home ×
Technology

Ratusan Ribu Database Pasien Covid-19 di Indonesia Dikuasai Hacker?

20 June 2020 By
Ratusan Ribu Database Pasien Covid-19 di Indonesia Dikuasai Hacker?
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Unsplash / David Rangel)

Uzone.id - Di tengah pandemi Covid-19 ada kabar tak menyenangkan. Ratusan ribu database pasien Covid-19 di Indonesia diduga telah dikuasai oleh hacker.

Hacker yang memiliki akun Database Shopping mengaku telah menguasai 231.636 data pribadi yang berasal dari database pasien Covid-19.

Ratusan ribu data pribadi itu lalu dijual di surface web (situs terbuka) Raidforums.com, seperti dilaporkan Kompas.id yang dilansir Kompas.com.

Data yang didapat oleh hacker berupa nama, nomor telepon, alamat, hasil tes PCR, dan lokasi tempat pasien dirawat. Ada juga kolom NIK yang tidak diisi.

Kemudian, hacker itu juga mengirim e-mail ke Kompas.id dengan melampirkan data berupa sampel terdiri dari tujuh nama WBI dan tiga WNA dengan status pasien dalam pengawasan PDP di Bali.

BACA JUGA: Pernyataan Resmi Bos Tokopedia Soal Pencurian Data Pengguna

Selain Bali, hacker menyebut daerah lainnya, yakni Jakarta dan Bandung. Hacker tersebut menjual database pasien Covid-19 itu dengan harga USD300 atau sekitar Rp4,2 juta (kurs Rp14.200 per USD1).

Sebelumnya, Tokopedia juga menjadi korban peretasan oleh kelompok hacker bernama ShinyHunters. Kabarnya, sebanyak 91 juta data pribadi pengguna Tokopedia telah dijual di dark web dan di RaidForums.com dengan harga sekitar USD5.000 sekitar Rp71 juta.

CEO dan Founder Tokopedia, William Tanuwijaya, mengakui ada pencurian data yang dilakukan pihak ketiga terkait informasi pengguna Tokopedia.

“Selain pemberitahuan yang telah kami informasikan sebelumnya, kami ingin memberikan informasi terbaru terkait langkah-langkah yang telah kami ambil hingga saat ini untuk mengatasi kejadian tersebut,” ujar William disampaikan kepada Uzone.id pada 2 Mei 2020.

William lalu mengatakan, pihaknya terus pastikan bahwa kata sandi telah dienkripsi dengan enkripsi satu arah.

Selain melakukan investigasi internal dengan teliti, kata William, Tokopedia telah menunjuk institusi independen kelas dunia yang memiliki spesialisasi di bidang keamanan siber dalam membantu investigasi dan identifikasi langkah-langkah yang diperlukan guna lebih meningkatkan lagi perlindungan data para pengguna Tokopedia.

 

VIDEO PS5 Layak Upgrade Buat yang Udah Punya PS4?

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Meri 15 July 2020 | 00:50:53

itu beneran? kok bisa? emang diapain?

Cla Ra 20 June 2020 | 13:43:07

lalu apa untungnya membobol data itu dan untuk dipakai buat apa data nya

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article