icon-category Telco

Rencana Indosat Ooredoo Hutchison Meratakan 5G di 2024

  • 21 Oct 2022 WIB
Bagikan :
Ilustrasi: David Arrowsmith/Unsplash

Uzone.id - Implementasi 5G di Indonesia perlu diakui masih berada di tahap awal. Saat ini, belum semua kota dan wilayah di Indonesia sudah menyediakan layanan jaringan 5G. 

Hanya kota-kota besar seperti Bali, Jakarta, Bandung dan beberapa kota lainnya yang sudah menghadirkan jaringan ini. Itupun belum meng-cover keseluruhan wilayah dan hanya tersedia di beberapa spot tertentu.

Kemenkominfo sendiri menargetkan jaringan internet 5G merata di seluruh Indonesia pada tahun 2024 dan 2025. Maka dari itu, pemerintah gencar melakukan penataan spektrum dan membangun ekosistem 5G.

Baca juga: Kerja Sama Ericsson-IOH Percepat implementasi 4G dan 5G

Sementara itu, dari sisi operator Indosat Ooredoo Hutchison menjadi satu dari 3 operator seluler yang sudah mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Indosat sudah diizinkan untuk menggelar layanan 5G di Indonesia secara komersial. Melihat perkembangan 5G dan target di tahun depan, Desmond Cheung selaku CTO Indosat Ooredoo Hutchison mengklaim kalau mereka sudah sangat siap menggelar jaringan 5G ke seluruh Indonesia asalkan spektrum jaringan yang disediakan pemerintah juga siap.

Baca juga: Perbesar Kapasitas Jaringan, XL Axiata Rangkul Huawei

“IOH sudah sangat ready untuk implementasi 5G secara cepat tahun depan. Karena yang pertama, radio dan semua jaringan yang dimiliki IOH sudah 5G ready. Yang kedua, jaringan transmisi sudah disebar di seluruh jaringan Indonesia, seperti cloud computing dan EDGE computing,” kata Desmond dalam acara Ericsson Media Luncheon, Kamis, (20/10) lalu.

Foto: Desmond Cheung, CTO IOH dan Jerry Soper, Head of Ericsson Indonesia

Namun, kesiapan ini juga membutuhkan lisensi dan juga melihat kesiapan spektrum jaringan yang disediakan oleh pemerintah. Desmond menambahkan, IOH sudah menjadi salah satu yang sangat cepat implementasi 5G selama lisensi dan spektrum dari pemerintah juga ready. 

“Semua requirement dan kapabilitas ini memungkinkan kita untuk bergerak ke 5G secara cepat. Setelah kami sudah mendapat lisensi dari pemerintah, kami akan menjadi salah satu yang bergerak (ke arah 5G) dengan sangat cepat,” tambahnya.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini