home ×
Auto

Review Honda PCX 160 yang Akhirnya Kalahkan Yamaha NMax

07 February 2021 By
Review Honda PCX 160 yang Akhirnya Kalahkan Yamaha NMax
Share
Share
Share
Share

Foto: Honda

Uzone.id - Honda PCX sudah satu dekade ada di Indonesia. Awalnya berjalan sendiri, baru kemudian Yamaha NMax muncul dan menggusur dominasi Honda di segmen skutik 150cc.

Perlu waktu bagi Honda untuk bisa mengejar Yamaha. Sampai akhirnya, di tahun 2021 ini lah Honda PCX (diatas kertas) bisa bersaing bahkan mengalahkan Yamaha NMax.

Salah satunya dari usungan spesifikasi mesin, fitur dan juga pertimbangan harga jualnya.

PCX 160 yang baru saja diluncurkan sebagai senjata Honda untuk menggoyahkan dominasi Yamaha NMax sebenernya sah disebut sebagai ALl New. Karena hampir semua bagian berubah, rangka, mesin, fitur dan teknologi.

Tampilan baru

Pada tampilan, perubahan pada desain yang mana desain lampu depan yang bersudut dengan posisi yang lebih horizontal dan melebar.

Kesan cahaya efek tiga dimensi dihadirkan pada desain lampu belakang skutik premium ini. Selanjutnya, tampilan baru pada LCD panelmeter yang lebih lebar memberikan informasi yang semakin lengkap.

Rangka baru

Ubahan besar pada PCX 160 bisa kita lihat pada rangkanya. Penggunaan rangka baru semakin memberikan kenyamanan dan mendukung performa dan efisiensi BBM karena makin ringan tapi rigid.

Dengan struktur yang lebih simple tanpa mengubah bentuk desain bodi, memberikan peningkatan kapasitas bagasi untuk tipe CBS dan ABS menjadi 30 liter serta untuk tipe e:HEV menjadi 24 liter. Kapasitas tangki bahan bakar pun semakin besar, menjadi 8,1 liter.

Perubahan juga terdapat pada ruang area kaki pengendara, yang kini lebih panjang 3 cm, sehingga membuat posisi berkendara semakin nyaman dalam menempuh area perkotaan maupun jarak jauh.

Skutik premium ini didukung ban tubeless yang lebih lebar dengan ukuran ban depan 110/70-14 dan belakang 130/70-13 melalui sentuhan desain velg baru Y shaped 5 spoke.

Selain itu, juga terdapat perubahan pada bagian suspensi belakang dengan poros yang semakin panjang hingga 1 cm untuk mendukung kenyamanan saat melintasi jalanan yang kasar.

Gak lupa fitur keselamatan seperti Anti-Lock Braking System (ABS) juga disematkan pada All New Honda PCX.

Mesin baru

Dilengkapi mesin terbaru 160cc dengan 4 katup eSP+, berpendingin cairan, yang mampu mengurangi gesekan dan menghasilkan tenaga maksimal hingga 16 hp pada 8500 rpm dan torsi puncak 14,7 Nm pada 6500 rpm.

Rasio kompresi mesin Honda PCX 160 juga naik jadi 12 : 1, minimal isi bensin oktan 92, bisa Pertamax atau lainnya. Tapi dengan kenaikan kompresi tersebut, akselarasi seharusnya lebih berisi.

Khusus versi All New Honda PCX e: HEV dilengkapi dengan motor assist dan riding mode dengan pilihan mode normal (D) dan sport (S) untuk memberikan sensasi berkendara yang responsif dalam menghadirkan performa maksimal.

Fitur

Honda PCX 160 memiliki fitur HSTC (Honda Selectable Torque Control), berguna untuk mencegah roda berputar bebas dan kehilangan traksi. Hadirnya fitur HSTC semakin memberikan rasa aman saat melintasi kondisi jalan yang licin.

Fitur informasi terbaru pada LCD panel meter ini antara lain indikator baterai, perawatan v-belt, dan indokator fitur HSTC pada tipe ABS dan e:HEV.

Untuk mendukung gaya hidup pengendara saat ini, All New Honda PCX menjadi pionir di kelasnya dengan menghadirkan USB charger type A, di mana sudah tersedia socket untuk melakukan pengisian daya.

Skutik premium ini juga telah didukung dengan Honda Smart Key yang dilengkapi alarm dan answer back system pada semua tipe.

Tipe dan Harga

All New Honda PCX dipasarkan dengan 3 tipe yaitu CBS, ABS, dan e:HEV. Untuk tipe CBS terdapat warna Wonderful White, Majestic Matte Red, Glorious Matte Black, dan Marvelous Matte Gray.

Sedangkan untuk tipe ABS, terdapat warna Wonderful White, Majestic Matte Red, Briliant Black, dan Royal Matte Blue. Sementara itu, untuk tipe e: HEV terdapat warna Horizon White.

AHM memasarkan All New Honda PCX dengan harga on the road (OTR) DKI Jakarta Rp 30,35 juta untuk tipe CBS, Rp 33,95 juta untuk tipe ABS, dan Rp 43,55 juta untuk tipe e:HEV.

Sebelumnya, banyak yang ragu kalau ubahan radikal pada PCX bakal n=berimbas pada harga jualnya yang semakin mahal, tapi ternyata tidak. Honda memberikan jawaban dan respon perang langsung untuk Yamaha nih..

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article