icon-category Gadget

Rekomendasi Smart Air Purifier untuk Minimalisir Penularan Covid-19

  • 07 Jul 2021 WIB
  • Bagikan :

    Ilustrasi foto: bakercity.com

    Uzone.id -- Penelitian terbaru yang telah dipublikasikan lembaga kesehatan masyarakat nasional Amerika Serikat CDC (Centers for Disease Control) mengungkapkan bahwa HEPA Filter secara efisien mampu mengurangi risiko penularan COVID-19 dalam ruangan hingga 65 persen.

    “Penelitian ini membuktikan manfaat pembersih udara HEPA portable dan masking universal dalam mengurangi paparan aerosol yang mengandung SARS-CoV-2,” menurut CDC dalam pernyataannya yang dipublikasikan belum lama ini.

    “Upaya mengurangi paparan aerosol SARS-CoV-2 membantu membatasi penularan virus dan menurunkan insiden penyakit dan kematian akibat COVID-19,” lanjutnya.

    Baca juga: Perangkat Air Purifier Bisa Turunkan Risiko Kena Covid-19?

    HEPA Filter sering ditemukan dalam perangkat pembersih udara atau air purifier. Perangkat ini sudah banyak digunakan dan tersedia di Indonesia dengan berbagai merk dan keunggulan. Sebagai pertimbangan, berikut beberapa perangkat pintar air purifier yang sudah dilengkapi HEPA Filter.

    Philips Series 3000i

    Foto: dok. Philips

    Air purifier ini menawarkan sirkulasi udara 360 derajat dengan penyaringan 3 lapis yang dilengkapi NanoProtect HEPA, filter karbon aktif, dan prafilter. Mampu menangkap 99 persen lebih partikel halus berukuran 0,003 mikron dan dibekali sensor pemindai udara 1000 kali per detik.

    Perangkat ini mampu menjangkau ruangan seluas 135 m2 dan memiliki panel penunjuk kadar alergen dan PM2,5 dalam bentuk angka. Harga air purifier ini dibanderol mulai dari Rp7 jutaan.

    Sharp Plasmacluster Air Purifier with Pattern

    Dok. Sharp

    Gebrakan Sharp melalui teknologi Plasmacluster telah terbukti efektif dalam mencegah virus dan mikroba lebih jernih dan sehat serta memberikan mekanisme penjernihan udara yang luar biasa.

    Selain itu, teknologi plasmacluster mampu menghasilkan dan melepas ion positif dan negatif yang sama seperti di alam. Setelah menjernihkan udara, ion-ion tersebut akan berubah menjadi air dan kembali ke udara. Air purifier ini juga dilengkapi dengan HEPA Filter & Deodorizer Filter. Harga dari Air purifier ini dibanderol mulai dari Rp1,4 jutaan.

    Samsung AX60R Air Purifier with 3 Way Airflow

    Dok. Samsung

    Produk menjangkau ruangan yang lebih luas dan memurnikan udara lebih cepat. Perangkat ini bisa menghilangkan hingga hingga 99 persen lebih debu berukuran 0.3 µm.

    Sistem pembersihan multi-layer nya dapat mengekstrak partikel yang lebih besar, filter Activated Carbon Deodorization mampu menghilangkan gas-gas berbahaya, dan yang terakhir HEPA Filtration dengan filter debu ultrafine mampu menghilangkan 99,97 debu super kecil. Air purifier dari Samsung ini dibanderol mulai dari Rp3,2 jutaan.

    Xiaomi 2H HEPA Filter Air Purifier

    Dok. Xiaomi

    Pembersih udara besutan Xiaomi ini merupakan air purifier dengan filter True HEPA yang dapat menghilangkan lebih dari 99 persen partikel kecil berukuran 0,3 mikron. Filter HEPA memberikan udara yang lebih bersih dengan tingkat pengiriman udara bersih (CADR) 260m3/h yang cukup tinggi. Harga dari Air purifier ini mulai dari Rp1,4 juta – Rp2 juta.

    Sharp Air Purifier FP-JM30Y-B Mosquito Catcher

    Dok. Sharp

    Air purifier dari Sharp ini menyediakan udara segar dan lingkungan sehat. Kelembaban yang tinggi pada ion Plasmacluster mampu menghilangkan virus dan bakteri pada udara. HEPA filter yang berkualitas tinggi melengkapi kontrol aliran udara yang efisien dan penghisap bagian belakang untuk menangkap mikropartikel.

    Selain menangkap partikel udara seperti debu, Sharp Air Purifier Mosquito Catcher mampu menangkap nyamuk tanpa menggunakan bahan kimia dengan klaim 100 persen perlindungan yang aman. Harga Air purifier ini dibanderol mulai dari Rp2,8 jutaan

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini