home ×
Technology

Awas, Ransomware Baru Ini Minta Foto Telanjang Korban Sebagai Tebusan

22 September 2017 By
Awas, Ransomware Baru Ini Minta Foto Telanjang Korban Sebagai Tebusan
Share
Share
Share
Share

Biasanya ransomware akan menyerang sebuah komputer dengan melakukan enkripsi pada data korban. Jika sudah berhasil terkunci, pelaku akan meminta uang digital atau Bitcoin sebagai tebusan.

Namun sebuah ransomware yang baru ditemukan, malah meminta foto telanjang korban sebagai syarat komputer dapat diakses kembali.

Periset di MalwareHunterTeam, sebuah kelompok riset yang berfokus pada ransomware, menemukan ransoware terbaru yang disebut "nRansomware" itu.

Para periset berhasil mendapatkan screenshoot salah satu korban. Dalam gambar tersebut, pelaku meminta korban untuk membuat akun di situs Proton dan mengirimkan email kepada alamat tertentu.

"Setelah kami balas, kamu harus mengirimkan setidaknya 10 foto telanjang dirimu. Setelah itu, kami akan melakukan verivifasi terlebih dahulu," bunyi pesan pelaku.

Pelaku berjanji akan memberikan kode untuk membuka komputer jika sudah yakin bahwa foto yang dikirim adalah benar milik sang korban.

Menurut tim dari MalwareHunterTeam, malware itu bernetuk file bernama nRansom.exe. FIle itu sudah diklasifikasikan sebagai malicious oleh beberapa program antivirus, termasuk VirusTotal dan Hybrid Analysis.

Selain mengunci komputer korban, malware juga akan memainkan sebuah lagu secara terus menerus dari sebuah file bernama your-mom-gay.mp3.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id