home ×
Gadget

Review Huawei Matepad T8: Satu Jutaan untuk Pelajar atau Pekerja Pemula

21 August 2020 By
Review Huawei Matepad T8: Satu Jutaan untuk Pelajar atau Pekerja Pemula
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Huawei merilis cukup banyak tablet tahun ini, mulai dari Huawei MatePad, Huawei MatePad Pro, dan Huawei MatePad T8. Kalian tentu tahu, Huawei MatePad dan Huawei MatePad Pro merupakan tablet premium yang menyasar kalangan profesional.

Sementara itu, Huawei MatePad T8 adalah tablet yang ramah di kantong dan cocok untuk para pelajar atau orang yang baru bekerja. Rilis di Indonesia pada 10 Agustus 2020, Huawei MatePad T8 dijual dengan harga Rp1,649 juta.

Lantas, bagaimana pengalaman menggunakan tablet satu jutaan ini? Lewat tulisan ini, kami ingin membagikan hasil ulasan setelah menggunakan Huawei MatePad T8 selama sekitar satu minggu.

Bodi ringan, pas dalam genggaman, dan desain sederhana

Hadir dalam warna Deepsea Blue, Huawei MatePad T8 berukuran 8 inci. Sementara itu, bodinya berdimensi 199,9 x 121,1 x 8,6mm dan berbobot 310 gram. Bodinya terbuat dari logam dengan tepian yang melengkung.

Dengan dimensi dan bobot itu, Huawei MatePad T8 terasa ringan dan pas dalam satu genggaman tangan. Tablet ini juga dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam tas.

Huawei MatePad T8. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

Huawei MatePad T8 juga hadir dengan desain yang sederhana. Warna hitam melapisi seluruh bodi depan. Sementara itu, warna biru melapisi tepian dan seluruh bodi belakang Huawei MatePad T8.

Ketiadaan pola dan logo produk kecil hitam di bodi belakang membuat desain tablet ini tampak sederhana. Demikian pula dengan penempatan satu kamera belakang di kiri atas tidak terlihat menonjol.

Lantas, bidang bodi belakang yang tampak halus justru membuatnya kelihatan cepat kotor lantaran bekas sidik jari. Sementara itu, Huawei MatePad T8 mengusung satu speaker di bagian atas dan audio jack 3,5 mm. Untuk bisa mendapatkan pengalaman audio yang maksimal, kami perlu menyesuaikan posisi genggaman agar tak menutupi speaker.

Layar kurang cerah di bawah sinar matahari

Huawei MatePad T8 mengusung bezel 4,9 mm dengan rasio layar ke bodi 80 persen. Ukuran bezel pada Huawei MatePad T8 termasuk tebal, sehingga layar tidak terlalu luas untuk menampilan video, film, game, dan lainnya.

Dengan pengaturan tingkat kecerahan layar sampai maksimal, layar Huawei MatePad T8 juga kurang cerah di bawah sinar matahari. Saat menonton serial atau film yang menampilkan adegan malam hari, kami tidak dapat melihat tampilan layar saat berada di bawah sinar matahari.

Menariknya, selain menghadirkan night mode, Huawei MatePad T8 juga menyematkan eye comfort mode untuk memfilter blue light hingga 50 persen guna memberikan kenyamanan pada mata.

Untuk lock screen, Huawei MatePad T8 menghadirkan dua opsi, yaitu password dan face recognition. Untuk face recognition, Huawei MatePad T8 dapat mengidentifikasi wajah pengguna dengan cepat untuk membuka kunci tablet.

Performa pas, baterai tahan lama

Huawei MatePad T8 hadir dengan prosesor Mediatek MT8768. Tablet ini mampu diajak melakukan pekerjaan ringan harian sekaligus bersenang-senang.

Ya! Kami bisa bercakap-cakap via WhatsApp, membalas email, menonton konten, dan bermain game ringan dengan Huawei MatePad T8, seperti Asphalt 9.

