home ×
Gadget

Review Huawei MatePad, Tablet Ramah Anak Bikin Nyaman Orang Tua

15 September 2020 By
Review Huawei MatePad, Tablet Ramah Anak Bikin Nyaman Orang Tua
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.idPandemi memberikan berkah kepada vendor tablet di dunia. Aturan yang memaksa semua orang harus belajar dan bekerja dari rumah membuat kebutuhan akan gadget mobile semakin dibutuhkan. Tidak heran jika pengapalan tablet di kuartal kedua tahun 2020 dikabarkan meningkat 26 persen. Riset Canalys menyebut jika Huawei mampu menduduki salah satu posisi di lima besar vendor tablet yang paling banyak dipasarkan di dunia.

Salah satu produk tablet yang kini menjadi andalan Huawei adalah MatePad. Juli lalu, mereka telah memperkenalkan MatePad generasi pertama dengan ukuran layar sampai 10,4 inci. Jika menelisik spesifikasi dan fungsinya lebih dalam, semua pasti akan setuju jika MatePad bisa diandalkan untuk kerja atau sekolah dari rumah. Jika smartphone, layarnya terlalu kecil sedangkan PC atau laptop, layarnya cukup besar.

HUAWEI MATEPAD

Desain

Dilihat dari desain, Huawei MatePad dibalut dengan bodi alumunium memberikan kesan mewah dan kesannya bukan sebagai tablet dengan harga Rp4 jutaan. Bezel berukuran 7,9 milimeter yang menghiasi layar pun masih cukup wajar walaupun tidak bisa dibilang tipis. Yang jelas bentuknya cukup ramping dengan rasio bodi dengan layar mencapai 81 persen.

Jika kebanyakan tablet menyematkan kamera depan/selfie di atas sisi layar dalam bentuk vertikal, tidak demikian dengan MatePad. Kamera selfie di atas akan terlihat jika posisi MatePad dalam format lanskap. Di situ tersemat kamera depan dengan resolusi 8MP plus LED Notification. Jika posisi masih berada di mode lanskap, kita bisa melihat tombol volume didampingi quad-microphone. 

Di sebelah kiri ada tombol power ditemani dengan dua lubang loudspeakers. Sedangkan di seberangnya ada dua loudspeakers lagi dipisahkan oleh port USB-C. Tak ada jack headphone 3,5mm namun ada audio adapter dalam kemasan. Lalu dimana tempat SIM card? Tepatnya ada di bagian bawah. Ada dua port nano SIM card, yang salah satunya juga bisa diubah fungsi menjadi tempat microSD.

Di bagian bodi belakang anda akan terlihat tulisan Huawei terpampang besar ditemani dengan modil kamera di bagian ujungnya. Memang posisi kamera cukup menonjol dan khawatir terkena gesekan permukaan atau gampang terkena. Kamera belakang memiliki resolusi yang sama dengan selfie, yakni 8MP, ditambah lampu flash LED dan sebuah mikrofon yang berbentuk lubang kecil.

Bisa dibilang, MatePad ini memiliki bodi ramping dengan dimensi 245,2 x 154.96 x 7.35mm. Beratnya hampir setengah kilogram. Yang menarik, lubang loudspeaker-nya cukup banyak, dua di kanan dan dua di kiri. Ini memberikan hasil suara yang lantang dan bass yang lebih dalam. Untuk suara paling kencang bisa terdengar sampai jarak 10 meter. Ini otomatis memberikan kesan multimedia yang tidak diragukan lagi. Dilengkapi dengan stereo Histen 6.0 3D dipadu dengan Harman Kardon.

MatePad (2)

Layar

Layar MatePad dibekali teknologi IPS Full HD+ dengan resolusi 2000 x 1200 atau setara 224ppi dan 70,8 persen gamut warna NTSC. Memang resolusinya tidak terlalu tinggi dibanding tablet lainnya namun cukup untuk menampilkan tayangan video, menjelajah web atau sekedar browsing media sosial. Untuk anak-anak, layar ini cukup nyaman. Apalagi saat bersekolah online, kita bisa mengaktifkan fitur Eye Comfort. Bisa untuk aktif setiap hari maupun dijadwalkan beberapa jam saja. Tidak lupa ada juga tambahan fitur filter cahaya biru di menu Kids Corner. Filter cahaya biru akan meminimalkan emisi cahaya untuk menghindari kelelahan karena menatap layar terlalu lama. Filter cahaya biru telah disertifikasi oleh TÜV Rheinland Low Blue Light sehingga penggunaan layar tidak mengganggu siklus tidur di malam hari.

Terangnya layar MatePad ini juga dilengkapi dengan teknologi Huawei ClariVu Display untuk memastikan pengguna tidak perlu menyipitkan mata karena alogritmanya menyesuaikan detail atau konten yang kurang jelas dengan kontras rendah sehingga lebih nyaman untuk mata. Kita juga bisa betah membaca eBook dalam waktu lama karena layaknya membaca buku, layar mensimulasikan kertas hitam-putih dan mengurangi efek rona cerah.

Yang menarik, ada notifikasi untuk menjaga kesehatan mata saat menggunakan MatePad. Saat pengguna menggunakan tablet dengan posisi berbaring atau pun menggunakan tablet di mobil dengan kondisi jalanan bergelombang, Huawei MatePad akan memberikan peringatan agar pengguna segera memperbaiki postur tubuh. Peringatan bumpy road akan muncul dan meminta pengguna untuk meletakkan tablet sejenak demi kenyamanan mata.  Layar MatePad juga punya fitur yang memungkinkan kita menjaga jarak baca dan postur tubuh. 

Kids Corner untuk Kenyamanan Orang Tua dan Anak

Huawei MatePad

MatePad dilengkapi dengan aplikasi Kids Corner sebagai ruang aman bagi anak-anak untuk merasakan keunggulan dan seru-nya menggunakan MatePad. Secara keseluruhan, terdapat empat fungsi yang tersedia di MatePad Kids Corner yakni recorder, kamera, melukis (kids painting), dan multimedia. Dengan aplikasi ini, anak-anak bisa menuangkan kreativitasnya dalam bentuk karya lukis yang bisa dengan mudah disimpan dan ditinjau kembali dengan multimedia folder khusus, yang juga bisa menyimpan hasil rekaman suara maupun foto, juga multimedia lainnya yang orang tua bagikan untuk mereka.

Fungsi Parental Control menjadi salah satu aspek yang menjadi pertimbangan para orang tua dalam menentukan gawai yang tepat untuk anak-anaknya. Di MatePad, orang tua bisa menetapkan batasan berapa lama anak dapat menggunakan tablet, serta lama istirahat yang dibutuhkan di antara sesi penggunaan. Beranda Kids Corner bisa juga dikostumisasi dengan menambahkan aplikasi yang bisa digunakan anak-anak ke layar. Hal ini bisa memperkaya pengalaman anak dalam menggunakan tablet secara maksimal, namun tetap terkendali. Bahkan ketika mereka dibiarkan sendiri dengan perangkatnya.

Orang tua juga tidak perlu khawatir anak-anak bermain dengan tablet ketika harus mengerjakan tugas sekolahnya. Orang tua bisa menggunakan fitur 'unrestricted apps' di bagian panel kontrol orang tua. Aplikasi ini dapat digunakan tanpa batas waktu, jadi bahkan pada waktu tertentu saat anak harus mengerjakan tugas sekolahmya tidak perlu khawatir tentang Kids Corner yang bisa mendistraksi konsentrasi belajarnya.

Kids Corner juga memungkinkan orang tua menyesuaikan beranda sesuai keinginan atau kebutuhan mereka. Dengan fitur penyesuaian desktop, orang tua dapat mengunci fitur tertentu di dalam Kids Corner dengan kata sandi, mencegah anak-anak mereka dari mengakses konten yang tidak sesuai dengan umur.

Performa

Huawei MatePad menggunakan NPU Da Vinci dalam chipset Kirin 810, memberikan kemampuan AI yang canggih. Baik itu pengenalan adegan, pembuatan kolase video, identifikasi objek atau penghitungan kalori, kinerja AI pada perangkat memastikan pengalaman pengguna yang lancar.

Ditenagai juga dengan daya komputasi AI (Artificial Intelligence) dengan smart audio untuk meningkatkan pengalaman belajar anak. Kirin 810 merupakan chip 7nm yang mencakup CPU octa-core dengan dua core A76 kinerja tinggi dan enam core efisiensi A55, berjalan pada clock dasar 2.27GHz untuk mendukung bahkan yang paling intensif tuntutan multi-tasking. GPU Mali-G52 kustom yang kuat mendukung GPU Turbo 3.0, membuat chipset dapat dengan mudah mendukung peluncuran aplikasi yang cepat, pengalihan aplikasi dan game 3D yang menarik secara grafis.

Ditambah lagi, Huawei telah menghadikan Petal Search Widget - Find Apps, alat pencarian baru yang memberikan akses kepada pengguna Huawei menuju sejuta aplikasi yang saat ini sudah dapat diunduh dengan mudah di AppGallery.

Petal Search Widget merupakan tools yang memungkinkan pengguna perangkat Huawei mencari dan menemukan hal-hal yang mereka butuhkan, mulai dari aplikasi, berita, gambar, dan lainnya, langsung dari home screen. Mirip dengan Search buatan Google di Android. Bedanya, Petal Search Widget menawarkan kebebasan pilihan dan fleksibilitas. Ini merupakan alternatif pencarian yang lebih mudah, lebih terkostumisasi, membantu pengguna dengan mudah mengakses hal-hal yang disukai dan dibutuhkan. Proses download melalui pencarian di Petal Search Widget juga dijamin keamanannya karena Huawei berkomitmen untuk tunduk pada hukum dan regulasi yang ada di setiap negara, termasuk prakteknya di industri. Huawei menjamin komitmennya untuk melindungi pengguna dan pengembang, termasuk perlindungan pada hak cipta dan IPR.

