home ×
Auto

Rekor Kecepatan Diragukan, SSC Tuatara Siap Tes Ulang

04 November 2020 By
Rekor Kecepatan Diragukan, SSC Tuatara Siap Tes Ulang
Share
Share
Share
Share

SSC Tuatara (Foto: SSC North America)

Uzone.id - Kepala eksekutif SSC Amerika Utara Jerod Shelby telah mengkonfirmasi jika perusahaan akan mengulang tes kecepatan tertinggi SSC Tuatara untuk meraih pengesahan rekor terbaru.

Pasalnya, tes kepecepatan yang dilakukan pada 10 Oktober 2020 masih diragukan keabsahannya. SSC saat itu memboyong Tuatara - untuk dikirim ke konsumen - ke hamparan jalan dekat Las Vegas dan meraih catatan rata-rata 508,73 kpj dan kecepatan puncak 532 kpj.

Beberapa hari setelah itu tidak ada pihak yang meragukan kecepatan yang diraih Tuatara hingga akhirnya ramai di YouTube soal kebenaran klaim SSC.

BACA JUGA: Harga Mobil Baru Transmisi Otomatis di Bawah Rp170 Juta

Ada ketitakcocokan terlihat dalam video onboard dari rekaman yang dirilis SSC, dengan perhitungan waktu jarak jauh yang sederhana mengungkapkan bahwa mobil tidak berjalan secepat yang disarankan telemetri onboard.

Setelah ada yang mempertanyakan video tersebut, SSC mengatakan bahwa tes kecepatan Tuatara disertifikasi oleh produsen manajemen data GPS Dewetron.

Namun, Dewetron malah mengatakan tidak bisa memverifikasi kecepatan yang diklaim oleh SSC. Jerod Shelby mendapatkan video yang tidak akurat dan data GPS tidak bisa diverifikasi secara independen.

Oleh karena itu, SSC akan melakukan upaya lain untuk menetapkan rekor kecepatan tertinggi mobil produksi. Kali ini, mereka akan jauh lebih teliti dengan pengujian dan pencatatan data penting mereka.

Shelby sendiri tidak mengatakan kapan tes kecepatan Tuatara untuk mendapatkan rekor baru bisa dilakukan, tapi dia bilang hal itu akan dilaksanakan secepatnya.

SSC Tuatara adalah mobil sport yang dirancang, dikembangkan dan diproduksi oleh perusahaan mobil Amerika SSC North America (sebelumnya Shelby SuperCars Inc.).

Mobil tersebut merupakan suksesor Ultimate Aero dan hasil kolaborasi desain antara Jason Castriota dan SSC.

Awalnya didukung mesin 6.9L V8 twin-turbo. Kapasitas mesin kemudian dikurangi jadi 5.9L untuk memungkinkan mesin punya redline yang lebih tinggi, yakni 8.800 rpm dengan output mencapai 1.350 hp hingga 1.750 hp.

 

VIDEO Komplenan Gue untuk Motor Listrik GESITS Setelah 2 Minggu Dipakai

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article