Kami juga bisa memainkan PUBG Mobile, karena perangkat ini memiliki RAM 2GB dan ROM 32GB. Sebagai informasi, PUBG Mobile dapat dimainkan di perangkat dengan minimum RAM 2GB.

Sayang, saat dipakai bermain Asphalt 9 atau menonton serial di VIU selama 30 menit lebih, bagian belakang tablet terasa panas.

Bicara soal baterai, Huawei MatePad T8 mengusung kapasitas baterai yang cukup besar, yaitu 5100 mAh. Kalau dari hasil bencmark kami di PC Mark untuk battery life, hasilnya mampu bertahan 14 jam 57 menit.

Huawei MatePad T8. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

Sayangnya, kapasitas baterai yang besar tidak didukung dengan pengisian daya cepat. Karena itu, pengisian baterai dari 15 persen sampai 100 persen cukup lama, yaitu memakan waktu sekitar empat jam.

Sebagai gambaran, berikut adalah hasil pengujian kami untuk Huawei MatePad T8 dengan beberapa aplikasi benchmark:

(Data: Uzone.id)

Sama seperti perangkat Huawei lainnya, Huawei MatePad T8 tidak didukung Google Mobile Service (GMS). Sebagai penggantinya, Huawei MatePad T8 menggunakan Huawei Mobile Services (HMS).

Untuk mengunduh aplikasi-aplikasi di atas, kami melakukannya di Huawei AppGallery atau Petal Search. Petal Search mengantarkan kami ke pihak ketiga yang menyediakan berbagai aplikasi untuk kami download, seperti apkpure.com.

Huawei MatePad T8 juga masih bisa dipakai untuk mengelola Gmail melalui Email. Kami juga masih bisa menonton YouTube melalui Huawei Browser.

Kamera tak ada yang istimewa

Huawei MatePad T8 memiliki satu kamera belakang beresolusi 5MP (F 2.2) dan satu kamera depan beresolusi 2MP (F 2.4). Tidak ada yang istimewa dari kedua kamera pada Huawei MatePad T8.

Kamera depannya memiliki fitur Beauty tanpa opsi apa pun. Ada pula fitur zoom hingga empat kali. Di samping itu, terdapat fitur Panorama dan HDR pada opsi More.

Menurut kami, hasil kamera Huawei MatePad T8 bisa diandalkan, apalagi kamera depannya. Meski hasilnya tidak tajam, wajah tampak jelas dan ini pas untuk dipakai belajar atau bekerja secara online selama di rumah saja.

Berikut hasil foto kamera belakang pada siang hari, malam hari, serta foto selfie tanpa dan dengan fitur Beauty.

Hasil foto kamera belakang Huawei MatePad T8. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)
Hasil foto kamera zoom empat kali Huawei MatePad T8. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)
Hasil foto fitur Panorama Huawei MatePad T8. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)
Hasil foto kamera di malam hari menggunakan Huawei MatePad T8. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)
Hasil foto kamera depan Huawei MatePad T8. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)
Hasil foto kamera depan dengan fitur Beauty menggunakan Huawei MatePad T8. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

Kesimpulan

Huawei MatePad T8 cocok untuk orang yang ingin memiliki tablet dengan harga ramah di kantong untuk mendukung aktivitas ringan, seperti bermain media sosial, bercakap-cakap di WhatsApp, membalai email, menonton konten, dan bermain game ringan.

Dengan demikian, ponsel ini cocok untuk pekerja pemula atau pelajar yang membutuhkan perangkat harga terjangkau untuk rapat atau belajar online dari rumah. Meski kamera depannya hanya beresolusi 2MP, Huawei MatePad T8 dengan layarnya yang pas layak dipakai untuk berkomunikasi secara online via panggilan video.

 

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Satria Kelana 23 August 2020 | 21:10:14

lumayan murah juga ya harga dari tablet ini mantap dah

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article