Digilife

Rekomendasi Game Edukasi untuk Anak SD

  • 29 December 2021
  • Bagikan :
    Rekomendasi Game Edukasi untuk Anak SD Ilustrasi (Dok: Unsplash)

    Uzone.id - Sebagai orang tua, tentu pola asuh dan pendidikan adalah tugas utama yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan seorang anak. Belajar dan bermain memang harus diseimbangkan, tentu saja bermain game bukan sesuatu yang salah asal tepat usianya.

    Game edukasi anak SD dibutuhkan untuk anak pada masa periode perkembangan anak-anak akhir, yaitu sekitar 6 - 13 tahun.

    Ada kalanya, pada masa ini anak merasa bosan dengan pengajaran yang diberikan, itu sebabnya anda perlu mengetahui animasi game edukasi anak sd yang sangat recommended untuk diberikan kepada sang buah hati.

    Kids Play Visual Games

    Game ini mengajarkan ketajaman visual pada anak. Ada banyak permainan yang bisa dimainkan di game ini, diantaranya: bermain puzzle, mengidentifikasi bentuk, mengidentifikasi warna, dan lain sebagainya.

    Game yang sudah diunduh 500 juta pengguna ini, memiliki desain grafis  yang terlihat sangat lucu dan menarik. Pastinya hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri untuk anak-anak agar mau memainkan game ini, dan melatih ketajaman visual. Kids Play Visual Games cocok sebagai games edukasi anak SD kelas 1.

    Permainan: Hewan

    Seperti namanya, game Anak Permainan: Hewan ini merupakan sebuah game dengan beberapa karakter hewan didalamnya. Game ini mengedukasi karena bisa melatih memori dan daya ingat anak.

    Pada game ini, tersebar berbagai kartu tertutup yang berisikan jenis hewan. Sang anak hanya perlu membuka dua kartu dengan jenis hewan yang sama.

    Cara membuka kartunya pun hanya tinggal di touch saja. Jika kartu kedua yang anak klik merupakan jenis hewan yang berbeda, maka kartu pertama yang terbuka akan kembali menutup.

    Baca juga: Game Metaverse yang Bisa Dimainkan Saat Ini

    Ada tiga level pada permainan ini, yaitu: easy, normal, hard. Hal tersebut yang menentukan kuantitas kartu yang di tampilkan. Semakin sulit level permainan, maka akan semakin banyak kartu yang disuguhkan.

    Kenapa game ini dikatakan melatih memori? Karena, game ini mengharuskan anak untuk berkonsentrasi serta mengingat-ingat hewan pada kartu yang telah anak pilih, dan berusaha untuk mencocokkannya.

    Semakin banyak kartu yang ditampilkan, akan membuat pembiasaan ketajaman memori dan daya ingat anak meningkat. Game ini direkomendasikan sebagai Game edukasi anak sd kelas 2.

    Champion: Belajar Matematika Sambil Bermain

    Game terbitan TwoPi Studio ini telah di unduh oleh 1.000 pengguna. Game ini dirancang khusus untuk meningkatkan kembali gairah belajar matematika yang dianggap membosankan oleh anak. Karenanya, game ini sangat cocok menjadi game edukasi anak sd kelas 3, mengingat matematika kelas 3 SD mulai terasa kompleks.

    Pada game Math Champion. Terdapat sebuah misi, yaitu mengalahkan monster jahat yang akan menghancurkan sekolah. Anak harus menghancurkan monster tersebut dengan cara mengerjakan soal matematika yang diajukan oleh sang monster.

    Jika soal tersebut dijawab dengan benar, maka kekuatan monster tersebut akan berkurang, dan semakin lama maka monster tersebut akan mati, lalu anak dapat menyelamatkan sekolahnya.

    Game ini didesain dengan grafis yang menarik, anda akan melihat bahwa pada tampilannya memang seperti seorang siswa yang sedang berduel dengan monster.

    Hal tersebut membuat anak bergairah  untuk belajar matematika karena disajikan dengan berupa tantangan seru.

    Safety For Kid

    Game edukasi yang sangat recommended untuk dimainkan oleh anak selanjutnya adalah Safety For Kid. Bagaimana tidak, pada game ini anak akan dihadapkan pada beberapa situasi yang sangat darurat dan menegangkan.

    Lalu untuk menyelesaikan misinya, anak harus memiliki respon atau reaksi terhadap situasi darurat dan menegangkan tersebut. Game ini sangat mengedukasi karena, mengajarkan reaksi yang benar terhadap berbagai suatu kondisi yang mungkin saja akan dialami di kehidupan sehari-hari.

    Hal tersebut juga, akan meminimalisir anak agar tidak salah dalam mengekspresikan emosinya ketika memiliki sebuah masalah. Ini sangat cocok menjadi game edukasi anak sd kelas 4, yang mulai mengerti situasi berbagai masalah.

    Panda Town

    Game edukasi yang selanjutnya adalah DR. Panda Town. Game ini berhasil mengajak anak untuk menuntaskan rasa ingin tahunya terhadap dunia. Anak-anak sekolah dasar adalah masa-masanya memiliki imajinasi. Terkadang mereka sering ditanya ingin menjadi apa ketika sudah besar.

    Baca juga: Tips dari Bigetron Red Aliens, Main Game PUBG untuk Pemula

    Pertanyaan terkait cita-cita tersebut cukup mampu mendatangkan rasa ingin tahu yang besar akan apa saja profesi yang ada. Dengan mengunduh aplikasi DR. Panda Town ini di handphone pintar anda, anda tidak perlu lagi repot-repot untuk mengajak anak pergi ke tempat simulasi profesi anak.

