Gadget

Review Asus ROG Phone 5 Indonesia: Gak Ada Obatnya Nih Ponsel Gaming

  • 16 August 2021
  • Bagikan :
    Review Asus ROG Phone 5 Indonesia: <i>Gak Ada Obatnya Nih</i> Ponsel Gaming



    Uzone.id - Tidak banyak memang vendor smartphone yang mengeluarkan seri ponsel gaming kelas berat seniat Asus saat merilis ROG Phone 5 beberapa waktu lalu.

    Tahun ini Asus ‘loncat’ dari versi ROG Phone 4 menjadi ROG Phone 5, namun apakah ada upgrade yang ditawarkan juga melompat dari versi sebelumnya?

    Berikut hasil review kami selama menggunakan ponsel gaming Asus ROG Phone 5 ini.

    Desain



    Sejatinya tidak ada perubahan signifikan soal desain dari ROG Phone 3 dengan ROG Phone 5. Di bodi belakang Penempatan kamera, termasuk untuk desain lensanya sama.

    Agak sedikit berubah pada logo ROG yang bisa menyala itu. Lokasinya lebih turuh ke bawah, ketimbang ROG Phone 3 cenderung ke tengah. Plus di versi terbaru ini kalimat penegasan ‘Republic of Gamers Est 2006”.

    Oh kesan elegan semakin tegas terlihat ketika kini logo ROG hadir dengan aksen Dot Matrix, bukan flat seperti di ROG Phone.

    Ponsel ini punya material yang bukan kaleng-kaleng, layarnya dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus, bingkai bodinya terbuat dari aluminium, dan panel belakangnya adalah Corning Gorilla Glass 3.


    Sebenarnya, dengan layar berukuran 6,78 inci itu sudah sangat luas dan dimensi 172,8 x 77,3 x 10,3 mm serta bobot 239 gram membuatnya nyaman digenggam. Apalagi sudutnya yang membulat layaknya modul kamera, sangat presisi buat main gaming seharian.

    Masalah terjadi, ketika bahan almunium dan gorilla glass 3 ini bercampur dengan keringat tangan, sesekali bisa bikin kepeleset kadang membuat ponsel ini menjadi sering licin.

    Saatnya menjelajah bodinya, di pinggir sebelah kanan terdapat SIM Tray. Warnanya merah mencolok dan sangat menarik perhatian.



    Oh ya, di sebelah kanan juga terdapat tombol volume up dan down berserta power, dan air trigger. Sementara di bagian bawah terdapat sebuah jack audio 3,5mm combo dan USB Type-C.

    Kamera

    Bicara soal kamera, Asus ROG Phone 5 mengusung tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama Sony IMX686 64MP, ultra-wide camera 13MP, dan macro camera 5MP. Ada juga kamera selfie beresolusi 24MP.

    Lalu bagimana hasilnya?



    Sejujurnya, kami tidak terlalu puas foto dengan hasil jepretan lensa ponsel ini. Saat outdoor yang banyak cahay saja, foto yang didapatkan tidak terlalu tajam.

    Kamera utama memainkan fungsinya dengan baik tapi tak lebih baik ketimbang resolusi kamera 64 MP dengan rentang harga di bawah ponsel ini.

    Kamera makronya pun juga so-so, tidak membuat impresi kami menjadi wow. Tapi cukuplah untuk pemakaian sehari-hari.Mungkin karena memang tujuan ROG Phone 5 ini bukan untuk pengguna fotografi.

    Bahkan noise yang cukup terlihat dalam pencahayaan kurang dan efek HDR yang terkadang masih terlihat kurang halus saat digunakan untuk memotret objek di dalam ruangan.

    Di sektor merekam video kami justru lumayan puas, sebab ROG Phone 5 ini mampu mengambil video hingga resolusi 8K 30fps/4K 30fps dengan stabilisasi EIS dan mode profesional .

    Menariknya saat merekam video dengan zoom, terdapat pengaturan arah mikrofon plus reduksi suara angin, berkat total empat mikrofon yang tersebar di beragam sisi bodi perangkat. Termasuk time-lapse dengan mode auto-zoom.

    Outdoor

    Selfie

    ultrawide


    Performa  Gaming

    Dengan refresh rate 144hz, tentu saja jangan ditanya untuk bermain game berat yang membutuhkan kecepatan mata buat membidik. Sebab sudah pasti halus dan smooth banget.



    Air Trigger pun masih ada di fitur ini, walaupun secara ukuran tidak berubah menjadi lebih luas, namun tetap nyaman kok saat ditekan.

    Perbedaan ROG Phone 5 dilengkapi dengan fitur yang dapat mendeteksi sentuhan dan gestur seperti swipe. Malahan fitur ini bisa diatur fungsinya secara spesifik di tiap game.

    Kalau saja ekosistem game di Android sudah begitu maju, kita bisa bayangkan fitur-fitur tersebut akan maksimal dengan ragam cara bermain game, seperti meremas bodi ponsel, misalnya.



    Prosesor Snapdragon 888, adalah sebuah kelebihan sekaligus kekurangan untuk ROG Phone 5 ini.

    Dengan dukungan RAM 8GB, chipset ini makin kencang dan optimal saat digunakan untuk bermain gaming seharian, cocoklah buat main game dengan settingan rata kanan semua. Akan tetapi, mulai berulah saat melakukan multitasking.

    Ya, selain chpipset terbaik saat ini, Snapdragon 888 ini dikenal karena bisa membuat bodi ponsel cepat panas. Walaupun memang panas yang dihasilkan masih tergolong wajar.

    Baterai

    Dibekali baterai 6,000 mAh, untuk penggunaan biasa, ponsel ini mampu bertahan seharian penuh, bahkan 1,5 hari.

    Pengisian daya ROG Phone 5 pun sangat kencang, membutuhkan waktu kurang dari 60 menit hingga penuh. Ditambah standar 65W dan dua baterai 3,000 mAh terpisah di dalamnya, memungkinkan proses pengisian baterai menjadi lebih cepat.



    Kesimpulan

    Kami sepakat ROG Phone 5 adalah ponsel gaming terbaik saat ini, dengan banyak kelebihan mampu mengimbangi sedikit kekurangannya. Saran kami, bagi kalian pecinta game mobile, beli ponsel ini saja!



    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini