Gadget

Rekomendasi Ponsel di Bawah Rp 2 Jutaan: Samsung Galaxy M11 vs Realme C11

  • 25 August 2020
  • Bagikan :

    Uzone.id - Persaingan ponsel entry level, khususnya di bawah Rp2 juta semakin seru. Masing-masing menawarkan keunggulan untuk memikat hati pengguna.

    Salah satu yang menjadi pertimbangan biasanya adalah kapasitas baterai yang besar. Seperti yang ditawarkan oleh dua ponsel di video komparasi kali ini, Samsung M11 dan Realme C11. Keduanya memiliki kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh. Namun seperti apa, sih performanya? Uzone.id mencoba membandingkannya.

    Desain

    Sebelum ke performanya, mari kita bahas dahulu desainnya. Walaupun dibanderol dengan harga di bawah 2 juta rupiah, akan tetapi kedua ponsel ini hadir dengan build quality yang oke punya, walaupun bahannya berbasis plastik.

    Realme C11

     

    M11


    Bila keduanya digenggam, Samsung Galaxy M11 yang punya berat 168 gram lebih enteng ketimbang Realme C11 dengan bobot 196 gram. Walaupun keduanya masih nyaman digunakan karena dimensinya tidak jauh berbeda.

    Info dimensi

    Realme C11: 164.4 x 75.9 x 9.1 mm
    Samsung M11: 161.4 x 76.3 x 9 mm

    Akan tetapi bila bicara desain, gue pribadi lebih suka desain Realme C11 ketimbang M11. Warna grey-nya terlihat mewah dengan tambahan garis lurus abu-abu tua.

    Penempatan untuk kameranya pun tidak terlihat monoton, walaupun sekilas mirip dengan iPhone 11.

    Walaupun ukuran layarnya gak jauh berbeda, hanya kurang 1 inci saja. Namun keduanya punya teknologi layar berbeda, Realme menggunakan Color LCD Screen, sementara Samsung TFT LCD.

    Info ukuran layar

    Realme: 6,5 inci
    Samsung M11: 6,4 inci.

    Keduanya punya kelebihan dan kekurangan, akan tetapi gue kurang sreg dengan TFT LCD karena kontras yang kurang baik sehingga tidak bisa menampilkan warna hitam seperti aslinya, perubahan warna terjadi saat melihat dari sudut lebar, dan waktu respon rendah.

    Kesimpulannya, soal desain Realme C11 memang lebih unggul namun soal kenyamanan digenggam Samsung Galaxy M11 masih oke. Soal penempatan kamera depan, Puch hole di Galaxy M11 atau Water Drop Notch di Realme C11 sejatinya adalah masalah selera saja.

    Kamera

    Kedua ponsel ini punya perbedaan di sektor kamera belakang, Bila Samsung Galaxy M11 dibenanamkan 3 kamera, sementara Realme 2 kamera saja,

    Info Kamera

    Samsung Galaxy M11:
    13 MP f/1.8 (Wide Angle)
    5 MP f/2.2 (Ultra Wide)
    2 MP f/2.4 (Depth Sensor) with autofocus

    Realme C11:

    13 MP f/2.2 (Main)
    2 MP f/2.4 (Portrait )

    Di sektor kamera belakang, gue akuin Samsung juara untuk pengambilan gambar atau foto. Bukan karena punya jumlah lensa yang banyak, namun dari sisi bukaan aperture yang lebih oke.

    Sehingga, ketika foto membutuhkan cahaya yang banyak di kamera bisa dilibas dengan mudah oleh Samsung Galaxy M11. Apalagi, pengguna bisa bermain-main  pakai lensa seperti Wide Angle, Ultra Wide dan DepthSensor.

    Galaxy M11
    Bodi kamera Realme C11

    Untuk fitur autofocus, lagi-lagi Samsung Galaxy M11 juaranya.

    Demikian juga pada kamera depan. Hasil resolusi kamera selfie 5 MP kepunyaan Realme C11 termasuk bagus bila disandingkan dengan 8 MP besutan Galaxy M11. Namun Samsung punya kelebihan fitur Wide Angle yang tidak dipunyai oleh Realme C11.