    Karena di game ini, banyak ditampilkan berbagai jenis pekerjaan apapun. Seperti keadaan dokter di rumah sakit, bagaimana kegiatan di salon, bagaimana pekerjaan di kebun, suasana nelayan di laut dan masih banyak lagi. Game ini cocok  menjadi game edukasi anak sd kelas 5 yang sedang memupuk impian dan cita-citanya.

    123 Number

    Untuk Anda yang ingin  download game edukasi anak SD, Anda harus mengetahui 133 Number. Game edukasi ini dirancang untuk anak-anak sekolah dasar terutama kelas satu dan dua SD. Tidak jauh seperti namanya, game ini memang menyajikan model pembelajaran matematika yang sangat menarik.

    Disini, anak akan mulai belajar menghitung atau mencocokan angka. Untuk anda yang merasa kesulitan dalam mengajak anak fase kelas satu SD untuk mau belajar menghitung. Anda bisa mengunduh aplikasi ini di handphone pintar anda.

    Desain grafis yang menarik tentu akan mengundang anak untuk mau memainkan hal tersebut. Itu menjadi pembiasaan agar anak terbiasa bermain dengan angka. Lalu stigma matematika sulit dan membosankan perlahan-lahan akan menghilang.

    Owl Fun Kids

    Game Owl Fund Kids sangat recommended untuk anda unduh sebagai salah satu aplikasi yang wajib anda punya di handphone pintar anda sebagai media edukasi anak SD. Pada  game anak SD ini terdapat banyak fitur yang mampu mengasah kemampuan anak.

    Dimulai musically, yang dapat melatih anak tentang kemampuan bermusik. Puzzle, yang akan melatih intelegensi anak. Counting, game yang akan melatih kemampuan matematika. Serta Color, yang akan melatih anak agar mampu mengkoordinasikan warna.

    Game ini bisa menjadi media interaktif untuk anak SD yang mulai merasa jenuh dengan pembelajaran di sekolah. Anak bisa kembali merasa nikmatnya belajar sambil bermain.

    Game ini selain mengedukasi, tentunya akan membuat kemampuan anak dalam segi pertumbuhan dan meningkatkan terutama dalam segi kognisi.

    Disney Character World

    Berbeda dengan game yang lainnya. Game Disney Character Word ini lebih berfokus pada kemampuan mewarnai anak. Di sini, anak akan berkreasi dengan warna.

    Ada banyak fitur yang bisa digunakan oleh anak pada saat mewarnai. Hal tersebut akan membuat pembiasaan dan melatih ketajaman imajinasi anak akan sebuah karya seninya. Selain itu, Disney Character World adalah  game edukasi anak SD offline.

    Soal Ujian Anak SD

    Games Soal Ujian Anak SD, sangat wajib dimiliki bagi anda yang memiliki anak sedang bersekolah di tingkat dasar terutama kelas 6. Game edukasi anak sd kelas 6 terbitan Solite Kids ini sudah diunduh sebanyak lebih dari lima juta pengguna.

    Ada berbagai macam pelajaran yang disuguhkan, dimulai dari Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika, Bahasa Indonesia, dan lain sebagainya.

    Konsep dari Game ini adalah model pembelajaran berbentuk kuis. Anak akan dihadapkan pada level-level tertentu yang mana level tersebut akan terbuka jika telah menyelesaikan kuis-kuis yang ada.

    Ada banyak varian tingkat pada game ini sesuai dengan kelas sang anak. Yaitu dimulai soal ujian kelas satu sampai kelas 6 SD. Game ini juga bisa dijadikan acuan bagi anda yang sedang mempersiapkan ujian untuk sang buah hati.

    Cerdas Cermat Islami

    Solite Kids kembali menawarkan games edukasi anak mode cerdas cermat namun berfokus secara Islam.  Game dengan rating 3+ ini sudah diunduh lebih dari 5.00 ribu pengguna. Apalagi untuk Anda pengguna PC, Cerdas Cermat Islami menjadi pilihan game edukasi anak SD PC.

    Pada Game Cerdas Cermat ini, terdapat 1.000 lebih bank soal dengan mata pelajaran yang beragam. Mata pelajaran yang ditawarkan sendiri, diantaranya: materi islam, tauhid, wudhu, puasa, zakat, fiqih, sejarah islam, haji, dan lain-lain.

    Game ini tentunya sangat cocok untuk anda yang ingin mulai mengajarkan pendidikan agama islam kepada anak. Karena Game ini menjadi game edukasi anak sd PC offline, Loh.

    Tentunya game ini juga sangat direkomendasikan untuk anda yang memiliki anak yang bersekolah di sekolah dasar berbasis islami seperti madrasah ibtidaiyah. Karena hal tersebut akan menambah wawasan pengetahuan anak akan materi pembelajaran.

    Belajar Sholat Lengkap Audio

    Games yang terakhir ini wajib sekali digunakan untuk anak SD yang mulai belajar sholat. Disini banyak disajikan tata cara dan gerakan sholat yang benar lengkap dengan audionya. Tidak lupa juga gambar yang sangat menarik dilihat mata.

    Apalagi games ini memiliki rating 3+ dan sudah di unduh oleh lebih dari satu juta pengguna. Game ini bisa dijadikan panduan untuk anda sebagai orang tua dalam mengontrol pembelajaran ibadah dalam beragama anak-anaknya.

    Itu dia, 10 game edukasi anak SD yang sangat direkomendasikan untuk anda milik pada handphone pintar anda sebagai penunjang pertumbuhan dan perkembangan anak pada masa sekolah dasar.

     

     

     

     

    Ss. 1text.com

    Tags : game edukasi Games game 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini