icon-category Gadget

realme GT 2 Pro vs Xiaomi 12 Pro, Mana yang Lebih Dewa?

  • 06 Jan 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: realme GT 2 (Sumber: Newsbyteapp)

    Uzone.id - Awal tahun 2022 diramaikan dengan kehadiran dua smartphone flagship dari Xiaomi dan realme, yaitu Xiaomi 12 Series dan realme GT 2 Series.

    Keduanya disebut-sebut akan menjadi smartphone flagship paling laku di 2022 ini, apalagi keduanya hadir dengan spesifikasi ‘dewa’ yang hampir sama.

    Melihat persaingan yang cukup sengit diantara dua ponsel jagoan ini, mari kita bandingkan spesifikasi yang dihadirkan oleh varian tertinggi mereka, realme GT 2 Pro dan Xiaomi 12 Pro.

    Saat ini, keduanya baru diluncurkan dan dijual di China saja, untuk peluncuran global kemungkinan akan dilaksanakan pada kuartal pertama 2022 ini.

    Desain

    Soal desain, realme GT 2 Pro dan versi vanilla-nya GT 2 mengusung material baru yang ramah lingkungan, mampu mengurangi emisi CO2 dan menghadirkan feel dan sentuhan yang inovatif.

    Dua pilihan warnanya juga terbuat dari polimer berbasis bio khusus yang menyerupai kertas. Tak hanya itu, desainnya juga dirancang oleh desainer terkenal Naoto Fukasawa.

    Baca juga: realme GT 2 dan GT 2 Pro Dijual 7 Januari 2022, Harganya?

    Sedangkan Xiaomi menyematkan perlindungan Corning Glass Gorilla Victus dengan desain khusus pada 12 Pro berbahan kulit imitasi.

    Soal desain, realme GT 2 Pro lebih unggul dan lebih niat dibandingkan Xiaomi 12 Pro. GT 2 Pro juga disebut lebih ringkas dan juga ringan.

    Layar

    Keduanya hadir dengan layar menakjubkan serta spesifikasi yang hampir sama. Keduanya memiliki layar AMOLED dengan teknologi LTPO dan refresh rate adaptive dari 1 hingga 120Hz.

    Layar GT 2 Pro dan Xiaomi 12 Pro memiliki resolusi 1440p dan bisa menghasilkan lebih dari satu miliar warna dengan sertifikasi HDR10+.

    Keduanya juga menyematkan pemindaian fingerprint untuk autentikasi dan mendapatkan voting A+ setelah direview oleh DisplayMate.

    Jadi, untuk layar keduanya imbang karena sama-sama memiliki spesifikasi serupa.

    Speks dan Software

    Xiaomi 12 Pro dan realme GT 2 Pro sama-sama dibekali prosesor Snapdragon 8 Gen 1 yang merupakan chipset terbaik Qualcomm saat ini. 

    Chipset ini merupakan 4 nm octa-core SoC dengan frekuensi maksimal 3 GHz, dan dipasangkan dengan RAM hingga 12GB.

    Kalau soal penyimpanan, realme GT 2 Pro lebih unggul karena hair dengan varian penyimpanan 512GB sedangkan Xiaomi 12 Pro hanya hadir dengan memori  internal 256GB.

    Tapi, ini tak membuat performa keduanya berbeda. realme GT 2 Pro dan Xiaomi 12 Pro sama-sama menggunakan Android 12 dengan interface dari masing-masing perusahaan, realme dengan UI 3.0 dan Xiaomi dengan MIUI 13.

    Kamera

    Di atas kertas, kamera Xiaomi 12 Pro terlihat lebih menarik dibanding realme GT 2 Pro. keduanya hadir dengan mengadopsi kamera utama 50MP dengan OIS dan kamera 50MP ultra-wide.  Tapi, keunggulan Xiaomi 12 Pro ada di kamera telefoto sensor mereka.

    Smartphone flagship Xiaomi ini menjadi satu-satunya yang menyertakan kamera telefoto sebesar 50MP.

    Baca juga: Seri Xiaomi 12 Resmi Dirilis, Termurah Rp7 Jutaan

    realme GT 2 Pro menggantikan kamera telefoto dengan kamera micro 3MP dengan pembesaran hingga 40x. Disisi lain, GT 2 Pro memiliki kamera ultra-wide dengan FOV yang lebih besar, 150 derajat.

    Baterai

    Kalau soal baterai, realme GT 2 Pro bisa dibilang pemenangnya karena memiliki kapasitas yang lebih besar, yaitu 5000mAh. Sementara Xiaomi 12 Pro hanya memiliki kapasitas 4600mAh.

    realme GT 2 Pro menghadirkan masa hidup baterai yang lebih lama, sedangkan Xiaomi 12 Pro menawarkan pengisian yang lebih cepat berkat fast charging 120W.

    Harga

    Nah, yang paling ditunggu adalah harga. Realme GT 2 Pro di China dibanderol dengan harga USD520 sedangkan untuk Xiaomi 12 Pro dibanderol dengan harga yang lebih mahal, yaitu USD735.

    Kesimpulan

    Melihat dari perbandingan spesifikasi antara realme GT 2 Pro dan Xiaomi 12 Pro, keduanya memiliki keunggulan masing-masing.

    Xiaomi 12 Pro menjadi perangkat dengan speks gahar berkat kamera telefoto yang ditawarkan, kapabilitas pengisian cepat yang lebih besar, dan pengisian wireless.

    Sedangkan realme GT 2 Pro menawarkan baterai lebih besar dengan harga yang lebih murah.

    Belum tahu apakah keduanya akan segera masuk ke pasar Indonesia atau tidak, tapi baru-baru ini Xiaomi 12 dan 12 Pro sudah mengantongi sertifikat TKDN Kemenperin.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini