Rasanya Offroad Pakai Mobil Listrik Chery J6, Emang Bisa?
Uzone.id - Chery mencoba meraih segmentasi baru di era mobil listrik, dengan menawarkan mobil listrik yang punya kemampuan offroad. Emang beneran bisa offroad pakai mobil listrik?
Adalah Chery J6, atau yang dulu saat diperkenalkan namanya masih Chery iCar 03. Kami diberikan kesempatan untuk mencoba langsung SUV listrik boksi tersebut di lintasan offroad JSI Resort, Puncak, Jawa Barat.Disana, ada lintasan offroad buatan yang rutenya lumayan menantang. Setidaknya bisa memberikan gambaran kemampuan dari mobil listrik ini.
J6 sendiri, akan menjadi SUV Offroad bertenaga listrik pertama di Indonesia. Mobil ini juga memiliki desain yang unik, karena menonjolkan kesan boxy namun tetap terlihat futuristik.
Sejumlah faktor yang bikin J6 bisa diajak offroad
Chery mengatakan, Chery J6 ini sebagian besar bodinya terbuat dari bahan aluminium. Material ini diklaim mampu mengurangi bobot maksimal kendaraan hingga 30% lebih ringan daripada bahan lain.
Mobil ini memiliki panjang tubuh 4,4 meter, lebarnya 1,9 meter dengan tinggi 1,7 meter.
Di dalam kabin, penumpang disuguhkan layar besar berukuran 15,6 inci yang menjadi pusat pengendali beberapa fitur di kendaraan ini.
Pada monitor ini pula tersedia fitur 4 Surround View Camera dengan teknologi 540 degree Transparent Chassis. Jadi tampilan kamera yang dihasilkan bukan hanya untuk membantu penglihatan dari sisi kiri dan kanan mobil, dan juga depan atau bagian belakang, namun ke are kolong kendaraan.
Tujuannya adalah mendapatkan visualisasi yang lebih nyata ketika kalian harus melalui medan dengan belokan tajam, menanjak di medan yang berbatu, untuk melihat mana kondisi trek yang aman, atau menghindari kendaraan melintasi lubang jalan yang ukurannya cukup besar.
Khusus untuk tipe IWD memiliki 8+X All-Road Driving Mode, yang terdiri dari Energy Saving Mode, Comfort Mode, Sport Mode, Loose Road, Slippery Road, Uneven Road, Muddy Road, All Traffic Road, dan satu tambahan Customized Mode yang bisa kalian atur secara individual sesuai gaya berkendara yang disukai.
Kemampuan offroad yang dimilikinya antara lain memiliki Approach Angle 28 derajat, Departure Angle 32 derajat, serta sanggup melintasi jalan dengan kemiringan maksimum sekitar 26 derajat.
Yang menarik dari Chery J6 ini adalah sudah memiliki kemampuan baterai yang lulus sertifikasi uji IP67, IPX8, dan IPX9K.
Dengan demikian pihak pabrikan menjamin baterai sanggup bertahan meski kendaraan melewati genangan air, banjir, sampai kubangan lumpur sekalipun hingga ketinggian maksimal 600 mm.
"Kemudian baterai ini juga sudah memiliki proteksi terhadap semprotan air bertekanan tinggi dari segala arah, sampai dengan volume air 75 liter per menit bertekanan 1000 kPa," jelas Yusuf, Product Team PT Chery Sales Indonesia.
Jadi artinya, kata dia, kalau mobil ini sehabis digunakan offroad dan dicuci bersih pakai sistem cuci steam mobil, maka baterainya tetap aman.
Chery J6 Indonesia nantinya akan hadir dalam dua varian yang dibedakan dari kapasitas baterai dan sistem motor penggerak. Varian pertama menggunakan sistem penggerak roda belakang (RWD) yang dibekali baterai berkapasitas 65.69 kWh dengan daya jelajah 426 kilometer (km) sekali isi daya listrik.
Tipe kedua menggunakan sistem penggerak four wheel drive yang oleh Chery dinamakan iWD (Intelligent-four Wheel Drive). Varian ini dibekali baterai berkapasitas 69.77 kWh dengan daya jelajah 418 km.
Pada versi ini, Chery membekali dua motor listrik di masing-masing roda depan dan belakang, yang diharapkan distribusi torsi dan traksinya bisa lebih cepat dan mulus.
Impresi berkendara yang fun to drive
Dimensi kompaknya sangat membantu sekali saat mobil ini harus bermanuver di lintasan offroad. Setirnya terasa ringan, ini juga cukup baik di lintasan offroad, meski memang minim feedback alias hambar.
Sektor kaki-kaki juga sangat mendukung pergerakan mobil ini dalam melibas medan offroad. Bantingannya empuk dan punya travel suspensi yang lumayan untuk meladeni permukaan tidak rata sampai permukaan beda tinggi.
Unit yang kami gunakan bahkan hanya menggunakan ban standar, namun distribusi traksinya cukup smooth dan pintar, yang membuat mobil tidak liar di kondisi jalan yang berbeda-beda.
Jadi, meskipun hanya di lintasan buatan, namun terbukti kalau Chery J6, terutama yang versi iWD (penggerak semua roda) bisa meladeni berbagai kondisi jalan, bahkan offroad sekalipun.