home ×
Gadget

Review ASUS VivoBook Ultra 15 OLED (K513): Rp8 jutaan Dapat Layar OLED, Edan Sih Ini

29 September 2021 By
Review ASUS VivoBook Ultra 15 OLED (K513): Rp8 jutaan Dapat Layar OLED, Edan Sih Ini
Share
Share
Share
Share

 Uzone.id - Belum lama ini ASUS resmi meluncurkan VivoBook Ultra 15 OLED (K513) yang merupakan versi paling terjangkau dari deretan notebook ASUS yang menggunakan panel OLED. Sebut saja ZenBook Pro Duo 15 OLED (UX582) seharga Rp42.999.000, lalu ZenBook Pro15 OLED (UX535) dengan harga Rp23.999.000 dan ZenBook Flip S OLED (UX371) dibanderol Rp24.999.000.

Agak nggak percaya sebenarnya kalau ada notebook menggunakan panel OLED dengan harga di bawah Rp10 juta. Masa iya, laptop dengan panel OLED bisa semurah itu. Makanya begitu unit yang kami pesan sampai, tanpa berlama lagi kami bongkar isi kemasannya.


Kesan Pertama

TIdak banyak yang bisa kami ceritakan soal isi kemasan laptop ini. Di dalamnya hanya ada buku panduan, charger laptop yang ukurannya tidak terlalu besar, dan perlengkapan slot tambahan jika kalian ingin mengupgrade kapasitas penyimpanan dengan hardisk atau SSD berukuran 2,5 inch.


Foto: Isi kemasan Asus VivoBook Ultra 15 OLED K513 (Trisno Heriyanto/Uzone.id)

Soal dimensi, ASUS VivoBook Ultra 15 OLED (K513) seperti kebanyakan laptop 15 inch lainnya. Cukup besar. Tapi secara mengejutkan ternyata bobotnya tergolong ringan, yakni cuma 1,7 kg saja. Masih tidak merepotkan untuk menjinjingnya hanya dengan satu tangan saja.

Kemudian karena ini merupakan laptop dengan dimensi yang besar, maka wajar kalau ASUS melengkapinya dengan keyboard dengan numeric pad di sebelah kanan, cocok untuk kalian yang sering berkutat dengan angka.

Tapi untuk kalian yang rajin mengetik, seperti kami ini, keyboard VivoBook Ultra 15 OLED secara keseluruhan tergolong nyaman. Mungkin karena travel key 1.4mm yang pas memberikan feedback setiap ketikan. Keyboard ini juga dilengkapi backlit yang tingkat kecerahannya bisa diatur hingga tiga langkah. Semakin nyaman deh ngetik di ruang temaram.


Foto: Keyboard backlit pada Asus VivoBook Ultra 15 OLED K513 (Trisno Heriyanto/Uzone.id)

Di area touchpad kalian akan menemui satu kotak kecil yang isinya adalah sensor pemindai sidik jari. Fungsi ini bisa kalian pakai untuk login ke dalam Windows, atau layanan berbasis website lain yang mensyaratkan akun dan password, seperti login media sosial atau email misalnya.

 Foto: Sensor sidik jari pada Asus VivoBook Ultra 15 OLED K513 (Trisno Heriyanto/Uzone.id)

Pengalaman pakai pakai touchpad di laptop ini juga cukup baik. Responsif, dan sudah mendukung multi-gesture juga. Kalian bisa melakukan zoom in/out dengan ‘cubitan’, lalu berpindah desktop dengan mengusapnya, dan masih banyak lagi gerakan lain yang bisa dilakukan.

 Foto: Port dan konektivitas Asus VivoBook Ultra 15 OLED K513 (Trisno Heriyanto/Uzone.id)

Lalu soal konektivitas kalian tidak perlu khawatir dengan ASUS VivoBook Ultra 15 OLED (K513) ini, semuanya yang dibutuhkan ada di sini. Di sebelah kiri ada dua port USB 2.0. Kemudian di sebelah kanan kalian akan menjumpai port HDMI, USB 3.2, USB-C, Port 3.5mm untuk headphone dan slot card reader hanya untuk jenis microSD. Tak ketinggalan port charger yang masih menggunakan tipe DC.


Layar OLED yang Enak Dilihat

Isi kemasan VivoBook Ultra 15 OLED memang biasa, port yang disediakan juga standart seperti laptop pada umumnya. Tapi soal layar, ini baru luar biasa.

Sesuai dengan namanya, laptop ini menggunakan layar berukuran 15 inch dengan panel jenis OLED. Tepian layarnya juga tipis dengan screen body ratio mencapai 85%.

Layar ASUS OLED mampu memberikan warna yang dan tingkat contrast ratio yang jauh lebih baik dibanding panel IPS, itulah yang juga kami rasakan ketika sedang me-review ASUS VivoBook Ultra 15 OLED (K513) ini. Walau resolusinya masih di 1920 X 1080 pixel, tapi kualitasnya terlihat tajam dan penuh warna.


Foto: Layar Asus VivoBook Ultra 15 OLED K513 yang memesona (Trisno Heriyanto/Uzone.id)

Paling terasa ketika kalian menggunakan laptop ini untuk streaming video, entah itu di YouTube atau Netflix. Tampilannya bakal benar-benar memukau. Apalagi layar VivoBook Ultra 15 OLED ini juga sudah mendukung fungsi HDR yang mulai banyak digunakan dalam film. Makin betah berlama-lama nonton.


Foto: Perbandingan ASUS OLED dengan panel IPS (dok.Asus)

 

Lalu apa layar ASUS OLED ini hanya bermanfaat saat nonton video saja? Ternyata tidak. Untuk pekerjaan sehari-hari seperti word processing, spreadsheet dan lainnya juga bakal lebih baik kok. Apalagi ASUS mengklaim teknologi layar ASUS OLED di laptop ini mampu mereduksi 70% ‘sinar biru’ yang membahayakan mata.

Dengan apa yang kami rasakan saat menggunakan VivoBook Ultra 15 OLED ini, rasa-rasanya tidak salah kalau notebook ini juga bisa dipakai untuk kalian para desainer. Pasalnya, kualitas layar laptop ini sudah mendapatkan sertifikasi Pantone Validated yang berarti warna yang dihasilkan memang terbukti akurat. Jarang loh, laptop di bawah Rp10 juta yang dapat sertifikasi tersebut.

 

Performa Cukup

ASUS VivoBook Ultra 15 OLED (K513) sudah menggunakan prosesor Intel® Core™ generasi ke-11. Ada beberapa tipe yang dijual di pasaran, namun unit yang kami uji menggunakan prosesor Intel® Core™ i3-1115G4 yang berjalan di kecepatan 3 GHz. Ada juga versi lainnya yang menggunakan Intel® Core™ i5-1135G7, dan harga laptop VivoBook UItra 15 OLED K513 ini dijual mulai dari Rp 8,599,000.

 


Kesan awalnya memang tidak seimbang. Layar sudah pakai ASUS OLED, tapi prosesor kok masih pakai seri Intel® Core™ i3, biasanya laptop seperti ini minimal Intel® Core™ i5. Kalian yang beranggapan seperti itu pasti belum mencicipi Intel® Core™ i series generasi ke-11 ini.

 Foto: Asus VivoBook 15 OLED K513 dilengkapi Intel Core i3 generasi 11 yang bertenaga (Trisno Heriyanto/Uzone.id)

 

Seri generasi Ke-11 dari jajaran Intel® Core™ ini bisa dibilang lompatan yang cukup signifikan dari sebelumnya. Intel® Core™ i3-1115G4 dengan nama sandi Tiger Lake-U yang kami coba ini ternyata punya performa yang gak bisa dianggap remeh.

 

Fabrikasi 10nm ditambah fitur hyper threading yang membuat dua core bisa berjalan seperti empat core sukses membuat laptop ini bekerja cepat. Untuk browsing dan editing ringan bisa dijalankan tanpa masalah. Bahkan kalau sekadar untuk mabar game online sepertinya laptop ini masih cukup memadai.


Penasaran dengan performanya, maka langsung saja kami uji laptop ini dengan berbagai aplikasi benchmark sintetis yang fokus pada kinerja prosesor. Berikut hasilnya:

 

Gimana cukup kencang bukan? Kalau masih belum cukup, kalian mungkin perlu memperimbangkan untuk menambah kapasitas RAM dalam notebook ini. Untungnya ASUS masih menyediakan satu slot Dimm tambahan untuk memori yang bisa diupgrade hingga 20GB.

Kesimpulan

Dilihat dari harga dan fungsi yang ditawarkan, ASUS VivoBook Ultra 15 OLED (K513) ini sepertinya akan sangat cocok untuk kalian para mahasiswa, atau mungkin pekerja baru yang menginginkan laptop keren tanpa harus merogoh kocek yang dalam.

Layar ASUS OLED di laptop ini memang sukses memberikan value lebih untuk laptop di kelasnya. Kualitas gambar super cemerlang, contrast ratio yang baik, serta rasa nyamannya digunakan berlama-lama sepertinya menjadi fungsi yang sulit diukur dengan angka.

Namun untuk kalian yang punya budget lebih, tidak ada salahnya mempertimbangkan seri ZenBook OLED yang memang punya build quality dan spesifikasi lebih tinggi.

Urusan baterai, laptop ini juga punya performa yang baik. Pengalaman kami memakai laptop ini streaming video, putar Spotify hingga menulis naskah artikel reviewnya ini, hanya memakan sekitar 50% baterai dengan rentang pemakaian sekitar 6-7 jam. Tergolong irit baterai.


Spesifikasi ASUS VivoBook Ultra 15 OLED (K513)

- Layar: 15.6-inch,OLED,FHD (1920 x 1080) 16:9, Glossy display, 400 nits, DCI-P3: 100%,Screen-to-body ratio: 85 %-backlit Full HD (1920 x 1080) 16:9 display
- Processor: Intel® Core™ i3-1115G4 Processor 3.0 GHz (6M Cache, up to 4.1 GHz, 2 cores)
- Graphic Card: Intel® UHD Graphics
- RAM: 4GB DDR4 on board bisa di upgrade hingga 20GB dengan slot SO-DIMM
- Storage: 256GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
- Konektivitas: Intel WiFi 6 with Gig+ performance (802.11ax), Bluetooth V5.0
- Port: 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A. 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C. 2x USB 2.0 Type-A. 1x HDMI 1.4. 1x Headphone out, Micro SD card reader. Micro SD 4.0 card reader
- Baterai: 50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

 

 

 

 

 

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id