home ×
Digilife

Revenue Bisnis Semikonduktor Capai USD1 Triliun Pada 2030

19 January 2021 By
Revenue Bisnis Semikonduktor Capai USD1 Triliun Pada 2030
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Penjualan semikonduktor global dikabarkan akan tumbuh sampai USD1 triliun pada awal tahun 2030 nanti. Hal ini dikarenakan adanya kebangkitan ekonomi global yang tumbuh mulai 2021 ini.

Hal ini diungkap dalam sebuah virtual simposium, yang dikutip Uzone.id dari The Edge Markets, Selasa, 19 Januari 2021. Simposium virtual Semiconductor Equipment and Materials International (SEMI) memprediksi jika pendapatan global bisnis semikonduktor akan tumbuh mulai tahun ini.

Dikatakan Managing Director Citibank dan ekonom global Catherine Mann, GDP global diperkirakan akan tumbuh sampai 5 persen tahun ini, bahkan sampai 7 persen di akhir 2021 atau awal 2022. Hal ini didukung oleh vaksin Covid-19 yang makin menyebar luas. Amerika dan China dikabarkan akan memberikan kontribusi 50 persen dari GDP global.

"Rata-rata pertumbuhan ekonomi di China telah pulih dan Amerika pun tidak jauh dari itu. Kemungkinakn ekonomi dunia akan kembali tumbuh normal di kuartal kedua 2021. Namun untuk Eropa, meski merupakan negara dengan ekonomi terbesar ketiga dunia, diperkirakan akan mulai bangkit di kuartal ke-4 2021," ujar Mann.

Sementara itu, kata Andrea Lati, Wakil Presiden Perusahaan Riset VLSI Research, cloud computing akan menjadi kekuatan utama di balik pertumbuhan industri chip pada 2021 karena pembangunan infrastruktur cloud mendorong permintaan server yang lebih tinggi. Permintaan ini berasal dari lonjakan belanja online selama pandemi dan peningkatan adopsi public cloud.

Lati mengatakan pengiriman smartphone 5G yang tumbuh dua kali lipat, dan peningkatan penyebaran jaringan 5G yang tertunda di 2020 juga akan mendorong ekspansi industri semikonduktor tahun ini. Smartphone 5G diperkirakan memiliki setidaknya 50 persen lebih banyak daripada model 4G.

Lati mengatakan penjualan industri semikonduktor akan meningkat 8 persen tahun ini karena memori DRAM dan NAND diperkirakan tumbuh masing-masing 13 persen dan 12 persen.

"Masa depan yang cerah untuk industri chip karena teknologi berperan penting dalam sebagian besar pertumbuhan ekonomi global selama 10 tahun ke depan. Penjualan peralatan dan semikonduktor masing-masing diharapkan mencapai USD200 miliar dan USD 1 triliun pada awal tahun 2030," kata Lati.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article