home ×
Digilife

Revenue Platform Music Streaming Melambat di Q2 2020, Turun 2 Persen

08 October 2020 By
Revenue Platform Music Streaming Melambat di Q2 2020, Turun 2 Persen
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Platform streaming musik diperkirakan melambat di kuartal kedua tahun ini. Bahkan laporan dari Counterpoint Research menyebut jika pendapatan platform musik digital itu turun sebanyak 2 persen dibanding kuartal sebelumnya.

Dilansir melalui laporan dari perusahaan riset Counterpoint, Kamis, 8 Oktober 2020, penurunan revenue di industri aplikasi musik itu merupakan yang pertama kalinya terjadi. Padahal sebelumnya, revenue aplikasi streaming musik selalui tumbuh setiap kuartalnya.

"Meski pun turun di kuartal ini, jika dibandingkan pertumbuhan year on year, ada peningkatan sampai 13 persen dalam revenue platform musik streaming. Bahkan layanan langganan berbayar naik 29 persen YoY," ujar analis Counterpoint, Abhilash Kumar.

Baca juga: Top Streaming Apps di Dunia, Netflix Kalahkan YouTube

Menurutnya, penurunan revenue ini terjadi dikarenakan beberapa hal. Di antaranya adalah banyak diskon yang diberikan oleh para penyedia platform tersebut. Selain itu juga, platform banyak yang memberikan langganan gratis selama beberapa bulan. Penggratisan langganan ini dilakukan agar konsumen tidak beralih ke platform lain yang menawarkan akses gratis.

"Selain itu, pendapatan iklan mereka juga mengalami penurunan sejak pandemi berlangsung. Hal ini dikarenakan selama pandemi banyak perusahaan yang memutuskan untuk menghemat pengeluaran iklan digital. Namun layanan podcast di platform tersebut, yang menghadirkan berbagai macam genre, akan bisa membuat konsumen untuk tetap setia di platform tersebut," kata Kumar.

Baca juga: Pasar Smartphone Q2 2020, Samsung Dipepet Huawei

Untuk urusan Monthly Active Users (MAU), Tencent Music menduduki posisi pertama dengan jumlah terbanyak. Mereka memiliki pangsa pasar 26 persen bersamaan dengan anak produk lainnya seperti QQ Music, Kuwo dan Kugou.

Posisi berikutnya Spotify dan Youtube Music, masing-masing 12 persen dan 10 persen pangsa pasar. Spotify juga memimpin pasar untuk sistem langganan berbayar dengan 34 persen. Diikuti dengan Apple Music dengan 21 persen market share. Sedangkan Amazon Music di posisi bawah Apple dengan market share 15 persen untuk layanan berbayar.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Yusep Channel 08 October 2020 | 22:02:39

Dilansir melalui laporan dari perusahaan riset Counterpoint, Kamis, 8 Oktober 2020, penurunan revenue di industri aplikasi

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article