Selain itu, ada juga AppGallery, sebuah toko aplikasi yang dibuat mandiri oleh Huawei. AppGallery merupakan toko aplikasi yang terintegrasi dengan Petal Search Widget. Artinya, download aplikasi selain di AppGallery juga bisa dilakukan melalui pencarian di Petal Search. Keamanannya cukup terjamin karena Huawei sangat menghargai aturan yang ada di sumber pihak ketiga. Setiap penyedia aplikasi pihak ketiga bertanggung jawab atas berfungsinya aplikasi mereka dan mematuhi semua hukum dan peraturan setempat yang berlaku untuk aplikasi mereka. Petal Search Widget hanya menawarkan alat pencarian yang memungkinkan orang menemukan apa yang mereka cari, membuatnya lebih dapat diakses oleh konsumen kami untuk menemukan informasi yang tersedia untuk umum di internet.

Ditenagai oleh EMUI 10.1, Huawei MatePad memiliki fitur Huawei MeeTime, aplikasi video bawaan Huawei yang mendukung panggilan video berkualitas tinggi hingga 1080p antara dua perangkat Huawei. EMUI pada MatePad juga menawarkan dukungan multi-windows dan integrasi dengan perangkat kompatibel lain sebagai bagian dari suguhan kemampuan EMUI 1.0 baru.

Ditambah juga fitur Huawei Share yang dibuat untuk mendukung fitur kolaborasi multi-screen, bertujuan agar dapat meruntuhkan batas pemisah antara smartphone dan tablet untuk memfasilitasi navigasi lintas perangkat yang mulus dan transfer data. Tidak hanya menyatukan dua layar, Huawei Share juga memungkinkan smartphone untuk dapat terhubung dengan keyboard dan speaker virtual tablet secara halus demi mendapatkan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Triple Camera

Memang tidak banyak tablet yang diberikan kemampuan tinggi dalam sisi kamera yang diusungnya. Sama seperti Huawei MatePad ini. Kamera belakang dan depan dilengkapi resolusi 8MP. Kualitasnya tidak buruk namun juga tidak terlalu bagus. Hasilnya memang cukup tajam namun warna objek tidak keluar dengan sempurna.

Saat kamera digunakan di kondisi kurang cahaya, hasilnya memang tidak bisa diharapkan. Gambarnya terlalu banyak noise dan detailnya pecah. Kamera depannya pun sama, namun bisa dipaksakan jika hanya sekedar untuk melakukan video conference zoom. Namun ada mode Beauty yang bisa mempercantik dan membuat wajah kamu jadi lebih halus. Untuk merekam video, dibatasi untuk perekaman 1080p dengan tingkat frame 30 fps.

Setidaknya kedua kamera dibekali dengan fitur autofocus. Huawei MatePad juga menghadirkan fitur FollowCam15 eksklusif yang menjadikan konferensi video dan tablet live streaming menjadi lebih ideal. Fitur ini memiliki Smartview, yang memungkinkan kamera melacak objek, memotong dan atau mengubah ukuran sehubungan dengan jumlah objek di layar, juga mendukung hingga 10 objek sekaligus. Ada juga Spotlight Mode yang memungkinan anda menjadi sorotan saat mengangkat tangan ketika sedang berada di sela video conference. Angkat tangan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Mode Spotlight. Setelah diaktifkan, ia melacak gerakan kita dan menjadikannya sorotan. Selain itu ada Camera Gestures. Cukup menggeser kamera dengan gerakan seperti mengambil sesuatu di layar. Lalu kamera bisa kembali ke posisi semula ketika kita melepaskan posisi tangan.

Oia, kamera depan MatePad punya fitur Wide-angle dengan lebar pandang 107 derajat. Jauh lebih lebar dari tablet yang ada di pasar.

Baterai Jumbo, Daya Tahan Lama

Performa hidup baterai terasa lebih panjang pada Huawei MatePad karena didukung oleh kapasitas baterai 7250mAH yang dapat memaksimalkan kinerja para pengguna sehingga tidak perlu khawatir untuk kehabisan baterai. Berdasarkan dari hasil uji tes lab, MatePad dapat terus hidup hingga 12 jam saat memainkan video 1080p atau pada saat melakukan browsing internet. Dibekali dengan pengisian daya 10W, yang artinya hanya butuh waktu 3 jam untuk bisa mengisi daya perangkat dari nol sampai 100 persen. Perangkat ini bisa dibeli di situs resmi Huawei

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article