icon-category Auto

Replika Motor Juara Dunia MotoGP dan WSBK 2022 Langsung Ludes

Uzone.id - Ducati berhasil mengawinkan gelar juara dunia di ajang MotoGP dan World Superbike (WSBK) pada musim 2022. Untuk merayakan pencapaiannya, Ducati menjual replika motor MotoGP dan WSBK dengan basis Panigale V4, yang langsung ludes tak tersisa.

Kedua Ducati Panigale V4 itu dibuat persis seperti tunggangan sang juara dunia MotoGP dan WSBK musim 2022, Francesco "Pecco" Bagnaia dan Alvaro Bautista. 

Keduanya dibuat dalam jumlah yang amat terbatas, masing-masing 260 unit, dan juga ditandatangani oleh masing-masing pembalap.

“Ini motor spesial dengan banyak komponen yang spesial juga,” ucap CEO Ducati Motor, Claudio Domenicali, seperti dikutip dari Speedweek.

Domenicali mengatakan, 260 unit motor replika dibuat karena Ducati didirikan pada tahun 1926. Ia mengatakan, “Karena saat ini perusahaan berada di puncak dunia, tetapi sejarahnya dimulai di sini, di Bologna.”

Baca juga: Jangan Kaget, Begini Gaya Hidup Pecco Usai Jadi Juara Dunia MotoGP

Dijual dengan jumlah yang amat terbatas, Ducati Panigale V4 edisi MotoGP dan WSBK ini pun dibanderol dengan harga selangit. Per unitnya, Ducati membanderol motor replika tersebut dengan harga EUR63.000 atau lebih dari Rp1 miliar. 

Menurut laporan penjualan Ducati, motor-motor edisi super spesial itu habis terjual dalam waktu beberapa hari saja.

“Ini menegaskan integrasi dan transfer teknologi dan pengetahuan yang berkelanjutan antara produksi dan balapan, yang tak tertandingi di dunia sepeda motor,” jelas VP Global Sales & After Sales Ducati, Francesco Milicia.

Ducati Panigale V4 yang diberikan kelir khas juara dunia MotoGP dan WSBK tersedia dalam konfigurasi kursi tunggal saja. Pijakan kakinya terbuat dari material aluminium besutan Rizoma, bahan serat karbon dan titanium turut digunakan Ducati untuk komponen penutup swing arm tunggal di Panigale V4.

Dibuat mirip aslinya, Ducati menggunakan bahan karbon di beberapa bagian, seperti pelindung panas di knalpot belakang, penutup alternator, spakbor depan dan belakang, hingga ke bagian saluran rem depan.

Baca juga: 8 Ducati Keroyok 2 Yamaha di MotoGP 2023, Bakalan Gak Seru?

Soal dapur pacunya, Ducati Panigale V4 mengusung mesin 1.103cc yang menyemburkan tenaga sampai 215,5 hp pada 13.000 rpm dengan torsi maksimal sampai 123,6 Nm. 

Motor ini menggunakan kopling kering STM-EVO SBK dan dan knalpot Akrapovic street-legal yang amat ringan. Adapun sistem pengereman menggunakan kaliper Brembo Stylema R dengan master silinder Brembo MCS yang didukung remote adjuster.

Setiap motor Ducati Panigale V4 yang dikirim ke konsumen, Ducati bakal mengemasnya dengan grafis dan cover motor khusus, nomor produksi, sertifikat keaslian, dan sistem Ducati Data Analyzer.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini