home ×
Gadget

Redmi 9, Redmi 9A dan Redmi 9C, Mending Beli yang Mana?

10 September 2020 By
Redmi 9, Redmi 9A dan Redmi 9C, Mending Beli yang Mana?
Share
Share
Share
Share

Uzone.id -- Dalam waktu tiga bulan sejak Juli lalu, Xiaomi getol meluncurkan ponsel pintar yang berada di rentang harga Rp1 jutaan. Mereka adalah Redmi 9, Redmi 9A, dan Redmi 9C. Sekilas tampak serupa dari penamaan, namun jelas ketiganya tak sama.

Secara berurutan, Xiaomi meluncurkan Redmi 9 pada Juli lalu, kemudian disusul Redmi 9A pada Agustus kemarin, dan Redmi 9C sebagai anggota baru yang dirilis belum lama ini.

Bagi calon konsumen yang mungkin ingin mengganti ponsel dan sedang mempertimbangkan ketiga perangkat ini, tak perlu bingung kelamaan, karena jika ditelaah, ketiganya punya perbedaan yang dapat membantu menentukan kira-kira yang mana yang layak dibeli.

Pertama, bahas dari Redmi 9 dulu.

Ponsel ini mengusung layar 6,53 inci resolusi Full HD+, prosesornya Mediatek Helio G80. Didukung baterai 5.020 mAh, RAM 3GB atau 4GB, bermain game di Redmi 9 tidak akan mengalami kendala berarti, sebab grafis yang dihasilkan bisa sampai kualitas HD dan frame rate High.

(Redmi 9. Foto: Uzone.id/Ranny Virginia)

Ponsel ini memiliki 4 kamera di bagian belakang, masing-masing resolusinya 13MP, 8MP (ultra-wide), 5MP (macro), dan 2MP (depth-sensor). Bagi konsumen yang masih mempertimbangkan aspek kamera dengan kemampuan dasar sebuah ponsel pintar, Redmi 9 sejatinya bisa menyuguhkan itu semua, asalkan cahaya yang didapatkan cukup.

Baca juga: Review Redmi 9, Pol Buat Gaming

Memori internalnya ada 32GB atau 64GB, gak terlalu luas tapi mungkin bisa dipilih yang 64GB jika belum mau membeli microSD agar tetap cukup untuk menampung konten berupa foto, video, dan ragam gaming.

Warna Redmi 9 terbilang agak membosankan, namun material bodinya bukan kaca, jadi tidak akan gampang kotor. Redmi 9 dibanderol mulai Rp1,7949 juta (3GB/32GB) dan Rp1,949 juta (4GB/64GB).

Harga termahalnya nyaris Rp2 juta, jadi ponsel ini cocok untuk pemburu ponsel sejutaan namun punya bujet agak lebih untuk mendapatkan fitur kamera lebih banyak.

Jika membandingkan dengan Redmi 9A, ponsel ini jauh lebih murah. Namun, dari harga di bawah Redmi 9, tentu ada beberapa spesifikasi yang ‘hilang’, salah satunya di bagian kamera.

(Redmi 9A)

Redmi 9A memiliki ukuran layar yang sama, yaitu 6,53 inci dengan resolusi HD+ dan prosesor Mediatek Helio G25 yang juga diklaim dapat memberikan performa sama kencangnya jika dipakai gaming karena disandingkan dengan baterai 5.000 mAh. Pilihan RAM tidak setinggi Redmi 9 -- Redmi 9A hanya terdiri dari 2GB dan 3GB dengan memori internal 32GB saja.

Jika konsumen ingin turut merasakan pengalaman berfoto dengan ragam fitur, Redmi 9A lemah di aspek ini. Tak seperti Redmi 9, Redmi 9A hanya punya kamera satu di bagian dan depan, secara berurutan resolusinya 13MP dan 5MP.

Harganya memang lebih murah, Rp1,249 juta (2GB/32GB) dan Rp1,349 juta (3GB/32GB). Ponsel ini terlihat ditujukan untuk orang yang lebih memperhatikan kemampuan baterai, prosesor cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi, dan layar luas untuk aktivitas sehari-hari dengan harga terjangkau.

Baca juga: Redmi 9A vs. Vivo Y91C, Harga Beda Dikit, Spesifikasi Beda Jauh

Namun, jika Redmi 9A dirasa belum cukup maksimal, Xiaomi cukup cerdas dengan menghadirkan Redmi 9C di Indonesia sebagai opsi lain.

Redmi 9C juga mengusung layar 6,53 inci IPS LCD HD+ dan dipersenjatai Mediatek Helio G53 yang disandingkan dengan RAM 3GB dan 4GB untuk memuluskan pengalaman gaming dan multitasking harian.

(Redmi 9C)

Baterainya juga masih jumbo, 5.000 mAh, tetap menjadi pilihan pas bagi konsumen yang malas menghabiskan waktu untuk mengisi ulang daya baterai, serta menjadi pendukung kuat untuk kegiatan gaming dan streaming konten.

Dari sisi fotografi, Redmi 9C lebih unggul ketimbang Redmi 9A, karena dia dibekali 3 kamera di bagian belakang, masing-masing resolusinya 13MP, 2MP (makro), dan 2MP (depth-sensor). Tak lupa kamera depan dengan sensor 5MP.

Harga Redmi 9C di Indonesia Rp1,399 juta (3GB/32GB) dan Rp1,599 juta (4GB/64GB) dengan varian warna segar, Twilight Blue, Sunrise Orange, dan Midnight Gray.

Bagi konsumen yang ingin merasakan pengalaman performa kencang di rentang Rp1 jutaan, lengkap dengan fitur kamera yang tidak terlalu membosankan seperti Redmi 9A, dan desain berbeda di bagian belakang karena kameranya berbentuk persegi, Redmi 9C layak dipertimbangkan karena harga yang tergolong berada di tengah-tengah -- gak ‘murahan’, tapi masih di bawah Redmi 9.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article