    Soal perekaman video pun keduanya 11-12, baik kamera depan dan belakang sama-sama bisa sanggup merekam kualitas 1080p dengan 30fps FHD. No debat, keduanya sama-sama hebat untuk ukurang ponsel dibawah 2 jutaan rupiah.

    Boleh dibilang, untuk performa kamera Samsung Galaxy M11 lah pemenangnya. Bukan hanya saja lensanya yang lebih banyak, resolusi kamera lebih tinggi, namun juga fitur disematkan sehingga berpengaruh besar terhadap hasil foto yang dihasilkan.

    Baterai

    Untuk ukuran baterai keduanya sama-sama mengusung 5.000 mAh. Soal daya tahan yang sangat mumpuni. Dalam pengujian secara bersamaan dan berkala untuk penggunaan normal dan jaringan Wifi, keduanya sanggup bekerja hingga dua hari.

    Sementara diajak nonton film YouTube, Netflix atau layanan video streaming sanggup bertahan selama 6 jam lebih non stop.

    Namun, saat penggunaan untuk bermain game baik yang ringan maupun berat seperti Call of Duty dalam jangka waktu yang lama, harus diakui, Samsung Galaxy M11 ini agak lebih panas ketimbang Realme C11.

    Galaxy M11

     

    Realme C11


    Kemungkinan besar ini dari kualitas baterai yang ditawarkan, karena baterai jenis Lithium Ion cenderung lebih panas ketimbang baterai Lithium polimer yang disematkan di Realme C11.

    Walaupun terlihat Realme C11 soal kualitas baterai, namun agak kurang nyaman dengan arus charge yang hanya 10W dan ditambah masih pakai Micro-USB, sehingga untuk ukuran baterai sebesar ini termasuk lama hingga terisi penuh.

    Beda dengan Samsung Galaxy M11 yang menggunakan fast charging 15W dan sudah mendukung kabel USB-C.

    Fitur

    Dengan harga Rp1,8 juta untuk Galaxy M11 dan Rp1,6 jutaan untuk Realme C11, boleh dibilang fitur yang disematkan ponsel Samsung ini jauh lebih unggul.

    Memang keduanya, sama-sama masih punya headjack 3.5 mm dan dukungan Light sensor, Proximity sensor, Accelerometer, tambahan penyimpanan microSD dan slot dual-sim.

    Namun, Realme C11 tidak mendukung fingerprint sensor dan Quick Charging sehingga seperti noda kecil bagi ponsel ini.

    Performa

    Di bagian dapur pacunya Samsung Galaxy M11 dibenamkan dengan prosesor Snapdragon 450 octa-core serta RAM sebesar 3 GB. Untuk penyimpanan data, ponsel ini disediakan storage berkapasitas 32 GB yang bila masih kurang sebagai media penyimpanan bisa ditambahkan dengan microSD hingga 512 GB.

    Sementara Realme C11, dibekali prosesor Mediatek Helio G720 dengan RAM 3GB, ROM 32GB dan tambahan media eksternal hingga 256 GB.

    Walaupun ponsel ini sama-sama punya keterbatasan, namun harus diakui kalau performa dari Realme dengan mediatek-nya lebih unggul ketimbang Samsung.

    Antaramuka Realme UI yang walaupun berdiri di atas Android 10 akan tetapi jauh lebih nyaman bila dibandingkan dengan Samsung One UI.

    Kesimpulan

    Tidak ada yang unggul jauh dari keduanya untuk bisa dibilang juara. Dengan kelebihan dan kekurangannya, Galaxy M11 dan Realme C11 masih oke untuk dipinang tergantung kebutuhan.

    Galaxy M11 cocok untuk dipakai sebagai ponsel yang full entertaiment, seperti menonton video on demand, foto-foto akan tetapi dengan tingkat kebutuhan main game seadanya.

    Sementara Realme C11 yang dibanderol lebih murah dibandingkan Samsung Galaxy M11 sangat oke dari sisi performa, khususnya untuk kamu yang memanfaatkannya sebagai ponsel bermain game.