiensi agar semakin mempercepat revitalisasi sektor transportasi Indonesia, dalam hal ini kereta api, serta tentu saja Revolusi Industri 4.0. 

Baca juga: Kunci Internet of Things di Tangan Milenial?

Pada intinya pun, penggunaan teknologi IoT diharapkan bisa meningkatkan efisiensi dan keamanan operasional PT KAI agar pelayanan kereta api di Indonesia semakin membaik.

“Dengan memanfaatkan teknologi IoT yang bisa memantau kondisi dan kesehatan genset selama beroperasi secara online dan real-time, maka lebih terjamin terselenggaranya Pelayanan yang Prima bagi seluruh pengguna jasa kereta api. Telkomsel menjawab kebutuhan kami dengan menghadirkan layanan dan solusi digital yang komprehensif dan berkelanjutan,” ucap Corporate Deputy Director of Rollingstock PT KAI, Danny Haryanto.  

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini