icon-category Startup

Rachmat Kaimuddin Resign dari Dirut Bukalapak, Ingin Mengabdi ke Negara

  • 29 Dec 2021 WIB
  • Bagikan :
    Rachmat Kaimuddin (Foto: Instagram @mrachmatk)

    Uzone.id - Bukalapak telah memberikan konfirmasi mengenai beredarnya kabar pengunduran diri Direktur Utama, Rachmat Kaimuddin.

    Perdana Arning Saputro (Deno), VP of Corporate Secretary Bukalapak, mengatakan bahwa perusahaan telah menerima surat pengunduran diri Muhammad Rachmat Kaimuddin pada tanggal 28 Desember 2021 yang akan berlaku efektif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    "Sampai saat ini, Rachmat Kaimuddin masih menduduki posisi sebagai Direktur Utama Bukalapak dan akan membantu proses transisi kepemimpinan di internal Bukalapak. Adapun Teddy Oetomo, Natalia Firmansyah, dan Willix Halim tetap menjabat sebagai Direktur Bukalapak," kata Deno kepada Uzone.id melalui email, Rabu (29/12/2021).

    BACA JUGA: Indonesia saat Ini Andalkan 9 Satelit, SATRIA-1 Meluncur 2023

    Kemudian, Deno menambahkan bahwa segenap Dewan Komisaris dan Manajemen Bukalapak menyatakan penghargaan tertinggi serta apresiasi atas kontribusi Rachmat selama 2 tahun ini.

    "Berdasarkan informasi dari surat pengunduran diri, Rachmat berencana akan melakukan pengabdian negara dengan bekerja untuk pemerintah," tutup dia.

    Dilansir Uzone.id dari situs Bukalapak, per 6 Januari 2020, Bukalapak mengalami perubahan pada komposisi di level C-Suite sebagai kelanjutan dari rencana jangka panjang perusahaan memasuki dekade kedua dan dalam rangka membangun bisnis e-commerce yang berkelanjutan (sustainable).

    Kaleidoskop 2021: Facebook Dituding Biang Pembantaian Rohingya

    Perubahan komposisi di level C-Suite meliputi suksesi peran Chief Executive Officer (CEO) dari Achmad Zaky, salah satu dari tiga pendiri Bukalapak, ke Rachmat Kaimuddin sebagai CEO baru.

    Suksesi ini menyusul peran baru Achmad Zaky sebagai Penasihat dan Pendiri Bukalapak serta Tech Startup Mentor.

    Rachmat Kaimuddin memiliki latar belakang pendidikan engineering dan pengalaman manajemen finansial. Dia mendapatkan gelar Bachelor of Science dari Massachusetts Institute of Technology, Boston. Sementara, gelar Master of Business Administration-nya diterima dari Stanford University, California.

    Sebelum bergabung dengan Bukalapak, dia menjabat sebagai Direktur Keuangan dan Perencanaan PT Bank Bukopin Tbk sejak tahun 2018.

    Sejak 2014, Rachmat menjabat sebagai anggota Dewan Komisaris untuk bank yang sama hingga ditunjuk sebagai Direktur.

    Rachmat memulai karirnya sebagai Senior Associate di Boston Consulting Group. Kemudian, dia juga pernah menjabat sebagai Managing Director PT Cardig Air Services, Chief Financial Officer PT Bosowa Corporindo, Managing Director PT Semen Bosowa Maros, Vice President Baring Private Equity Asia dan Principal of Quvat.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini