icon-category Auto

Review Honda Stylo 160: Definisi Gaya Bertemu Performa Sesungguhnya

  • 02 Mar 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Honda Stylo 160 menjadi produk skutik baru penuh gaya dari PT Astra Honda Motor. Motor yang memiliki gaya seperti skuter Italia itu dijual mulai Rp27,55 juta untuk on the road DKI Jakarta.

Uzone.id kali ini berkesempatan untuk menjajal skutik 156,9 cc itu dalam waktu yang lebih lama. Kira-kira bagaimana review dari Stylo 160 tersebut?

Desain penuh gaya

Bahasa desain yang diandalkan oleh Honda Stylo 160 adalah skutik fashionable yang menyasar segmen skuter premium Vespa dan skutik Yamaha Grand Filano. Sehingga tampilannya memang tampil nyentrik dan banyak menarik perhatian orang lain.

Layaknya skuter Italia, Honda Stylo 160 memiliki posisi duduk yang cukup tinggi untuk sebuah skutik. Hal ini didasari oleh posisi duduk yang tegak, jok yang tinggi, dan setang yang dekat dengan pengendara.

Di bagian kaki-kaki Stylo 160 juga memiliki ukuran yang cukup besar untuk sebuah motor matic. Meskipun menggunakan pelek berukuran 12 inci, namun dari segi ban motor ini menggunakan ukuran 110/90 di depan dan 130/80 di belakang.

Kedua ban tersebut ditopang oleh suspensi teleskopik di bagian depan dan suspensi tunggal di bagian belakang.

Ditambah Honda Stylo 160 memiliki dimensi yang cukup lebar, terutama di bagian jok yang membuat kaki pengendara lebih jauh menapak ke tanah.alt-img

Performa responsif

Honda Stylo 160 dibekali mesin 156,9 cc, 1-silinder, 4-katup, eSP+, dengan pendingin cairan. Dengan konfigurasi itu, skutik Jepang yang satu ini memiliki tenaga hingga 15,1 dk dan torsinya mencapai 13,8 Nm.

Saat dicoba di jalanan, Honda Stylo 160 memiliki tenaga yang sangat responsif. Cukup sedikit memutar tuas throttle, tenaga yang cukup besar langsung terasa menggerakkan roda belakang.

Bahkan sangat sedikit terasa gerung atau ngeden saat ingin berakselerasi menggunakan Honda Stylo 160. Tenaga terasa sangat besar sejak putaran bawah, dibantu dengan mesin eSP+ tenaga ini terus terisi hingga ke putaran atasnya.

Gambaran performa Honda Stylo 160 yang sangat responsif ini sangat sesuai dengan tagline yang diusungnya yakni 'Fashion meets Power'.

Beralih ke kaki-kaki, meskipun tenaganya terasa besar sejak putaran bawah namun Honda Stylo 160 bisa dibilang tidak memiliki suspensi yang nyaman. Suspensi bagian depan masih bisa mengakomodir kenyamanan saat melewati jalanan yang tidak rata, sementara suspensi belakang terasa lebih keras yang sangat tidak nyaman ketika motor melewati jalan yang tidak rata ataupun jalanan berlubang.

Perlu berkendara cukup pelan agar tetap terasa nyaman saat Honda Stylo 160 melewati jalan yang tidak rata.

Meski kurang nyaman, namun suspensi yang keras biasanya memberikan pengendalian yang baik saat bermanuver di tikungan. Benar saja, Honda Stylo 160 terasa cukup stabil saat melahap tikungan, suspensi bagian depan maupun belakang terasa cukup stabil yang membuat percaya diri untuk bermanuver.

Ditambah ban yang cukup lebar seperti disebutkan sebelumnya membuat permukaannya cukup banyak mencengkram aspal. Hanya saja posisinya yang tinggi dan ukuran ban hanya 12 inci kerap membuat menikung terasa tidak sefleksibel motor sport.

Menariknya, dengan desain yang cukup besar ternyata Honda Stylo 160 sangat lincah untuk digunakan selap-selip di kemacetan. Putaran setang yang cukup besar membuat radius putar semakin kecil, sehingga tak perlu khawatir untuk berpindah jalur saat menerjang kemacetan.

Komponen pengereman dari Honda Stylo 160 juga dirasa cukup responsif. Master rem memberikan feedback yang cukup baik dan lembut sehingga pengereman dapat diukur dengan tepat oleh pengendara.

Di sisi lain, fitur ABS di rem depan juga memberikan kepercayaan diri bagi pengendara untuk melakukan pengereman darurat. Hanya saja rem belakang belum dilengkapi oleh ABS, yang memungkinkan ban belakang mengunci saat menekan tuas rem belakang terlalu kuat.alt-img

Dari hasil menggunakan Honda Stylo 160 selama beberapa hari, catatan konsumsi bahan bakarnya pun terlihat cukup irit untuk sebuah skutik 150 cc. Tercatat pada MID, konsumsi bahan bakar Honda Stylo 160 mencapai 43 km/liter.

Hasil tersebut diraih dengan penggunaan normal tanpa memikirkan keiritan bahan bakar. Penggunaannya pun cukup beragam mulai dari jalanan macet, tanjakan, kecepatan tinggi, hingga jalanan basah karena hujan.

Kesimpulan

Honda Stylo 160 sangat cocok bagi pengendara yang menginginkan gaya namun tetap membutuhkan performa. Motor ini sangat cocok digunakan di dalam kota yang membutuhkan stop and go namun tetap dapat berakselerasi hingga kecepatan tinggi saat dibutuhkan.

Dari segi harga, Honda Stylo 160 juga terbilang cukup kompetitif. Karena direntang harga tersebut, skutik Honda ini masih memiliki banderol yang mirip dengan Yamaha Grand Filano namun tidak semahal Vespa Sprint ataupun Primavera.

Hanya saja rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) yang masih diandalkan pada Stylo 160 harus menjadi perhatian penggunanya. Mengingat beberapa waktu lalu rangka ini terdapat kasus terjadinya korosi hingga keropos.

Meskipun Honda mengaku telah memberikan sejumlah peningkatan pada rangka tersebut, serta memberikan garansi 5 tahun tanpa batasan kilometer.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini