home ×
Gadget

realme 8 5G Kerja Sama dengan Smartfren, Kapan dengan Telkomsel?

17 June 2021 By
realme 8 5G Kerja Sama dengan Smartfren, Kapan dengan Telkomsel?
Share
Share
Share
Share

realme 8 5G (Foto: realme Indonesia)

Uzone.id – realme Indonesia telah meluncurkan smartphone 5G untuk pasar entry-level, yakni realme 8 5G yang mulai dijual 16 Juni 2021.

Ponsel 5G besutan realme ini bisa dibilang sangat murah. Konsumen cukup merogoh kocek Rp2.999.000 (harga flash sale) untuk memiliki realme 8 5G itu. Sedangkan untuk harga normalnya Rp3.199.000.

Namun, realme 8 5G sementara ini cuma bisa bekerja pada jaringan 5G Smartfren dan tidak tertutup kemungkinan bekerja sama dengan operator lainnya di masa depan.

“Untuk kerjasama dengan operator tidak tertutup kemungkinan untuk semua operator sebenarnya, jadi kita memang kemarin itu secara eksklusif dengan Smartfren pastinya,” tutur Krisva Angnieszca, Public Relation Manager realme Indonesia, di acara peluncuran realme 8 5G pada Rabu (16/6).

BACA JUGA: Daftar Keunggulan realme 8 5G yang Dijual Rp2 Jutaan

Untuk perihal 5G-nya sendiri, kata Krisya, ada dua perbedaan. Untuk Telkomsel sudah berjalan pada pita 2,3 Ghz. Jaringan network itu masih menggunakan 4G.

Sementara, realme saat ini baru bekerja sama dengan Smartfren karena sedang melakukan percobaan secara mendalam bersama operator tersebut.

“Tapi untuk Telkomsel itu sendiri juga kita pastinya punya kesempatan. Kita gak akan cuma ke satu saja karena kita tahu kita kan ingin menjadi smartphone 5G yang paling affordable (terjangkau) untuk semua orang, kan jadi kita tak menutup kemungkinan bekerja sama dengan satu operator. Jadi, untuk saat ini kita progress-nya mulai melakukan testing ke beberapa operator juga,” jelas dia.

Jaringan 5G sendiri belum merata di seluruh Indonesia. Jadi baru hadir di kota-kota besar tertentu saja.

Meski demikian, Palson Yi selaku Marketing Director realme Indonesia mengatakan bahwa jika orang sudah memiliki realme 8 5G meskipun belum bisa menerima sinyal 5G, mereka masih bisa menikmati kecepatan smartphone ini karena realme 8 5G memakai Dimensity 700 5G yang bisa dibilang punya kecepatan yang kencang.

“Sekarang walaupun belum bisa menikmati 5G mereka bisa menikmati kecepatan di faktor lainnya dulu dari si smartphone ini,” kata Palson.

Kalau nantinya 5G sudah merata, pengguna realme 8 5G bisa menikmatinya karena sudah langsung tersedia.

“Kita juga ke depannya akan bekerja sama dengan beberapa operator lainnya agar jaringan 5G bisa dinikmati di realme 8 5G,” imbuh dia.

Namun, realme 8 5G diklaim sudah bisa memanfaatkan layanan 5G Telkomsel tanpa perlu unlock. Pasalnya, kata Krisva, realme 8 5G sudah mendukung 5G di spektrum n40 atau 2,3 Ghz yng dimiliki Telkomsel.

Syarat realme 8 5G bisa tersambung 5G Telkomsel yakni nomor ponsel harus terdaftar sebagai pengguna 5G Telkomsel.

Sebagai informasi, realme 8 5G punya fitur 5G DSDS (dual-SIM, dual standby) yang bisa mendukung 5G SA/NSA di spektrum n1, n3, n5, n7, n8, n20, n28, n38, n40, n77, dan n78.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id